Ini Alasannya Kaum Muda Memilih Agus Yudhoyono - Berita Feature Generasi Muda

Ini Alasannya Kaum Muda Memilih Agus Yudhoyono

Klickberita.com – Setiap calon gubernur DKI Jakarta itu tentu memiliki kelebihan dan kekurangannya. Dan semua itu berdasarkan pengalaman dan latar belakang mereka. Namun ada yang unik pada pasangan calon nomor urut 1, yaitu Agus Harimurti Yudhoyono dan Sylviana Murni. 

Pasangan ini sangat cocok untuk memimpin Jakarta. Agus Yudhoyono berlatar belakang militer, sedangkan Sylviana Murni seorang birokrasi tulen, sepanjang karirnya mengabdi di pemerintahan DKI Jakarta. Mantan perwira menengah itu pun sangat disenangi kaum muda, baik cowok, maupun cewek, bahkan juga ibu-ibu.

Sebagai seorang pemimpin, tentu harus bisa menjadi figur yang bisa dicontoh bagi generasi muda. Dan Agus merupakan sosok yang selama ini ditunggu-tunggu oleh anak muda Indonesia, khususnya Jakarta. Ia yang masih muda (39 tahun), merupakan regenerasi kaum muda pejuang di zaman masa kebangkitan bangsa, awal abad ke-20. 

Agus Yuddhoyono saat menyampaikan pidato politiknya | Foto Antara
Pada masa itu kaum muda mulai menunjukkan taringnya ke pemerintahan Belanda. Mereka kaum muda, seperti Tirtho Adhie Soerjo, Wahidin Soedirohoesodo, Soeraji, Goenawan Mangunkusumo. Empat tokoh bangsa tersebut adalah pribumi terpelajar pada masanya. Kecerdasannya bahkan melampui siswa-siswa Belanda. 

Tirtho menggagas organisasi pertama di bumi pertiwi, yaitu melalui organisasi Sarekat Prijaji, dan Serikat Dagang Islam. Sedangkan Wahidin Soedirohoesodo, Soeraji, Goenawan Mangunkusumo, mereka membentuk organisasi Budi Utomo. Ketiga organisasi itulah cikal bakalnya kebangkitan bangsa Indonesia. 

Zaman terus berganti, kini kaum muda semakin tak diperhitungkan lagi di kancah perpolitikan Indonesia. Kaum tua menganggap, yang muda belum berpengalaman. Penilaian yang jelas sekali keliru! Mereka lupa bahwa Semoaen, Ketua Serikat Islam Semarang, usianya masih 19 tahun. Namun ia mampu mengorganisir massa SI menuntuk hak pribumi terhadap Belanda. 

Semua tokoh-tokoh muda itu hanya tinggal kenangan, kaum muda saat ini merindukan sosok muda seperti para tokoh bangsa di masanya. Yang pemberani, idealis, relijius, cerdas, berwawasan luas, bersemangat tinggi, berambisi, cepat bertindak, mudah mengambil keputusan, dan semua itu dilakukan dengan tepat yang sudah dipertimbangkan dengan matang.

Agus Yudhoyono saat launching buku Telah Kupilih Jalan Hidupku yang Baru untuk Jakarta | Foto Instagram Ani Yudhoyono
Apakah Agus Yudhoyono sosok yang tepat untuk menjawab pertanyaan kaum muda saat ini? Jawabannya adalah iya. Inilah kesempatan bagi kita generasi muda kembali melahirkan tokoh muda yang selama ini terpendam. Muda yang selalu diidentikkan dengan "belum berpengalaman" harus kita patahkan mitos tersebut. 

Harus kita akui bersama pula, ia merupakan seorang mantan militer, tentu akan banyak tantangan tersendiri jika mempimpin Jakarta nanti. Mulai dari program kerja, tekanan politik, sampai menghadapi politikus-politikus kotor dan preman. Dan kita juga tahu, selain berprastasi di militer, putra sulung mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono itu juga berprestasi di bidang pendidikan. Sejak SMA, sampai di perguruan tinggi di luar negeri, misalnya saja di Webster University dengan IPK 4.0. Soal kecerdasan, Agus Yudhoyono sudah tak diragukan lagi.

Lalu apakah mampu Agus Yudhoyono jika menjabat  sebagai Gubernur DKI Jakarta? Tentu saja mampu. Ingat! Ia di militer juga sebagai komandan pasukan. Sudah berpengalaman tentunya mengorganisir bawahannya. Apalagi ia didampingi dengan wakilnya, Sylviana Murni, yang sudah malang melintang di birokrasi pemerintahan DKI Jakarta. 

Nah, di tengah hiruk pikuk SARA di tanah air, dan juga di Jakarta, Agus Yudhoyono akan mampu merangkul semua kalangan. Karena sejak bertugas di kesatuan militer, sumpah dan janji prajurit adalah menjaga keutuhan bangsa dan negara. Tanpa memandang agama, suku bangsa, golongan, dan status sosial. Perlu kita ketahui, TNI itu sendiri lahir dari rahim rakyat. Maka sebagai mantan prajurit Agus mewarisi sifat yang merangkul rakyat. Inilah kelebihan Agus Yudhoyono dibandingkan calon gubernur sebelumnya.

Agus Yudhoyono disenangi warga | Foto Istimewa
Dan maraknya gusur menggusur di Ibu Kota Indonesia tersebut, merupakan luka warga miskin di sana. Mereka yang tak mampu membeli tanah dan rumah, hingga bertempat tinggal di lahan pemerintah yang berujung penggusuran. Digusur itu sungguh menyakit, kan, bung! Presiden RI Joko Widodo juga paham sekali hal ini. Namun sayang, ketika penggusuran di daerah-daerah Jakarta yang dipimpin oleh Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok, beliau hanya membisu. Tak ada pembelaan. 

Agus Yudhoyono mempunyai konsep mengatasi daerah perkumuhan dan lokasi perumahan ilegal itu dengan cara menggeser, bukan menggusur. Jadi beda, antara geser dengan gusur. Siapapun kita tentu tak senang digusur, bukan? Meskipun kita juga merasa salah. Karena dampaknya begitu besar, yang pertama adalah sumber mata pencarian. 

Selain itu, masalah serius yang dihadapi anak muda saat ini adalah narkoba. Agus berlatar belakang TNI jelas akan bertindak tegas, dan menginspirasi generasi muda agar menjauhi barang haram tersebut. Generasi muda saat ini kehilangan sosok figur yang bisa dicontohnya.

Berlari atau jogging, salah satu hobi Agus Yudhoyono | Foto Ani Yudhoyono
Nah, Agus yang hobi berolahraga seperti ini akan menjadi icon anak muda sehat yang lambat laun meninggalkan budaya mengonsumsi obat-obatan. Kita harus sama-sama perduli atas ancaman narkoba di zaman sekarang ini. Kita perlu sekali mengubah pola pikir dan budaya hidup sehat, yang nantinya akan dijalankan oleh Agus Yudhoyono dalam program-programnya untuk anak muda Jakarta.

Selain itu Agus Yudhoyono dan Sylviana Murni juga membuat program yang mana anak muda Jakarta mempunyai bakat kreasi akan dibina dan dilatih. Dan hasil kreativitas itu akan dikomersilkan yang dipasarkan baik di tanah air, maupun di kancah internasional. Nah, inilah kesempatan, bagi kita kaum muda, khususnya anak muda Jakarta untuk mengembangkan kreativitasnya di bidang masing-masing untuk mewujudkan impiannya. 

Kita juga mendengar, bahwa hadirnya Agus Yudhoyono di kancah politik Indonesia untuk regenerasi keluarga Susilo Bambang Yudhoyono. Sebenarnya pendapat itu juga tidak bisa dibilang salah. Namun yang perlu kita catat baik-baik adalah dari sekian banyak anak mantan presiden, kira-kira siapa sosok yang bisa dibanggakan oleh bangsa ini? Ada yang bisa jawab?!

The Rising Star Agus Yudhoyono | Foto Istimewa
Kalau saya menjawab, hanya Agus Yudhoyono anak presiden yang bisa dibanggakan. Membanggakan di sini dalam artian karena prestasinya di bidang militer, pendidikan, dan figur yang bisa dicontoh anak muda zaman sekarang. Satu lagi yang cukup penting, ia memiliki sifat yang baik, dan memiliki fisik yang menarik pula. Tidak heran, ya, kalau Mbak Annisa Pohan juga kepincut dengan Mas Agus Yudhoyono. Oke, ini hanya intermezo. 

Jadi apa salahnya kalau Agus Yudhoyono jadi Gubernur DKI Jakarta 2017? Tidak salah, kan? Yang penting dia mampu, dan bisa menjadi pemimpin warganya membawa Jakarta lebih baik lagi. Toh, selama ayahnya menjadi presiden ia juga tidak macam-macam, malah memanfaatkan segala kelebihan yang dimiliki orangtuanya untuk berkarir di militer dan belajar. 

Tidak usah bicara jauh-jauh, coba ayah kita menjadi presiden, mungkin kita sendiri bukan malah menjadi manusia yang baik dan bijak. Mungkin juga sebaliknya, merugikan bangsa dan negara. Namun tidak bagi Agus Yudhoyono, ia sebagai anak bisa memanfaatkan itu semua dengan baik. Berprestasi dan dibanggakan oleh bangsa dan negara.

Sebenarnya untuk membicarakan Agus Yudhoyono ini tak ada habisnya. Sebaiknya teman-teman yang belum terlalu mengenalnya bisa cari informasi lebih lanjut. Ini yang ditulis hanya sebagian kecil saja, dari sosok muda yang kita rindukan sebagai pemimpin di negeri ini. 

Lahirnya sosok muda di tanah Air seperti Agus Yudhoyono akan membawa perubahan bagi generasi muda. Dan akan lahir pula sosok muda lainnya yang membawa perubahan bagi bangsa kita Indonesia. Saatnya muda yang memimpin, mengulang sejarah keemasan bangsa kita, yang ditandai awal kebangkitan bangsa di abad 20, dan sekarang di abad 21, 2017. [Asmara Dewo]

Pidato politik Agus Yudhoyono:



Baca juga:

Didukung Komunitas Pemuda Kristen, Agus: Khebinekaan Itu Kekuatan Kita 
Bayang-bayang Kemenangan Agus Yudhoyono dan Sylviana Murni 
Begini Cara Pendekatan Agus Yudhoyono ke PKL dan Pengangguran 
Agus Yudhoyono Semaikan Benih Cinta Baca Buku pada Putrinya 

Info: Klickberita.com di-update setiap Sabtu pagi. Sampai jumpa di artikel Minggu depan yang memotivasi dan menginspirasi. Salam generasi muda.
0 Komentar untuk "Ini Alasannya Kaum Muda Memilih Agus Yudhoyono"

Back To Top