9 Hal Berbahaya yang Tidak Boleh Dilakukan di Media Sosial - Berita Feature Generasi Muda

9 Hal Berbahaya yang Tidak Boleh Dilakukan di Media Sosial


Klickberita.comKekinian, ya mungkin kata itu yang tepat disematkan pada orang zaman now. Segala sesuatu mengenai diri dan kehidupannnya, selalu ingin dibagi ke semua orang. Hingga hal-hal yang seharusnya tidak boleh dilakukan, tanpa disadari ikut pula diceritakan. Demi mendapat pengakuan, tak jarang rela melakukan apa saja.


Ilustrasi media sosial | Istockfoto


Padahal hal itu bisa saja merugikan diri dan orang lain. Oleh karena itu 9 ulasan di bawah ini bisa menjadi refrensi pembaca untuk tidak sembarangan di media sosial.


1. Identitas Pribadi

Tidak memberikan informasi identitas pribadi secara jelas, ini sebenarnya saran bagus, karena membuat kamu terlindung dari kejahatan dunia maya. Sebab kamu tak pernah tahu dan menebak dengan siapa berteman. Jadi hati-hati itu sangat perlu dilakukan.


Dan bagi yang memiliki bisnis online, lalukan seperlunya saja. Asal telah ada produk bisnis dan foto seperlunya, itu sudah lebih dari cukup. Bisnis itu tergantung cara kamu memperlakukan orang lain, saat sudah deal transaksi. Segeralah mengirim barang dan jangan sampai ditunda, maka orang tidak akan meragukan identitas diri dan usaha kamu.


2. Memosting Sesuatu yang Bukan Menjadi Karya Kamu

Biasanya ini terkait dengan mereka yang terjun di dunia literasi seperti menulis. Jangan sampai jika kamu berprofesi sebagai penulis ikut melakukan yang tidak baik di dunia maya, misalnya memplagiat karya orang untuk diakui sebagai karya sendiri.


Akibatnya bisa fatal. Reputasimu sebagai penulis bisa dipastikan akan hancur seketika, apalagi bila masih pemula. Semua pembaca pasti akan menghujat dan menganggap kamu sebagai pencuri.  Sebab merasa kecewa.

Baca juga:
Tips Menghilangkan Rasa Minder dan Malu dalam Pergaulan
8 Profesi bagi Lulusan SMA, No 6 Berpeluang Menjadi Orang Terkenal
Biar Jadi Penulis Handal, 7 Hal Ini Jangan Dilakukan!
Ini Alasan Wanita Harus Tetap Berpenghasilan Meskipun Sudah Menikah

3. Informasi Keluarga

Ingat ini tentang dunia maya, kita tidak sedang bersosialisasi dengan orang di kehidupan nyata, di mana segala sesuatu bisa kamu anggap mudah. Karena tahu orang dan di mana mereka tinggal.

Menginformasikan tentang keadaan keluarga, anak-anak, kekasih atau pasangan hidup rentan mengundang rasa iri orang. Bisa jadi setelah kamu pamer, beberapa saat kemudian hubungan dengan kekasih atau pasangan menjadi renggang, sebab kesalahan diri sendiri yang gemar sekali pamer kebahagiaan.

4. Foto Anak

Khusus buat kamu yang sudah berkeluarga dan sudah memiliki anak, memposting hal lucu seperti itu sangat disukai dan dapat dengan mudah mendulang komentar dan tanda suka publik. Namun hati-hati di balik rasa senang dan bangga, ada sebuah kejahatan besar yang sedang megintai kebahagiaan kamu.


Mungkin saja mereka menjadi target kejahatan sebuah penculikan, seperti yang sering terjadi. Bahkan beberapa pesohor negeri ini seperti anak-anak artis hampir menjadi korban. Foto-foto dicuri dan diperjual-belikan. Seperti sebut saja anak artis Ruben Onsu dan Ayu Tingting.
Hijab


5. Foto Dengan Geotag

Buat kamu yang suka narsis di media sosial dengan cara berfoto selfie atau wefie memakai smartphone, sebaiknya perlu juga berhai-hati. Kamu tidak pernah menyadari bahwa pada foto-foto tersebut terdapat data tentang lokasi foto diambil. Oleh sebab itu nonaktifkan opsi GPS tag dalam pengaturan kamera sebelum memposting foto ke publik.


6. Menceritakan Kehidupan Pribadi

Semua orang selama hidup pasti akan selalu mempunyai masalah, entah itu ringan atau berat. Bisa masalah dengan keluarga, teman, orang spesial, sekolah, hingga tentang bos tempat berkerja. Tidak baik dan tidak akan menguntungkan bila semua harus diceritakan dan dibagi ke semua orang.


Tidak terkecuali juga tentang kebahagiaan. Sebab kamu tidak tahu, jika hal-hal demikian tetap kamu lakukan, hanya akan memancing rasa iri dan dengki orang yang melihat. Hingga menyebabkan diri dan orang yang kamu sayangi menjadi korban kejahatan.


Mengeluh dan meratap di media sosial ketika tengah menghadapi masalah rumit juga tidak boleh. Jika masih memiliki kedua orangtua, dekati dan berbagilah dengan mereka. Bukan justru kamu umbar keaiban itu

Percayalah hanya sedikit yang care kepadamu, selebihnya tidak peduli sebab ini dunia maya. Bila masih mempunyai sahabat yang bisa dipercaya menjaga rahasia, ceritakanlah, daripada harus sibuk membuat status dan tidak dipedulikan oleh teman-teman mayamu, apa tidak malu?


7. Ujaran Kebencian, Berita Hoax dan Foto Tidak Sopan

Perilaku tidak terpuji seperti ujaran kebencian, berita hoax, foto tidak sopan, atau men-share percakapan pribadimu dengan teman sebab sedang terlibat masalah. Itu adalah hal-hal yang sebaiknya kamu hindari dan tidak perlu dilakukan.


Ingat semua yang kamu lakukan, ada data rekam jejak digital yang tak mungkin bisa kamu hilangkan, meski sudah kamu hapus. Gambar kamu yang tidak senonoh akan membuat malu sendiri sebab di-share oleh orang yang tidak bertanggung-jawab. Selain itu tulisan dan tindakan buruk, bisa menyebabkan harus berurusan dengan aparat penegak hukum.


8. Informasi  Tentang Keberadaan Kamu Saat Ini

Informasi tentang keadaanmu saat ini juga sebaiknya tidak pernah diberitahukan kepada orang lain, seperti tempat kamu berlibur, bahwa kamu sedang berada di rumah sendiri hingga memberitahu alamatnya.


Ingat tempatmu bersosalisasi, tidak bisa menatap wajahnya secara langsung. Di dunia nyata saja meragukan apalagi yang di dunia maya?


9. Informasi Kartu Kredit dan Detail Finansial

Menulis tentang informasi kartu kredit, di rekening bank mana saja mempunyai uang, hinga detail keuangannya pun tanpa disadari kamu pamerkan juga ke semua orang. Itu sangat membahayakan. Kamu bisa dirampok atau ditipu sebab menganggap orang kaya dan berharta. Jika sudah demikian apakah hidupmu akan menjadi tenang?


Bijaklah menggunakan akun media sosial jangan menjadi orang naif serta bodoh dengan memosting segala sesuatu yang semestinya tidak perlu diketahui oleh orang lain. Jagalah dirimu dan berhati-hatilah, bila tidak ingin menjadi korban kejahatan dunia maya. [Siti Royani]

0 Komentar untuk "9 Hal Berbahaya yang Tidak Boleh Dilakukan di Media Sosial "

Back To Top