Alun-alun Kidul, Wisata di Yogyakarta yang Melegenda - Berita Feature Generasi Muda

Alun-alun Kidul, Wisata di Yogyakarta yang Melegenda

Klickberita.com – Wisata di Yogyakarta memang tak terhitung jumlahnya, banyak sekali, mulai dari yang terbaru sampai yang melegenda. Nah, Alun-alun Kidul merupakan wisata di Yogyakarta yang melegenda. Sejak dulu, tahun 1755 saat Kesultanan Yogyakarta dibangun, Alun-alun Kidul sudah ada.

Nah, dulunya Alun-alun Kidul ini berfungsi sebagai tempat administratif, misalnya saja ada pengumuman dari Sultan untuk rakyatnya, atau juga tempat latihan, dan unjuk kekuatan antar para prajurit. Dan kedua fungsi sosial budaya, yaitu tempat berinteraksinya rakyat, mungkin dalam perniagaan, hiburan, atau pun kegiatan lainnya yang dilakukan bersama-sama.



Odong-odong di Alun-alun Kidul | Foto M Yamin, Klickberita
Kalau diperhatikan foto-foto zaman dulu, tak jauh bedanya dengan Alun-alun Kidul yang sekarang ini. Pohon beringin kembar yang berada di tengah alun-alun tersebut hanya semakin tinggi dan rindang saja.

Dan itu juga kenapa Alun-alun Kidul selalu ramai dikunjungi baik wisatawan asing, wisatawan domestik, maupun warga Yogyakarta sendiri, sejarah dan budaya yang masih menempel erat inilah magnet utamanya.

Pohon Beringin kembar di Alun-alun Kidul Yogyakarta | Foto asmarainjogja

Wisata yang melegenda di bumi Yogyakarta ini pula hingga sekarang masih sering diadakah hiburan, seperti mengadakan lomba-lomba, event musik, dan acara kegiatan sosial. Nah, kalau malam hari, tak kalah ramainya pengunjung yang memadati Alun-alun Kidul.

Memang untuk mengunjungi Alun-alun Kidul lebih seru di malam hari. Kalau malam hari, tempat asyik untuk nongkrong di lesehan di pinggiran hamparan hijau alun-alun. Makanan dan minuman yang dijual juga tidak membuat kantong koyak, cukup murah kok.

Selain itu pengunjung biasanya yang datang ke sana, mencoba uji masangin. Masangin adalah menguji diri dengan mata tertutup lalu berjalan lurus di tengah-tengah pohon beringin kembar tersebut. Kira-kira gampang nggak, ya? Kelihatannya sih gampang, tapi kalau dicoba. Sulit sekali, guys!

Kalau sahabat travel melihat mereka yang uji masangin itu bakal gelak tawa. Serong kiri, serong kanan, padahal sebelum ditutup matanya, badan dan pandangannya sudah lurus, tapi beberapa langkah saja sudah berjalan jadi belok-belok entah kemana. Kacau betul, deh.

Mitosnya, nih, barangsiapa yang hatinya bersih, mempunyai niat yang suci, bisa melalui tantangan itu. Terus hadiahnya apa kalau bisa menerobos di antara pohon beringin tersebut? Wah hadiahnya besar bangetttt… keinginan sahabat travel akan terkabul. Eh ini mitos ya, boleh percaya atau tidak! 

Serunya main odong-odong di Alkid (Alun-alun Kidul) | Foto Andi, Klickberita

Tapi kalau untuk iseng-isengan tak masalah, yang penting jangan terlalu diyakini.
Selanjutnya hal yang paling seru sahabat travel lakukan adalah naik odong-odong. Odong-odong ini tidak bermesin, seperti pada umumnya. Tapi jangan tanya soal musik, full habis, cinn! Odong-odong cantik yang penuh dengan kerlap-kerlip lampu warna-warni ini dibuat dari sepeda, kemudian dibentuk berbagai rupa menjadi seperti mobil kodok, dan mobil VW combi.

Nah, nanti kamu tinggal dayung bareng keluarga atau sahabat terbaik kamu memutari alun-alun kidul. Dan video mp3 musik menemani kalian sepanjang jalan, tinggal pilih lagu apa yang kalian suka? Sambil joged-joged juga boleh.

Untuk biayanya cukup murah, sekali putaran Rp. 30.000, kalau lebih sekali putaran tinggal tawar saja. Biasanya mau kok. Oh ya, bagi sahabat travel yang berkunjung ke Yogyakarta, tapi nggak sempat ke sini, duh sayang banget deh. Bagi yang sudah pernah ke sini, pasti menyimpan kenangan yang tak terlupakan. Sangat seru soalnya di Alun-alun Kidul Yogyakarta ini. [Asmara Dewo]


Info penting: Klickberita.com di-upadate setiap Sabtu pagi.
0 Komentar untuk "Alun-alun Kidul, Wisata di Yogyakarta yang Melegenda"

Back To Top