Tiga Pantai Bertebing seperti Pulau yang Eksotis di Gunungkidul - Berita Feature Generasi Muda

Translate

Tiga Pantai Bertebing seperti Pulau yang Eksotis di Gunungkidul

Klickberita.com – Pantai di Gunungkidul terkenal dengan pantainya yang landai berpasir putih, dan birunya air yang menggoda setiap wisatawan. Namun apakah Anda tahu? Pantai di Gunungkidul juga menyimpan keeksotisannya dengan tebing di tengah pantai seperti pulau.

Tentu saja ini tidak seperti pantai-pantai di Indonesia lainnya, kalau pulau di pantai, mungkin itu sudah biasa, bukan? Namun ini adalah sebuah tebing. Pada umumnya warga sekitar yang berprofesi menangkap ikan, memanfaatkan tebing itu untuk memancing atau menjala lobster dengan krendet. 

Ciri khas pantai di Gunungkidul adalah tebing-tebing yang menjulang tinggi dan curam. Bahkan kalau diperhatikan lagi tebing-tebing yang membatasi lautan dan daratan tersebut bentuknya seperti sebuah potongan-potongan. Mungkin juga itu karena longsor, akibat hukum alam. 

Inilah yang semakin cantiknya pantai di Gunungkidul, tebing-tebing yag mengiringi di sepanjang garis pantai. Dan sekarang mari kita lihat pantai yang memiliki tebing yang eksotis di tengah pantai seperti pulau

1. Pantai Timang

Pantai Timang | Foto Asmara in Jogja
Siapa sangka Pantai Timang adalah pantai yang paling populer di mata wisatawan Malaysia. Saya yang sudah dua kali berkunjung ke sana, kerap berjumpa dengan wisatawan dari Negeri Jiran tersebut.

Salah satu pemilik warung di sana menuturkan berdasarkan kesan dari turis Malaysia mengatakan: “Pantai Timang sudah seperti kampungnya sendiri”. Maka tak heran jika sahabat travel berkunjung ke Pantai Timang akan berjumpa dengan wisatawan dari negara tetangga kita itu.

Keunikan Pantai Timang adalah memiliki tebing yang seperti pulau di tengah laut. Dan pengunjung bisa menyeberang ke sana menggunakan gondola gantung yang ditarik dengan tali tambang. Cukup mendebarkan memang, menguji adrenalin Anda pastinya. 

Untuk biaya naik gondola sebesar Rp.100.000. Jangan bilang mahal dulu, sahabat travel. Kalau kamu menyaksikan langsung bagaimana cara penyeberangan tersebut, mungkin biaya itu bisa jadi murah. Sebab gondola itu bekerja secara manual, ditarik dengan tangan manusia langsung. 

Dulunya gondola di ‘Pulau’ Timang itu digunakan penyeberangan warga untuk menangkap lobster. Namun semakin ramainya pengunjung, juga dimanfaatkan untuk wisata. Bagi yang ingin menyantap lobster juga tersedia di sana, dengan menghubungi pihak pengelola. 

Pantai Timang berada di Dusun Danggolo, Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul Yogyakarta. Dan tidak ada biaya tiket masuk ke sana, kalaupun ada biaya seikhlas hati untuk warga yang memperbaiki jalan.

Oh ya, jalan menuju ke pantai cukup buruk, berkerikil tajam, dan jalan bertanah liat yang sangat licin di musim penghujan. Gunakan kendaraan yang cocok jika berkunjung ke Pantai Timang.

Lihat videonya:



2. Pantai Jungwok

Pantai Jungwok | Foto Asmara in Jogja
Selain berpasir landai yang sangat indah, Pantai Jungwok juga memiliki tebing raksasa seperti pulau. Tebing di tengah pantai itu berdiri kokoh menghadang ombak Samudera Hindia. Namun begitu, tetap saja, ombak di Pantai Jungwok merupakan salah satu ombak paling dahsyat di Pantai Gunungkidul. 

Jika di Pantai Timang, tidak ada pepohonan di tebing yang seperti pulau tersebut, namun di Pantai Jungwok tebingnya ditumbuhi pepohonan yang sangat subur. Sangat kontras dengan warna tebing yang kecokelatan, dan semakin eksotis dipandang mata. 

Tampaknya warga sekitar juga memanfaatkan tebing itu untuk memburu ikan, kepiting, lobster, atau hewan laut lainnya. Sebab tampak terlihat sebuah tangga di sana. Dan biasanya juga para nelayan sering memancing di area Pantai Jungwok. 

Pantai Jungwok ini sangat populer bagi pecinta camping. Di akhir pekan, ramai sekali kaum muda yang mendirikan tenda di tepi pantai. Dan pada pagi harinya bermain-main ombak yang begitu dahsyat di Pantai Timang tersebut.

Kalau kamu berani uji nyali menahan hantaman ombak Pantai Jungwok silahkan dicoba. Siap-siap terpelanting seru diterjang ombak Samudera Hindia. Dan itu sangat seru sekali, sahabat travel, saya sendiri sudah mencobanya. 

Pantai Jungwok berada di Desa Jipitu, Kecamatan Girisubo, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Tiket masuk ke lokasi pantai hanya Rp. 5.000 per orang. Dan itu sudah termasuk biaya tiket pantai yang ada di sekitarnya, seperti: Pantai Wediombo, Pantai Watulumbung, Pantai Nampu, Pantai Greweng, Pantai Sedahan, dan Pantai Dadapan.

Baca juga:

3. Pantai Watulumbung 

Pantai Watulumbung | Foto Klick Berita, Asmara Dewo
Pantai Watulumbung belum begitu populer di kalangan wisatawan, namun begitu keindahan pantai ini juga tak kalah seperti deretan pantai di Gunungkidul lainnya. Kita juga tahu, bahwa setiap pantai itu memiliki keunikannya masing-masing. Begitu juga dengan pantai yang satu ini. 

Berdiri dengan anggun dan gagah perkasa tebing di tengah Pantai Watulumbung. Wisatawan yang datang ke sana biasanya senang berjalan-jalan di bawah tebing tersebut untuk menyaksikan dahsyatnya ombak, atau sekadar berfoto. Nah, ketika hari beranjak sore, tebing yang eksotis itu akan digenangi oleh air pantai. Sebab air laut mulai pasang. 

Jadi untuk menikmati keeksotisan tebing tersebut datanglah di pagi hari, karena air laut sudah surut. Letaknya yang berada di bawah, pengunjung bisa menikmatinya dari puncak yang berada di atasnya. Di sana pengunjung sangat senang menikmati segala keindahan yang bisa ditangkap dengan mata. 

Di sebelah timur pantai, terdapat juga pasir putih seperti pantai lainnya. Bagi yang ingin basah-basahan dengan air pantai silahkan ke timur pantai tersebut. Menuju ke sana, pengunjung akan disuguhkan dengan pemandangan hijau, mulai dari tanaman warga yang begitu subur. Juga lembah-lembah yang memikat bagi yang menatapnya. Sunguh cantik pemandangan di sana. 

Nah, warna pantainya sendiri sama seperti Pantai Timang, Pantai Jungwok, biru yang menyegarkan mata. Namun di sini ombaknya tidak begitu besar. Yang jelas saat bermain-main di sekitar tebing tersebut, ketika ombak mulai ganas, sebaiknya ke tepi saja. Saya  sendiri pernah melihat pengunjung yang terkena cimpratan ombak di sana. Untungnya tidak apa-apa, namun mereka sempat kocar-kacir dikejar ombak.

Pantai Watulumbung berada di Dusun Widoro, Desa Balong, Kecamatan Girisubo, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Untuk tiketnya hanya Rp. 5.000 per orang, dan itu sudah biaya tiket di sekitar lokasi pantai. [Asmara Dewo]

Baca juga: 
Parangtiritis yang Mistis, Pantai Paling Populer di Yogyakarta
Enam Pantai Indah Berpasir Landai di Gunungkidul

Info: Klick Berita di-update setiap Sabtu pagi

0 Komentar untuk "Tiga Pantai Bertebing seperti Pulau yang Eksotis di Gunungkidul"

Back To Top