Wisata Sejarah: Markas TB Simatupang di Kulonprogo - Berita Feature Generasi Muda

Wisata Sejarah: Markas TB Simatupang di Kulonprogo

Klickberita.com – Di Perbukitan Menoreh Kulonprogo, saksi bisu sebuah rumah yang dijadikan markas oleh Kolonel Tahi Bonar Simatupang dalam bergerilya melawan agresi militer Belanda II. Bersama pasukannya dan pemuda Kulonprogo, ia mengatur siasat perang di hutan, perbukitan, untuk mempertahankan kemerdekaan di Yogyakarta pada tahun 1948.

Markas gerilya TB Simatupang di Kulonprogo | Foto Klickberita

Markas TB Simatupang terletak di Dusun Simatupang, Desa Banjarsari, Kecamatan Samigaluh, Kabupaten Kulonprogo, Yogyakarta. Saat kami berkunjung ke sana Minggu lalu, tepatnya tanggal 4 September 2016, tak ada seorang yang kami jumpai di rumah markas tersebut. Di lingkungan sekitar, warga juga tampak sepi.

Namun begitu, rumah peninggalan sejarah pada tahun 1948 itu terlihat terawat, cukup bersih baik terasnya, maupun halamannya, hanya daun kering yang berserakan di sana. Pada Oktober 2014 lalu markas gerilya ini direkontruksi oleh Disbudparpora (Dinas Kebudayaan Pariwisata, Pemuda, dan Olahraga) Kulonprogo.

Rumah Karyo Utomo yang dulu dijadikan markas gerilya mempertahankan kemerdekaan agresi militer Belanda II | Foto Klickberita
Tiang bendera merah putih berkibar gagah di rumah yang berbentuk joglo tersebut. Posisi markas tersebut dikelilingi pepohonan yang rindang, letaknya yang agak rendah dari jalan, memperlihatkan secara menyeluruh saksi bisu sejarah perjuangan di Kulonprogo itu.

Awalnya markas TB Simatupang adalah rumah seorang Dukuh Karyo Utomo. Ada prasasti di sebelah barat markas yang bertuliskan: BANARAN Rumah Karyo Utomo, Pernah Digunakan Sebagai Markas Komando Djawa (MBKD) oleh Wakil II KSAP Kolonel Tahi Bonar Simatupang pada Perang Gerilya Melawan Agresi Militer Belanda II Tahun 1948.

Teras Markas gerilya TB Simatupang | Foto Klickberita

Di teras markas terdapat foto para pejuang pertahanan kemerdekaan, dan di atas pintu foto Pressiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla. Pintu itu terkunci rapat, sepasang jendela kaca hitam di kiri-kanan pintu. Ada juga sebuah kursi reot yang masih tergeletak di depan teras markas.


Kami tidak tahu apa isi di dalam markas tersebut? Mungkin di lain waktu akan kami kunjungi lagi. [Asmara Dewo]

Info penting: Klickberita.com diupdate setiap Sabtu pagi
0 Komentar untuk "Wisata Sejarah: Markas TB Simatupang di Kulonprogo"

Back To Top