Agus Yudhoyono Semaikan Benih Cinta Baca Buku pada Putrinya - Berita Feature Generasi Muda

Agus Yudhoyono Semaikan Benih Cinta Baca Buku pada Putrinya

Agus Yudhoyono dan putrinya, Aira, di toko buku | Foto Instagram AHY

Klickberita.com – Seorang ayah yang baik tentu ingin anak-anaknya tumbuh dan berkembang sesuai harapannya. Bisa dibanggakan, diandalkan, dan bermanfaat bagi sesama manusia,  Negara, dan agama.

Sudah barang tentu untuk bermanfaat bagi sesama manusia meski memiliki kecerasan dan wawasan yang sangat luas, agar semua manfaat kebaikan itu bisa sampai dengan maksimal. Dunia sepakat, salah satu memicu kecerdasan adalah dengan membaca, membaca apa saja yang baik, terutama membaca dari berbagai buku.

Sama halnya dengan Agus Harimurti Yudhoyono, sosok ayah muda yang berpendidikan tinggi dan cerdas itu berharap kelak anaknya, Aira, bisa lebih berprestasi dibandingkan orangtuanya. Almira Tunggadewi Yudhoyono buah hati dari Agus Yudhoyono dan Annisa Pohan, dididik untuk selalu dekat dengan buku.

Dan mungkin juga harapannya adalah Aira  (panggilan putri Agus Yudhoyono) bisa mengikuti jejak sang ayah menjadi seorang kutu buku. Sebab bagi Agus Yudhono, membaca bukan sekadar hobi, namun sebuah keharusan yang dilakukan setiap waktu yang terjadwal.

Di masa anak-anak seusia delapan tahun seperti Aira tersebut, memang cukup sulit untuk membujuknya mencintai buku. Karena anak-anak memang lebih suka bermain daripada belajar. Nah, di sinilah peran orangtua bagi putra-putrinya ditantang untuk menyemaikan benih cinta buku di masa anak-anak.

Anak-anak memang sepatutnya diajarkan gemar membaca, kalau sudah remaja apalagi dewasa, cukup sulit membentuk karakter penyuka membaca. Jadi lucu sekali jika ada orangtua berharap anaknya cerdas, apalagi dengan kecerdasan maksimal, namun sejak masih anak-anak saja tidak didekatkan dengan buku.

Tidak ada manusia yang cerdas di bumi ini tanpa membaca. Jadi harapan orangtua untuk membentuk kecerdasan dengan segudang pemahaman yang luas, dan pemahaman baik, ya dengan membaca. Membaca apa saja, yang penting bernilai baik.

 
Agus Yudhono bersama Ibu Ani Yudhoyono, dan Aira di toko buku | Foto Instagram AHY

Aira, cucu pertama mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, juga cukup sering diajak orangtua dan neneknya ke toko buku. Beberapa terlihat foto di instagram memperlihatkan Agus Yudhoyono, Ibu Ani Yudhoyono, bersama Aira mengunjungi toko buku.

Sebagai orangtua juga harus pintar-pintar membujuk anaknya bagaimana agar menyukai buku. Biasanya anak-anak di usia delapan tahun itu suka sekali buku-buku yang bercerita dongeng, dengan gambar-gambar yang menarik. Mulanya anak-anak memang tidak langsung suka membaca, namun karena gambar-gambar yang membuatnya tertarik, akan membaca tulisan itu.

Sebenarnya ada banyak buku-buku yang sangat cocok untuk anak-anak, mulai dari buku dongeng, cerita legenda, kisah-kisah para sahabat nabi, dan cerita anak-anak masa kekinian yang inspiratif. Dan semua itu bisa dipilih bagi orangtua untuk menciptakan karakter anak sejak dini.

Sebagai ayah dari latar belakang militer, Agus Yudhoyono paham bagaimana ia membentuk anaknya menjadi anak  cerdas yang bisa mencintai segenap jiwa raga untuk negara. Tentunya juga harapan suami Annisa Pohan itu anaknya menjadi anak yang soleha. Nah, salah satunya untuk mengimpikan dan harapan pada putri meraka adalah melalui membaca buku.

Dengan membaca, anak-anak juga akan merasa terhibur dari cerita-cerita yang dibacanya. Jadi keliru jika orangtua menghibur buah hatinya hanya dengan bermain-main melulu. Dan tak ada salahnya juga mendidik anak-anak dengan cara belajar sambil bermain. Karena terlalu keras juga mendidik anak dalam belajar juga tidak baik.

Anak adalah generasi bangsa di kemudian hari, pada genggaman mereka pula Indonesia ini semakin baik atau malah sebaliknya, semakin buruk. Untuk mempersiapkan generasi terbaik, tentunya sudah dibentuk mulai sekarang. Agus Yudhoyono adalah salah satu ayah yang mempersiapkan generasinya untuk Indonesia.


Semoga saja orangtua di seluruh penjuru Indonesia bisa mencontoh ayah muda ini untuk bisa mendekatkan anak-anaknya dalam kegiataan membaca. [Asmara Dewo]

Info penting: Klickberita.com di-update setiap Sabtu pagi

0 Komentar untuk "Agus Yudhoyono Semaikan Benih Cinta Baca Buku pada Putrinya"

Back To Top