Enam Pantai Indah Berpasir Landai di Gunungkidul - Berita Feature Generasi Muda

Enam Pantai Indah Berpasir Landai di Gunungkidul

Klickberita.com – Kesempurnaan indahnya pantai salah satunya adalah berpasir landai, dengan pasirnya yang putih bersih. Pantai indah berpasir landai ini bisa dinikmati di Gunungkidul, Yogyakarta.

Wisata pantai di Gunungkidul memang menarik perhatian wisatawan domestik, sampai wisatawan mancanegara. Meskipun belum sepopuler pantai-pantai di Bali atau pantai di Lombok.

Namun begitu, deretan indah di Gunungkidul mempunyai keunikan sendiri, yang tidak dimiliki daerah pantai lainnya di Indonesia. Di antaranya adalah pantai yang memiliki tebing-tebing terjal, dan menyimpan bebatuan sisa letusan gunung api, yang diperkirakan usia fosil batu itu sudah jutaan tahun. Misalnya saja Pantai Wediombo, Nampu, Jungwok, dan Pantai Watu Lumbung.

Nah, kali ini kami akan menyajikan kepada sahabat traveler sejati yang hobi berwisata pantai dengan keindahan bentuk pasirnya yang landai, juga putih bersih. Dan semoga juga menjadi daftar wisata di liburan berikutnya.

1. Pantai Greweng

Inilah surganya pantai di Gunungkidul, Pantai Greweng | Foto Klickberita.com 

Kami mengurutkan Pantai Greweng di posisi puncak. Di antara begitu indahnya pantai di Gunungkidul, Pantai Greweng lah yang paling indah. Tentunya versi Klickberita.com. selain keindahan pasir pantainya yang landai. Pantai Greweng bak seperti surga yang baru ditemukan di belahan bumi.

Ia belum terlalu terjamah oleh para wisatawan. Biasanya pantai Greweng ini cukup populer di kalangan anak muda Yogyakarta yang hobi camping. Letak Pantai Greweng berada di Desa Jipitu, Kecamatan Girisubo, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta.

Dengan biaya masuk super murah, Rp. 5.000 per orang, dan itu sudah termasuk tiket masuk pantai di sekitarnya, seperti Pantai Sedahan, Jungwok, Wediombo, Nampu, dan Pantai Watu Lumbung.

2. Pantai Ngrenehan

Pantai yang tepat untuk menyantap seafood dan mengarungi pantai dengan boat, Pantai Ngerenehan | Foto Klickberita.com

Pantai Ngrenehan dengan kombinasi warna pantai biru dan kehijauan menjadikan pantai yang satu ini begitu sempurna. Ditambah lagi dengan pasir putih bersih dengan landainya yang elok. Lengkaplah sudah Pantai Ngerenehan masuk ke daftar pantai indah berpasir landai di Gunungkidul.

Pantai ini juga sebagai alternatif wisatawan yang ingin menyantap sea food. Warga sekitar memang bermata pencarian sebagai pemburu ikan di Samudera Hindia. Tak heran di tepian pantai, berjejer perahu-perahu nelayan yang tampak gagah sekali. Bagi yang hobi naik boat berkeliling pantai, juga bisa di sana.

Pantai Ngrenehan ini berada di Desa Kanigoro, Kecamatan Saptosari, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Biaya masuk ke Pantai Ngerenehan hanya Rp. 5.000, dan itu sudah termasuk ke pantai lainnya yang berdekatan, seperti Pantai Ngobaran dan Nguyahan.

3. Pantai Nguyahan

Sangat cocok membawa anggota keluarga ke Pantai Nguyahan | Foto Klickberita.com

Pantai Nguyahan ini cukup indah bila dibandingkan deretan pantai di Gunungkidul. Namun namanya belum populer. Ia berada di sebelah barat Pantai Ngobaran. Nah, kalau Pantai Ngobaran ini namanya cukup terkenal di kalangan wisatawan.

Dengan ombaknya yang tidak begitu ganas, serta memiliki pasir landai, dan berwarna hijau kebiruan, pantai ini sangat ramah untuk wisatawan yang ingin membawa anggota keluarganya. Mungkin anak-anak yang senang sekali bermain di pantai. Maka tak salah jika Pantai Nguyahan dikunjungi bersama rombongan keluarga.

Pantai Nguyahan ini masih berada satu kawasan dengan Pantai Ngerenehan. Dengan biaya masuk yang sama pula.

4. Pantai Ngitun

Pantai Ngitun ini sangat indah dipandang dari atas tebing | Foto Klickberita.com

Untuk menangkap keindahan Pantai Ngitun yang berpasir landai dan putih bersih ini. Wisatawan bisa mendaki sebentar ke Bukit Bangku, yang berada di sebelah kiri pantai. Dijamin sangat puas menikmati Pantai Ngitun dari atas tebing yang super tinggi.

Pantai Ngitun ini juga masih sepi pengunjung. Keelokan pantainya belum mendongkrak kepopulerannya di mata para wisatawan. Namun begitu, beruntunglah siapa saja yang sudah pernah ke sana dan akan berkunjung ke Pantai Ngitun.

Di sini juga menyediakan tenda dom. Nah, bagi yang ingin berkemah bisa menyewa di sana saja. Tapi kalau ingin lebih hemat, silahkan bawa tenda dari luar.

Pantai cantik ini terletak di Dusun Serong, Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Tiket masuk ke Pantai Ngitun Rp. 5.000 per motor. Sangat murah sekali, bukan? Hitungannya per motor bukan per orang.

5. Pantai Jungwok  

Pantai Jungwok ini cukup terkenal dengan ombaknya yang super dahsyat | Foto Klickberita.com

Nama yang cukup unik. Pantai Jungwok ini memiliki khas dengan batu raksasa yang super besar di tengahnya. Ombaknya yang begitu dahsyat menghempas karang-karang di pinggiran pantai, dan menyapu bibir pantai akan membuat takjub siapa saja yang melihatnya.

Maka tak heran, jika Pantai Jungwok merupakan salah satu pantai dengan ombak yang cukup ganas di deretan pantai Gunungkidul. Kalau ingin menyaksikan bagaimana terjengan ombak Samudera Hindia di sini, silahkan datang di waktu pagi hari, sekitar pukul delapan sampai pukul sebelas. Pantai berpasir landai nan bersih ini kerap dijadikan kaula muda untuk bercamping.

Letak pantai Jungwok berada di Di Desa Jipitu, Kecamatan Girisubo, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Dengan tiket masuk hanya Rp. 5.000 per orang, dan sudah termasuk ke pantai yang ada di sekitarnya. Seperti Pantai Wediombo, Nampu, Greweng, Sedahan, dan Pantai Watu Lumbung.

6. Pantai Pulang Sawal atau Pantai Indrayanti

Pantai Pulang Sawal alias Pantai Indrayanti merupakan icon pantai di Gunungkidul | Foto Klickberita.com

Pantai Pulang Sawal atau lebih dikenal dengan Pantai Indrayanti merupakan pantai yang paling populer dan pengunjung teramai di Gunungkidul. Bahkan bisa dibilang inilah icon-nya Pantai Gunungkidul.

Kepopulerannya di mata para wisatawan sudah mengimbangi pantai legendarisnya Yogyakarta, yaitu Pantai Parangtritis. Setiap hari libur berbongong-bondong bus pariwisata ke Pantai Indrayanti. Tentu saja ramainya pengunjung karena keindahan Pantai Pulang Sawal dengan pasirnya yang landai, pantainya yang berwarna biru kehijauan, dan ombak yang tidak terlalu ganas.

Pantai Indrayanti ini terletak di Desa Sidoharjo, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta.

Nah, untuk tiket masuk ke Pantai Pulang Sawal alias Indrayanti sebesar Rp. 10.000. Dan sudah termasuk pantai di sekitarnya. Seperti Pantai Sundak, Krakal, Drini, Kukup, dan Pantai Baron. [Asmara Dewo]

Baca juga: 

Info penting: Klickberita.com di-update setiap Sabtu pagi.

2 Komentar untuk "Enam Pantai Indah Berpasir Landai di Gunungkidul "

Wah ... sepertinnya Pantai Nguyahan begitu menarik dan indah tuh. Tempat destinasi wisata masa depan.

Nguyahan cukup bagus, tapi biasanya rombongan keluarga ke sana. Ke Greweng lebih indah lagi :)

Back To Top