Pantai Wohkudu Keindahan dalam Kesembunyian (Pantai Baru di Gunungkidul) - Berita Feature Generasi Muda

Pantai Wohkudu Keindahan dalam Kesembunyian (Pantai Baru di Gunungkidul)

Klickberita.com – Satu lagi pantai baru di Gunungkidul, yaitu Pantai Wohkudu. Keindahan pantai ini tak kalah dengan pantai indah di deretan Gunungkidul lainnya. Memiliki ciri khas, yang membuat takjub siapa saja yang mengunjunginya.

Pernah dengar Pantai Kesirat? Jika pernah, Pantai Wohkudu tak jauh dari Pantai Kesirat. Bahkan sebelum kita menuju Pantai Kesirat, di tepi jalan sebelah kiri akan ada plang Pantai Wohkudu.
Apa yang menarik di Pantai Wohkudu? Tentu kamu ingin tahu sekali, bukan? Memang pantai baru selalu menjadi incaran bagi traveler sejati, khususnya pemburu pantai.

Pantai Wohkudu, pantai baru di Gunungkidul | Foto Klickberita
Minggu lalu, kami seperti biasa mencari objek wisata di Yogyakarta yang eksotis. Motor kami pun melaju ke Gunungkidul, dan rutenya dari Jl. Parangtritis, sampai di Jembatan Kretek, belok kiri menuju Gunungkidul.

Dalam perjalanan pemandangannya sangat bagus, perbukitan yang menghubungkan Bantul dan Gunungkidul terlihat perkasa dari jalan aspal yang kami lalui. Hijaunya pemandangan membuat betah dalam perjalanan. Apalagi saat berada di ketinggian, panorama alam sungguh luar biasa indahnya.

Tanpa terasa, kami pun memasuki daerah Panggang. Di sana tertulis plang Pantai Gesing. Ya, Pantai Gesing juga merupakan salah satu pantai terindah yang dimiliki Gunungkidul. Namun tujuan kami ke Pantai Wohkudu.

Baca juga: 
Laut Bekah, Keindahan Wisata yang Tersembunyi di Gunungkidul
Parangtiritis yang Mistis, Pantai Paling Populer di Yogyakarta
Enam Pantai Indah Berpasir Landai di Gunungkidul

Sebelumnya, kami juga pernah ke Pantai Kesirat, tanggal 1 Mei 2016 lalu, kami sempat berkunjung ke Pantai yang terkenal dengan rock fishingnya tersebut. Namun kami belum melihat ada tanda-tanda Pantai Wohkudu saat itu.

Menuju area masuk pantai, remaja yang menjaga pos di sana memungut retribusi Rp 3.000 per orang. Sangat murah, bukan? Ya, wisata pantai di Gunungkidul memang murah meriah dan ramah bagi traveler yang berkantong pas-pasan seperti kami.

Jalan sampai ke pantai juga sangat mulus, tampak jalan beraspal di sini baru saja beberapa bulan siap. Namun menuju langsung ke Pantai Wohkudu, kami harus menitipkan motor di area parkir dan juga warung satu-satunya yang ada di sana. Di tepi pantai sama sekali tidak ada warung, jadi bawalah perbekalan dari luar.

Jalan tampak mulus sampai ke Pantai Wohkudu | Foto Klickberita
Jarak dari area parkir menuju pantai sekitar 700 meter dengan jalan yang cukup ekstrem. Mulailah kami trecking di atas bebatuan cadas yang baru saja dibuat jalur.

Karena pantai ini masih baru, pengunjung yang datang di sana pada hari Minggu masih bisa dihitung jari. Tapi ada baiknya juga, karena keindahan selalu bisa ditangkap dalam kesunyian.

Berada di perbukitan, kaki kami meraba-raba mengikuti jalur sampai ke titik terakhir. Hal ini mengingatkan kami mengunjungi Pantai Greweng. Ya, Pantai Wohkudu akses jalannya tak jauh berbeda dengan Pantai Greweng.

Dari kejauhan hamparan hijau terbentang luas di Pantai Wohkudu. Selain eksotis indahnya untuk dinikmati, para petualang mencari ketenangan dan seru-seruan bersama sahabat karib juga mendirikan tenda di sini. Mungkin suatu hari nanti sahabat traveler bisa juga camping di suasana yang baru, di Pantai Wohkudu ini.
Pantai Wohkudu tampak diapit dua bukit yang menjulang tinggi | Foto Klickberita
Dijamin pantai ini seperti milik kalian sendiri. Bagaimana tidak? Karena masih jarang yang berkunjung ke sini. Tentu sangat seru sekali bukan?

Pantai cantik yang tersembunyi ini diapit bukit yang menjulang tinggi. Rerumputan dan pepohonan hijau yang tampak begitu subur di atas bukit menambah kontrasnya tepi Samudera Hindia ini. Paduan alam hijau dan pantai, tentu kamu setuju bukan betapa indahnya pandangan kami saat tertuju ke sana?

Oh God… secuil keindahan ini menerjemahkan keindahan luar bisa yang dimiliki Gunungkidul. Rizka, tampak berbinar matanya, tak sabar ingin berpose di sana. Duh… lagi-lagi saya harus menjadi fotografer amatiran untuknya. 



Rizka Wahyuni keasyikan main pasir di Pantai Wohkudu | Foto Klickberita

Baca juga: di asmarainjogja


Menerjemahkan Keindahan Pantai Wohkudu | Foto Klickberita
Luasnya pasir putih, mengantarkan kami tepat di tepi pantai. Di kanan-kiri di dasar perbukitan sudah tampak cekung berbentuk goa, sebab dihantam ombak setiap waktunya.

Benarlah kata orang bijak bilang sekeras-kerasnya batu akan hancur juga ditetesi air. Terbukti, air lebih keras dari batu. Dan tebing-tebing yang begitu perkasanya terlihat, di bawahnya sudah berlubang berbentuk gua karena hempasan air laut.

Sudah menjadi pengetahuan luas, ombak Samudera Hindia terkenal ganas dan dahsyat. Tak terkecuali di Pantai Wohkudu, ombaknya bergulung-gulung tinggi lalu menghempas karang. Byurrr… ombak menghantam tebing cadas di sekitar pantai.

Batu-batu karang di Pantai Wohkudu | Foto Klickberita
Entah kenapa, bagi saya pribadi salah satu keseruan menikmati pantai adalah ombak yang dahsyat saat menghantam karang. Air laut melambung tinggi, buih-buih berserakan di sekitar batu yang dihantam, lalu gelombang ombak perlahan mengecil sampai ke tepian pantai. Dan kaki-kaki kecil anak manusia dijilati ombak nakal yang sudah jinak itu.

Di Pantai Wohkudu ini batu-batu super besar bercokol di depan pantai. Sepertinya ini juga daya tarik tersendiri pantai baru yang dikenalkan ke masyarakat luas ini. Di sana kami juga melihat para nelayan memancing ikan yang tampak duduk-duduk di atas batu yang besar itu. Ngeri-ngeri sedap menatapnya, mengingat ombak sangat besar dan cukup berbahaya.

Mungkin saja sudah terbiasa kali, ya? Sehari-harinya sudah menghadapi ombak ganas Samudera Hindia.


Pengunjung di Pantai Wohkudu | Foto Klickberita
Air pantai sangat bersih dan tampak kebiruan. Kalau mau basah-basahan juga tak ada salahnya di sini. Tapi ya itu tadi, tidak begitu leluasa karena batu-batunya banyak sekali. Mulai dari yang kecil sampai yang super gede.

Pantai Wohkudu berada di Dusun Wiroso, Desa Girikarto, Kecamatan Panggang, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Nah, bagi sahabat travel yang berkunjung ke Yogyakarta, silahkan cicipi keindahan yang tersembunyi di Pantai Wohkudu. [Asmara Dewo]


Info Penting: Klickberita.com di-update setiap Sabtu pagi.

Lihat juga: Clorist Florist Pesanan Bunga Terbaik di Yogyakarta


0 Komentar untuk "Pantai Wohkudu Keindahan dalam Kesembunyian (Pantai Baru di Gunungkidul) "

Back To Top