Tiga Candi Cantik Ini Tak Jauh dari Pusat Kota Yogyakarta - Berita Feature Generasi Muda

Tiga Candi Cantik Ini Tak Jauh dari Pusat Kota Yogyakarta

Klickberita.com – Menjelang natal dan tahun baru, wisatawan domestik maupun wisatawan asing sudah memadati Kota Yogyakarta. Kota wisata yang populer ini memang menjadi salah satu tujuan wisata selain Bali dan Lombok. 

Beragam wisata di Yogyakarta yang menyambut para wisatawan. Mulai dari pantai indah di Gunungkidul, wisata alam Gunung Merapi, air terjun dan kebun teh di Kulonprogo, sampai candi-candi cantik yang tersebar di Yogyakarta. 

Ramainya ketertarikan akan situs sejarah, candi di Yogyakarta tak pernah sepi oleh pengunjung, selalu ramai, terutama di Candi Prambanan. Namun banyak juga yang tidak tahu candi indah lainnya yang berada di Yogykarta, selain Candi Prambanan tersebut. 

Nah, ketiga candi yang diulas ini sangat cantik, unik, eksotik, dan asyik saat berkunjung ke sana. Yang lebih seru lagi adalah letaknya yang tidak jauh dari pusat Kota Yogyakarta, dan saling berdekatan, dan tentunya bisa sekaligus dikunjungi. Jadi wisatawan bisa mengunjungi candi tersebut satu per satu.

Berikut tiga candi cantik yang tak jauh dari Pusat Kota Yogyakrta, dan bisa dikunjungi sekaligus:

1. Candi Sambisari 
Candi Sambisari | Foto Asmara In Jogja, Asmara Dewo
Dari pusat kota menuju Candi Sambisari jaraknya sekitar 11 km, dengan jarak tempuh berkisar 12 menit, berdasarkan kutipan dari Google Map. Candi yang bercorak Hindu tersebut berada di Dusun Sambisari, Desa Purwomartani, Kecamatan Kalasan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. 

Rute menuju Candi Sambisari pengunjung bisa menempuh Jln. Yogyakarta-Solo. Lalu mengikuti Jln. Sambisari, jalan ini berada di depan Akademi Angkatan Udara Yogyakarta di KM 10. 

Candi Sambisari tidak seperti candi lainnya, keberadaan candi itu ada di bawah permukaan tanah sedalam sekitar 5 meter. Area candinya juga begitu luas, rerumputan hijau dan taman terhampar luas di sana. Wisatawan akan berdecak kagum saat pertama kali melihat candi ini, karena seperti castil tua yang eksotis. Dan saking uniknya juga Candi Sambisari bak lapangan bola, jika dilihat dari atas.

Nag, perlu diketahui untuk rekontruksi dan pemugaran candi ini dibutuhkan waktu 21 tahun. Lama sekali bukan? Sebab candi yang dibangun oleh Raja Rakai Garung di awal abad ke-9 ini tertimbun tanah, pasir, bebatuan, dan abu vulkanik Merapi sejak beratus-ratus tahun yang lalu. 

Tiket masuk ke candi hanya Rp 2.000, dan biaya parkir seperti biasa. Wah sangat murah sekali, bukan? Ayo, sempatkan ke Candi Sambisari mumpung masih liburan di Yogyakarta.

Baca juga:
Dua Pesona Kebun Teh Ini, Buat Kamu Betah Liburan di Yogyakarta
Tiga Pantai Bertebing seperti Pulau yang Eksotis di Gunungkidul 

2. Candi Kalasan
Candi Kalasan | Foto Asmara In Jogja, Asmara Dewo
 Masih di jalan yang sama, yaitu Jln. Raya Yogyakarta-Solo, Nah, kalau Candi Kalasan berada di km 13. Kalau dari Candi Sambisari ke Candi Kalasan sekitar 12 menitl, jaraknya berkisar 5 km. sedangkan dari pusat kota ke Candi Kalasan paling 31 menit. Cukup dekat. 

Candi Kalasan berada di Dusun Kalibening, Desa Tirtamartani, Kecamatan Kalasan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Candi ini merupakan candi bercorak Buddha tertua di Yogykarta. Maka jangan heran, bangunannya sangat eksotis dan jauh berbeda dibandingkan candi lainnya. Di bangun sekitar pada tahun 778 masehi (abad ke-8)  oleh Raja Rakai Panangkaran dari dinasti Syailendra. 

Salah dua keunikan Candi Kalasan adalah pada ukirannya terdapat sulur-suluran yang sangat indah, dan diukir begitu halus. Dan terdapatnya lapisan bajraleva pada dinding candi. Bajralepa itu fungsinya agar batu pada candi tidak mudah lapuk dan tidak mudah ditumbuhi lumut. Selain Candi Kalasan, yang menggunakan bajralepa juga Candi Sari. 

Wisatawan dikenakan tiket hanya Rp 2.000. Murah sekali. Ya, wisata candi di Yogyakarta memang sangat murah. Karena itulah, kalau kamu tidak ke sini, rugi sekali, bukan? Kapan lagi melihat candi Budha tertua di Yogyakarta. 

3. Candi Sari 
Candi Sari | Foto Asmara In Jogja, Asmara Dewo
Candi Sari ini sangat berdekatan dengan Candi Kalasan. Waktu tempuhnya berkisar 5 menit, dengan jauh sekitar 1 km saja. Kalau dari pusat kota jaraknya berkisar 13 km, dengan waktu tempuh 30 menit. 

Candi Sari bercorak Buddha ini berada di Dusun Bendan, Desa Tirtomartani, Kecamatan Kalasan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Masih berkaitan dengan Candi Kalasan, karena Candi Sari ini juga dibangun oleh Raja Rakai Panangkaran, dibangun pada abad ke-8.

Baca juga:
Delapan Candi Terindah di Yogyakarta yang Masih Utuh
Enam Pantai Indah Berpasir Landai di Gunungkidul 

Candi yang menyerupai vihara ini dipersembahkan sebagai hadiah oleh Raja Rakai Panangkaran untuk gurunya. Fungsi candi di zaman itu juga sebagai tempat tinggal para biksu untuk penyebaran agama Buddha. 

Bisa dibilang Candi Sari ini paling eksotik, cantik, dan unik. Sungguh, sayang sekali jika kamu tak sempat mengunjungi situs sejarah yang satu ini. Apalagi dengan tiket masuk yang sangat murah, hanya Rp 2.000 saja. 

Nah, itulah tiga candi cantik yang bisa kamu kunjungi sekaligus, karena letaknya saling berdekatan, dan juga tidak jauh dari pusat Kota Yogyakarta. Disarankan terlebih dahulu ke Candi Sambisari, lalu ke Candi Kalasan, terakhir ke Candi Sari. [Asmara Dewo]

Info: Klick Berita di-update setiap Sabtu pagi

Artikel yang direkomendasikan:

2 Komentar untuk "Tiga Candi Cantik Ini Tak Jauh dari Pusat Kota Yogyakarta "

Bicara tentang keindahan dan kecantikan beberapa candi di jogja memang tiada habisnya sebagai bukti kecanggihan budaya dan peradaban dimasa lalu dan saat ini di jogja banyak juga wisata yang melegenda akan tetapi belum banyak orang tahu seperti legenda sungai bedok yang dikemas dalam wisata susur sungai west lagoon yang berada di mlangi nogotirto

Terimakasih atas infonya, Mas. Soalnya baru tahu Sungai Bedok.

Back To Top