Cara Membisniskan Tulisan Agar Menghasilkan Uang - Berita Feature Generasi Muda

Cara Membisniskan Tulisan Agar Menghasilkan Uang

Klickberita.com – Menggeliatnya kaum muda yang terjun di dunia menulis, cukup banyak yang bingung bagaimana menghasilkan uang dari tulisannya. Mengharapkan honor dari tulisan sendiri itu hal yang wajar, apalagi memiliki impian bisa sukses menjadi penulis, yang penghasilannya puluhan juta, atau juga ratusan juta per bulan. 

Pada umumnya penulis pemula itu mengawali menulis karena hobi, hobi menulis tersebut mungkin sudah dilakukannya sejak SD atau SMP. Lambat laun semakin bertambahnya usia, perkembangannya cara berpikir, tentu ia ingin tulisannya itu bisa menghasilkan uang. Apalagi ia merasa tulisannya sudah bagus, diterima di tengah masyarakat, dan menjadi inspirasi bagi pembacanya. 

Ilustrasi meghasilkan uang dari menulis | Foto Istockfoto
Maka, otaknya pun berputar-putar, bagaimana caranya agar hobi itu bisa menjadi uang tambahan, mungkin ia saat ini sedang sekolah, kuliah, atau bekerja di perusahaan. Harap dipahami setiap manusia yang menyebar benih kebaikan, akan memanennya di kemudian hari, ini pasti, dan sebuah janji pula dari Sang Maha Pencipta. 

Dan pada dasarnya menulis itu adalah untuk kebaikan, menyebarkan informasi yang diketahui penulis, membagikan pengalaman si penulis, dan membuka pintu wawasan untuk manusia. Itu adalah sebuah kebaikan yang begitu mulia dalam kehidupan ini. Nah, karena kebaikan menulis itu pula, tentu Sang Maha Rezeki akan membukakan pintu rezeki bagi si penulis. Uniknya pintu rezeki tersebut ada di mana saja, dan tidak terduga sama sekali. 

Baik, kita menuju ke pokok pembahasan, bisakah mendapatkan uang dari tulisan? Tentu bisa sekali. Dan ini sangat logika. Bukan hal yang muluk-muluk, tapi harap diingat! Kegiatan di dunia menulis itu tidak langsung membuat kita super tajir. Semua ada tahapannya, yang disesuaikan tulisan kita sendiri. Semakin berkualitas tulisannya, maka semakin cepat pula mengantarkan impian itu. 

Yang paling sederhana mendapatkan uang dari tulisan adalah mengirimkannya di media cetak atau online. Tinggal cari media mana yang mau ditujukan. Kalau tulisan itu dimuat, tentu akan ada honornya. Tapi pilihlah media yang memang membayar bagi si pengirim tulisan, karena tidak semua media membayarnya. 

Itu cara yang paling logika dan sederhana, kalau hanya sekadar untuk mencari tambahan uang saku. Atau juga jika sudah percaya diri, mendaftarlah di salah satu media online yang memang membutuhkan tulisan dari kontributornya. Perkenalkan diri secara profesional beserta contoh tulisan, lalu jika diterima, buat kesepakatan berapa honor per tulisan yang diposting di situsnya. 

Tapi kali ini, poin terpentingnya adalah bagaimana membisniskan tulisan agar menghasilkan uang? Yang namanya bisnis berarti kita harus membangun bisnis itu dari dasar sekali, agar kelak bisnis itu semakin membesar. Nah, untuk membisniskan tulisan itu sebenarnya cukup banyak caranya. Dan berdasarkan pengalaman dari penulis sendiri, buatlah media sendiri. Karena inilah bisnis menulis yang memang menjanjikan.

Media itu maksudnya apa? Media itu bisa seperti blog, atau situs yang dibuat dari developer website. Intinya adalah membuat situs untuk menampung semua tulisan yang kita buat. Bayangkan selama sebulan ini, sudah berapa tulisan yang kita buat, dan itu bercecer di berbagai media milik orang lain? Jika setiap hari menulis 1 artikel, berarti sebulan 30 artikel, setahun 365 artikel. 

Nah, jika kita memiliki situs sendiri, yang dikelola sendiri bisa mengumpulkan segitu banyaknya selama selama setahun, itu dinilai sudah cukup untuk mengundang mitra kerjasama. Siapakah calon mitra kerjasama itu? Ini juga beragam jenisnya, intinya dari mereka inilah uang yang bisa kita dapatkan. Bisa dari pemilik toko, pemilik perusahaan, dan pebisnis, yang semuanya itu butuh mengiklankan produk mereka. Ya, karena ujung-ujungnya pada umumnya semua situs itu tentang periklanan, karena dari sinilah sumber pendapatan yang besar.

Apakah sulit untuk membuat blog? Tidak sulitlah kalau mau mencobanya, namun begitu, kalau memang ingin membuat blog secara profesional bayar saja ke orang lain yang ahli di bidangnya. Karena biasanya para calon mitra bisnis akan menilai dari blognya terdahulu, lalu isinya, dan kemudian si blogger itu sendiri. 

Jika sudah menulis berbulan-bulan, belum juga menghasilkan uang, karena tidak ada yang mengajak kerjasama dalam periklanan lalu bagaimana? Tenang, kan sudah dibilang di awal rezeki, si penulis itu pintunya tidak di satu arah saja, melainkan dari segala penjuru. 

Berdasarkan pengalaman penulis sendiri, berjualan adalah salah satu penghasilan paling logika di situs yang kita kelola. Pembaca yang selama ini berlangganan membaca tulisan kita akan sangat antusias membeli produk kita sendiri. 

Alasannya adalah karena penulis dan pembaca setianya ada ikatan emosi satu sama lain. Pembaca merasa berterimakasih karena selama ini sudah menambahkan pengetahuan, wawasan, dan pemahaman. Sedangkan penulis sendiri senang karena semua apa yang disampaikan bisa bermanfaat bagi pembacanya.

Jadi kalau penulis itu menjual produk, pasti pembaca setianya membeli produk tersebut. Apalagi produk itu memang dibutuhkan si pembaca. Jangan lupa seseorang itu membeli alasan utamanya adalah karena si penjual, lalu produknya. Jika si penjual adalah penulis yang selama ini memberikannya pencerahan, ya, wajar produk yang dijual pun laris manis. 

Sekali lagi penulis katakan, ini dari pengalaman sendiri yang sudah berkecimpung di dunia menulis dan mendirikan situs. Bukan dari pengalaman penulis lain, atau sekadar teori asal-asalan menggugah motivasi. Silahkan percaya atau tidak, namun bagi penulis memang patut dibagikan karena beberapa hari yang lalu mendapat pesan, bagaimana menambah uang saku dari tulisan? 

Sepertinya berjualan bukan hal yang mustahil mengantarkan pelakunya menjadi jutawan, atau juga milyoner. Karena cukup banyak pedagang yang menjelma menjadi pengusaha yang sukses di negeri ini, dan itu bisa diawali dengan menulis. Cara ini langkah cepat dapat uang dari tulisan. Produk laku, itu artinya kita sudah mendapatkan uang tambahan dari tulisan. [Asmara Dewo]

Info Penting: Klick Berita di-upadte setiap Sabtu pagi. Bagi yang meng-copypaste artikel kami wajib mencantumkan www.klickberita.com di bawah postingannya.

Baca juga:

Ngapain, Bang, Dikerjakan Kalau Nggak Ada Duitnya 
Ketika Para Blogger Dilirik oleh Perusahaan dan Pemerintahan 
Sudah Pensiun Baru Sadar Betapa Pentingnya Sebuah Bisnis  
2 Komentar untuk "Cara Membisniskan Tulisan Agar Menghasilkan Uang"

Back To Top