8 Profesi bagi Lulusan SMA, No 6 Berpeluang Menjadi Orang Terkenal - Berita Feature Generasi Muda

8 Profesi bagi Lulusan SMA, No 6 Berpeluang Menjadi Orang Terkenal


Klickberita.com - Hilangkan perasaan pesimis, minder dan malu meski kamu hanya lulusan SMA jika berniat mencari pekerjaan. Di bawah ini ada beberapa profesi yang bisa kamu pilih untuk dijalani. Berita baiknya kamu bisa belajar banyak soal ilmu bisnis dan kesabaran meniti karir. Selain itu kesempatan melanjutkan kuliah terbentang luas asal dapat membagi waktu.

Ilustrasi blogger | Foto via thebusinesswomanmedia



1.  Petugas Keamanan

Jika fisik dan mentalmu kuat, bisa melamar pekerjaan sebagai tenaga keamanan. Mencari lowongan di kantor-kantor bank, perusahaan besar atau pada mereka yang memang membutuhkan pengamanan atas harta dan dirinya. Tidak membutuhkan persyaratan tinggi. Asal jujur dan bertanggung-jawab pasti akan diterima berkerja. Membekali diri dengan ketrampilan bela diri lebih bagus, pengguna jasamu semakin senang dan merasa nyaman.


2. Driver Online

Saat ini di tengah maraknya sistem bisnis online yang tergelar di dunia maya, bidang transportasi juga secara otomatis mengikuti. Bahkan lowongan menjadi supir taksi atau sekadar gojek bisa kamu dapatkan dengan mudah. Sama seperti profesi tenaga keamanan, ini pun tidak memerlukan persyaratan ribet. Cukup bisa mengendarai motor atau mobil dengan baik, jujur serta tanggung-jawab. Dapat dipastikan bisa langsung berkerja.

Baca juga:
Menulis dan Bisnis Bagaikan Anak Kandung Bagi Saya
Empat Tips Menulis dari Tereliye Biar Kamu Jadi Penulis Hebat

Bisakah Dengan Budaya Literasi Bangsa Kita Maju? 


3. Pramusaji Restoran

Pekerjaan pramusaji restoran relatif mudah didapatkan, walaupun terkadang mereka juga mengajukan persyaratan tertentu, semisal tinggi badan serta sifat supelmu saat melayani pembeli. Tapi semua bisa dipelajari. Keuntungan lain kamu bisa belajar memasak sesekali di dapur, melihat para chef menyiapkan makanan buat pengunjung. Jika nasibmu baik bukan tidak mungkin kelak juga bisa membuka usaha yang sama dengan mantan bosmu itu.

Hijab


4. Bekerja di Perusahaan Garmen

Perusahaan garmen juga tidak membutuhkan syarat-syarat tertentu, apalagi jika kebetulan kamu seorang perempuan pasti langsung diterima, sekalipun dirimu tidak bisa menjahit sama sekali. Sebab di sana nanti akan diajari dari nol sampai menguasai sebelum diberi pekerjaan. Dengan catatan kamu harus rajin, menurut apa kata atasan, punya keinginan kuat untuk belajar dan berkerja dengan baik.


5. Sales Marketing

Yang ini khusus kamu yang punya sifat supel dan tidak pemalu, mengerjakan apapun, asal  halal tak dan merugikan orang lain. Banyak perusahaan semacam elektronik bidang peralatan rumah tangga membutuhkan ini. Termasuk juga produk kosmetik dan obat-obatan herbal atau minuman bervitamin.
Kamu bisa mencoba mendaftar untuk ikut menjadi bagian mereka. Akan tetapi kamu harus rajin dan bisa mengejar target yang telah dietentukan. Jika tidak bonusmu pasti berkurang, sebab besar kecilnya gajimu berasal dari sana.


5. Bisnis Online

Jika kamu suka menghabiskan waktu hanya dengan menatap layar gadged, kenapa tidak mencoba menekuni bidang bisnis online. Ditunjang jumlah pertemanan yang banyak sangat ampuh untuk mempromosikan produk-produk jualanmu.


Tidak membutuhkan modal besar bila bertindak sebagai dropshiper. Hanya perhatikan produsen yang diajak untuk berkerjasama. Jangan sampai menipu dirimu dan juga para calon pembeli. Sebab itu harus jeli dan waspada ketika memutuskan akan menjalin kerjasama.


6. Penulis

Tergolong profesi pekerjaan yang hingga saat ini belum begitu familiar di mata publik, namun hasilnya tak kalah menggiurkan dengan jenis pekerjaan lain. Bila kamu menggemari dunia menulis, tidak ada salahnya menekuni. Lumayan fee yang didapat jika rajin menulis dan mau mengirim ke media.


Bidang profesi sangat banyak bila diuraikan satu persatu di antaranya penulis konten, penulis media, penulis buku, penulis novel bahkan seorang blogger, bisa kamu jalani dengan mudah. Tekad dan keyakinan serta usaha keras untuk belajar adalah modal utamamu menekuni profesi tersebut. Apalagi sekarang banyak perusahaan besar mencari tenaga penulis guna keperluan promo produknya.


Peluang menjadi orang besar dan terkenal pun sangat memungkinkan jika memilih profesi penulis.

7. Penjaga Counter Gadged

Gadged sudah bukan barang baru lagi di tengah maraknya serbuan dunia on line yang menjanjikan banyak kemudahan dalam hidup. Seiring berjalannya waktu banyak bertebaran toko dan counter-counter gadged dibuka.


Entah besar atau kecil tapi faktanya usaha tersebut banyak menyedot banyak tenaga kerja. Kamu dapat mencoba melamar di sana, jika kamu merasa memiliki pengetahuan banyak tentang peralatan ini. Relatif ringan pekerjaan itu dan ketika berkerja hanya berada di luar ruanngan.


8. Tenaga Bangunan

Jangan pernah meremehkan pekerjaan sebagai tenaga banguna, sebab bila tekun dan serius  menekuni, akan ada masa depan gemilang setelahnya. Kelihatannya sangat remeh, mengaduk pasir dan semen, tapi di sinilah letak keistimewaannya. Pekerjaan ini mempunyai ritme waktu yang bisa kamu atur, bila berniat melanjutkan pendidikan lagi. Siang berkerja dan malam hari pergi kuliah.


Gaji dari profesi tersebut  termasuk menggiurkan sebanding dengan tenaga yang kamu keluarkan. Jika sudah menjadi tenaga ahli penghasilan dalam sebulan, bisa mencapai kisaran angka sekitar 4 sampai 5 juta bahkan lebih. Sedangkan untuk asisiten berkisar 2 sampai 3 juta, lumayan bukan?


Bila kamu sungguh-sungguh menekuni bidang satu ini, bisa belajar banyak untuk menjadi tenaga rekrontruksi bangunan tanpa perlu lagi mengenyam pendidikan tinggi. Sebab secara otomatis dengan tiada kamu sadari belajar setiap hari saat berkerja.

Sebaiknya kamu tidak perlu berputus-asa meski hanya berijasah SMA, karena faktanya masih banyak profesi yang membutuhkan lulusan ini. Sukses tidak dibangun dalam waktu semalam. Apapun profesi yang kamu dapatkan sekarang, selayaknya disyukuri, teruslah belajar menempa diri. Jangan berputus asa dan menyerah. Optimislah suatu saat akan menjadi orang sukses serta berhasil dalam hidup. [Siti Rohayi]

0 Komentar untuk "8 Profesi bagi Lulusan SMA, No 6 Berpeluang Menjadi Orang Terkenal"

Back To Top