Kalau Liburan ke Yogyakarta, Jangan Lupa ke Taman Sari! - Berita Feature Generasi Muda

Kalau Liburan ke Yogyakarta, Jangan Lupa ke Taman Sari!

Klickebrita.com – Apakah saat ini Anda sedang liburan di Yogyakarta? Atau siap-siap akan menyambut tahun baru di Kota Kesultanan ini? Kalau iya, hmm.. pas sekali, artikel wisata yang kami tulis ini bisa jadi rekomendasi tujuan wisata Anda. 

Kota wisata yang satu ini memang selalu ramai dikunjungi oleh para wisatawan, baik mancanegara, maupun domestik. Mungkin Anda juga bingung, saking banyaknya wisata di Yogyakarta, namun Taman Sari sari ini berada di pusat kota. Jadi Anda tidak terlalu terburu-buru saat sedang liburan, bahkan hemat biaya dan waktu. 

Kolam pemandian para selir Sultan, Taman Sari | Foto  Klick Berita, Asmara Dewo
Baca juga:

Taman Sari kolam pemandian sultan beserta keluarganya, baik istri, selir, dan juga anak-anaknya ini sangat populer dan melegenda. Sangat disayangkan jika Anda lewatkan situs peninggalan sejarah kejayaan Sultan Hamengku Buwono I. Selain menikmati wisatanya, Anda juga bisa sedikit belajar sejarah di bumi Mataram Islam tersebut. 

Taman Sari yang bergelar taman mewangi ini dibangun pada abad ke-18 (1758-1765), pada masa itu selain tempat pemandian, di sana juga terdapat jembatan gantung, kanal air, danau buatan, Masjid, dan lorong bawah air. Secara keseluruhan Taman Sari luasanya sekitar 10 hektare. Wah, sangat luas sekali bukan? 

Meskipun saat ini bangunan-banguna di sekitar sudah tidak utuh, bahkan semakin menua dikikis zaman, situs sejarah ini masih menampakkan keeksotisannya.  

Saat pertama masuk Anda disuguhkan dua kolam renang yang dikelilingi bunga dengan pot berukuran cukup besar. Hiasan kalamakara juga tampak di atas pintu masuk. Kolam ini pada masanya sebagai tempat pemandian para selir sultan. Sedangkan sultan sendiri mandi di kolam pemandian khusus yang berada di sebelah kiri dari kedua kolam tersebut. Hanya selir yang terpilihlah mandi dengan Sultan.

Kolam Mandi Sultan beserta selir yang terpilih, Taman Sari | Foto  Klick Berita, Asmara Dewo
Area itu juga terdapat kamar ganti, yang pintunya sangat pendek. Untuk masuk ke dalam ruangan tersebut harus menundukkan kepala. Filosofi bentuk pintu yang sengaja dibuat pendek ini, merupakan cerminan orang Jawa agar tamu yang masuk ke setiap rumah atau ruangan menghargai tuan rumah dengan menundukkan kepala.

Baca juga:
Alun-alun Kidul, Wisata di Yogyakarta yang Melegenda 
Parangtiritis yang Mistis, Pantai Paling Populer di Yogyakarta 
Enam Pantai Indah Berpasir Landai di Gunungkidul 

Di gedung kuno ini Anda juga bisa melihat tempat tidur sultan. Selain itu, bisa menaiki anak tangga menuju ke atas menara. Dari atas gedung tersebut, Anda bisa melihat keseluruhan kolam renang dari atas. Cukup keren pemandangan dari sana. 

Taman Sari Yogyakarta | Foto Klick Berita, Asmara Dewo
Selain kolam pemandian di kompleks Taman Sari, silahkan juga mengunjungi Pulo Cemethi dan Masjid Sumurguling. Pulo Cemethi ini bangunannya berada di dataran tinggi, sehingga pemandangan Kota Yogykarta terlihat jelas dari sana. Sedangkan Masjid bersejarah yang paling unik itu seperti berada di bawah tanah. Banyak terdapat lorong-lorong di dalamnya. 

Taman Sari berada di Jl. Kompleks Taman Sari, Keraton, Patehan, Kota Yogyakarta. Tiket masuknya Rp 5.000. Kalau dari Malioboro normalnya sekitar 8 menit, jaraknya sekitar 2 km lebih. Namun di musim liburan begini, bisa memakan waktu 20 menit. [Asmara Dewo]
0 Komentar untuk "Kalau Liburan ke Yogyakarta, Jangan Lupa ke Taman Sari! "

Back To Top