Cantik Mana, Hutan Pinus Grenden, Hutan Pinus Top Selfie, atau Hutan Pinus Mangunan? - Berita Feature Generasi Muda

Cantik Mana, Hutan Pinus Grenden, Hutan Pinus Top Selfie, atau Hutan Pinus Mangunan?

Klickberita.com – Berwisata ke hutan pinus memang memiliki kesan yang berbeda dibandingkan dengan wisata lainnya. Wisatawan yang kerap berkunjung ke hutan pinus karena butuh ketenangan, keseruan, dan keindahan dari alam yang hijau nan permai. 

Selain bersama sahabat ke hutan pinus, wisata yang satu ini juga sangat cocok untuk mengajak keluarga, terutama anak-anak. Anak-anak yang sudah dikenalkan dan didekatkan dengan alam, pertumbuhannya akan lebih baik, kecerdesaan, insting, dan menghargai alam sudah tertanam sejak dini. 

Nah, di Indonesia sendiri sebenarnya hutan pinus itu tersebar luas di beberapa pulau. Mengingat Indonesia  dikenal dengan negara pegunungan dan perbukitan. Pada umumnya hutan pinus itu tumbuh subur dan dikelola dengan baik oleh pemerintah. 

Namun kalau diperhatikan, hutan pinus di Jawa saja yang begitu populer di Indonesia ini, terutama hutan pinus di Yogyakarta. Silahkan dichek di mesin perncarian google trend dengan kata kunci “hutan pinus” urutan pertama adalah Hutan Pinus Mangunan. 

Dari ketiga hutan pinus ini akan kami ulas keterangannya, dan mungkin suatu hari nanti bisa kamu kunjungi sebagai salah satu favorit berwisata.

1. Hutan Pinus Grenden
Hutan Pinus Grenden | Foto asmarainjogja
Hutan Pinus Grenden dibuka untuk umum bulan Juli 2016 lalu. Sejak dibukanya wisata baru ini para wisatawan mulai berbondong-bondong menuju ke sana. Mulai dari kendaraan bermotor, sampai bus pariwisata. Menggeliat aktivitas wisata di sana, tampaknya warga yang mengelola sangat serius untuk memajukan wisata hutan pinus ini sebagai wisata nomor satu di Indonesia. 

Tidak mustahil Hutan Pinus Grenden menjadi yang terbaik, dan bisa menggerus wisatawan di hutan pinus lainnya menuju ke hutan pinus mereka. Sebab keindahan Hutan Pinus Grenden tak dimiliki oleh wisata hutan pinus lainnya. 

Terletak tepat di kaki Gunung Merbabu. Kamu sudah bisa membayangkan, hawa sejuk, lembahnya yang permai, dan pemandangan yang begitu indah di kaki pegunungan, bukan? 

Inilah alasannya kenapa Hutan Pinus Grenden bisa menjadi wisata hutan pinus yang terbaik di Indonesia. Selain itu, dari sini juga baru dibuka jalur untuk mendaki Gunung Merbabu. Anak-anak alam mulai camping di hutan Pinus Grenden. Kabarnya dari hutan pinus ini juga bisa melihat sunrise. Wow… sunrise, siapa yang tidak tergoda dengan keindahan sunrise? 

Bagi yang suka selfie, wefie, dan fotografi pemandangan di sini juga sangat cantik. Di sebelah timur landaian Gunung Merapi terlihat jelas. Dan ada juga jembatan cinta atau seperti gardu pandang, biasanya para wisatawan senang sekali berfoto di jembatan tersebut..

Keunikan lainnya, Hutan Pinus Grenden juga memliki potongan-potongan tebing yang unik dan eksotis. Batu yang tajam-tajam itu terbentuk dengan sendirinya. Panitia Hutan Pinus Grenden menyebutnya Tebing Batu. 

Area hutan pinus di sini juga sangat luas, berlipat-lipat luasnya, jika dibandingkan Hutan Pinus Top Selfie, dan Hutan Pinus Mangunan. Membuat para wisatawan tidak jenuh di satu titik lokasi saja. 

Tertarik ke sini? Nah, kalau kamu tertarik, Hutan Pinus Grenden berada di Dusun Grenden, Desa Pogalan, Kecamatan Pakis, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Biaya masuknya hanya Rp 2.500 per orang, untuk parkir motor Rp 2.000, sedangkan mobil Rp 3.000. 

Rute ke Hutan Pinus Grenden dari Yogyakarta. 

Jika kamu sudah berada di Muntilan, ada vihara di sana, lalu ambillah jalan yang berbelok ke kanan tersebut. Ikuti saja jalan itu sampai ke Pasar Talun dan Pasar Suko. 

Dari Pasar Suko menujulah ke Jln. Raya Kopeng. Maka ambillah jalan ke Ketep Pass. Nah, jalan Ketep Pass itu akan melewati Dusun Grenden. Dan di depan pintu masuk hutan pinus itu ada gapura Wisata Hutan Pinus Grenden.



Baca juga:
Seru-seruan di Pantai Greweng Gunungkidul 
Pantai Wohkudu Keindahan dalam Kesembunyian (Pantai Baru di Gunungkidul)

2. Hutan Pinus Top Selfie 
Hutan Pinus Top Selfie | Foto asmarainjogja
Namanya saja sudah Hutan Pinus Top Selfie, itu  berarti wisatawan yang berkunjung ke sini tidak salah lagi mencari spot keren untuk berfoto cantik. Ya, kamu yang datang ke sini akan takjub ketika hutan pinus terbelah oleh sebuah jalan yang begitu panjang. 

Bahkan wisatawan yang berkunjung ke sana, berfoto di Hutan Pinus Top Selfie seperti di film-film. Kalau kamu seorang fotografer profesional atau paling tidak sudah mahir mengambil spot pemandangan, tentu kamu akan menghasilkan foto yang luar biasa kerennya. 

Sayangnya, saya sendiri saat berkunjung ke sana, hasilnya belum maksimal. Karena saya juga tidak mahir di fotografy. Sama seperti hutan pinus lainnya, udara di sana begitu segar dan sejuk. Kamu tidak akan mau pulang sebelum puas bermain-main di rindangnya hutan pinus. 

Di sana juga ada flying fox, itu kalau kamu mau mencoba uji adrenalin. Berani? Hahaha… kalau anak alam tidak boleh takut, tapi kalau kamu belum biasa permainanan ala outbond juga jangan memaksa diri. 

Untuk bergelantungan di atas hammock kamu juga bisa rasakan di sana. Tapi bayar. Tidak seperti di Hutan Pinus Grenden yang gratis. Hutan Pinus Top Selfy juga sering dijadikan lokasi foto prewedding. Nah, kalau kamu masih jomblo, ya sabar dan cari dulu?!

Oh ya, di sebelah timur hutan pinus ini juga akan kamu temukan pemandangan yang cantik, yaitu hamparan kebun tembakau dan sayuran berlatar belakang Gunung Merbabu. Sangat indah. Siapkan saja batre kamera atau ponsel kamu jangan sampai habis. 

Tapi kamu harus berjalan sekitar 300 meter dari lokasi Hutan Pinus Top Selfy. Dan kalau kamu ikuti terus jalan tersebut, kamu akan tembus ke jalan raya. Tepat di depan pintu masuk hutan pinus. 

Biaya masuk ke Hutan Pinus Top Selfie per motornya hanya Rp.3000. Sangat murah, bukan? Dan letak Hutan Pinus ini berada di Dusun Kragilan, Desa Pogalan, Kecamatan Pakis, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Masih bertetanggaan dengan Hutan Pinus Grenden. Jaraknya juga sekitar 2 km lebih saja. 

Menuju ke Hutan Pinus Top Selfie sama saja seperti hutan Pinus Grenden. Tinggal lurus saja. Tapi kalau masih khawatir, baiklah akan kami tuliskan juga.

Rute ke Hutan Pinus Top Selfie dari Yogyakarta. 

Jika kamu sudah berada di Muntilan, ada vihara di sana, lalu ambillah jalan yang berbelok ke kanan tersebut. Ikuti saja jalan itu sampai ke Pasar Talun dan Pasar Suko. 

Dari Pasar Suko menujulah ke Jln. Raya Kopeng. Maka ambillah jalan ke Ketep Pass. Nah, jalan Ketep Pass itu akan melewati Dusun Kragilan. Di sebelah kiri jalan ada gapura bertuliskan Welcome to Top Selfie.

Baca juga:
Enam Pantai Indah Berpasir Landai di Gunungkidul
Lima Candi Indah di Dataran Tinggi Dieng

3. Hutan Pinus Mangunan
Hutan Pinus Mangunan atau Hutan Pinus Imogiri | Foto asmarainjogja
Yang terakhir, Hutan Pinus Mangunan atau juga disebut Hutan Pinus Imogiri. Nah, hutan pinus di sini lebih tinggi dan besar dibandingkan kedua hutan pinus tadi. Juga jarak batang pohon yang satu ke pohon lainnya cukup rapat, berkesan sangat rindang dan terlihat rapi terlihat, dan tentu saja begitu indah dipandang mata. 

Rumah-rumah pohon juga bisa ditemukan di sana. Tapi kamu harus berlatih sabar mengantri di sini. Sebab yang antri sangat banyak. Dan mereka yang foto di atas rumah pohon itu cukup lama, tidak puas 5 atau 10 kali berpose. 

Hutan Pinus Mangunan ini hanya tumbuh di atas dataran tinggi saja, jadi tidak seperti di Hutan Pinus Top Selfie atau Hutan Pinus Grenden di kaki Gunung. Tapi karena datarannya cukup tinggi, pesona alam yang terhampar di sana cukup indah. 

Wisatawan yang datang ke sini juga sangat ramai. Inilah Hutan Pinus yang paling ramai kalau dibandingkan hutan pinus lainnya. Apalagi letaknya juga sangat strategis, dan memang berada di desa wisata. 

Biasanya para wisatawan yang berburu sunrise di Kebun Buah Mangunan akan berkunjung sekaligus ke Hutan Pinus Mangunan, begitu juga sebaliknya. 

Hutan Pinus Mangunan sangat bersih, dan rapi. Semua teratur dengan baik secara profesional. Mungkin ini juga sebabnya wisatawan sangat betah dan senang datang berkali-kali ke sini. Lokasi warung berada di luar area hutan pinus, berdekatan dengan area parkir. Sehingga area hutan pinus tertata dengan baik. 

Untuk foto prewdding di sini juga tidak diragukan lagi. Itu sebabnya banyak sekali yang memanfaatkan keindahan Hutan Pinus Mangunan sebagai latar belakang foto preweding.
Membawa anak-anak tentu orangtua tidak kerepotan. Cocok sekali mengajak si buah hati ke sini. Sebab banyak tempat bermain anak-anak, misalnya saja bermain ayunan atau bergelantungan di atas hammock. 

Tidak ada biaya tiket masuk ke Hutan Pinus Mangunan, hanya dikenakan parrkir saja. Untuk motor Rp. 3.000, sedangkan mobil Rp. 10.000. Cukup murah, kan? Hutan Pinus Mangunan atau Hutan Pinus Imogiri ini berada di Desa Mangunan, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, Yogyakarta. 

Rute menuju ke sini juga mudah. Dari Ringroad Selatan menuju ke Jln Imogiri (bisa Jl. Imogiri Timur atau Jl. Imogiri Barat). Nanti kalau sudah mentok belok kiri, ikuti terus sampai ada plang tanda menuju ke Hutan Imogiri. 

Nah, kalau kamu tanya cantik mana di antara ketiga hutan pinus tersebut. Maka susah sekali menjawabnya, sebab ada keunikannya masing-masing. Namun saya pribadi lebih suka Hutan Pinus Grenden, menurut saya itu lebih cantik karena keindahan pemandangannya.

Namun kalau untuk foto cantik berlatar belakang hutan pinus tentu Hutan Pinus Mangunan. Dan foto unik dengan cantiknya seperti di film-film, tentu Hutan Pinus Top Selfie. [Asmara Dewo]

Info: Klickberita.com di-upadte setiap Sabtu pagi 


0 Komentar untuk "Cantik Mana, Hutan Pinus Grenden, Hutan Pinus Top Selfie, atau Hutan Pinus Mangunan?"

Back To Top