Enam Keistimewaan Kucing Ini Membuat Anda Ingin Memeliharanya - Berita Feature Generasi Muda

Enam Keistimewaan Kucing Ini Membuat Anda Ingin Memeliharanya


Klickberita.com-Kucing, salah satu hewan peliharaan yang sangat disukai oleh masyarakat Indonesia. Alasannya pun beragam, mulai dari keelokan dan keimutan wajahnya, sampai sebagai predator untuk memangsa tikus di rumah.


Tak heran, ibu rumah  tangga yang geram karena aksi tikus mengobrak-abrik dapur untuk mencari makanan. Alasan lainnya, tikus dianggap sebagai inang penyebar penyakit, dengan memelihara kucing sebagai “dewa penyelamat” di rumah.

Ilustrasi kucing | Foto Shutterstock


Beberapa keluarga, hewan yang mengeong ini juga dijadikan sebagai anggota keluarga. Istana kecil itu pun dipenuhi anak dan induk kucing, layaknya seperti darah daging sendiri, kucing itu pun diberi makan sehat, dirawat, dan dikembangbiakan.


Hal itu dilakukan semata-mata rasa kasih sayang terhadap kucing yang sudah akrab dengan kehidupan manusia sejak 5.000 tahun silam, pada masa Mesir Kuno.


Anak-anak di rumah juga menganggap kucing sebagai teman bermain. Orangtua yang sengaja mengajarkan anaknya untuk berinteraksi dengan kucing, harapannya agar kelak ia dewasa menjadi sosok yang bertanggungjawab dan humanis.


Hewan penyuka kebersihan itu pun mengajarkan anggota keluarga agar selalu hidup sehat, hal ini bisa dilihat kebiasaan kucing yang kerap membersihkan tubuhnya dengan menggunakan lidahnya. Dari hasil penelitian pula, air liur pada kucing itu bersih dan membersihkan.


Nabi Muhammad SAW pernah berujar bahwasanya kucing termasuk perhiasan rumah tangga, tidak dikotori sesuatu, dan tidak ada najis.


Dikutip dari buku Kucing, karangan  Cacang Efendi dan N.S. Budiana, ternyata kucing mempunyai 6 keistimewaan:

1. Berjalan

Kucing memiliki kaki yang digitigrade, berjalan di atas ujung kaki. Sama dengan posisi telapak kaki atlet pelari yang berlari di ujung kakinya. Kaki depannya berfungsi sebagai penyangga kerangka dan untuk memperlambat gerakan, sedangkan kaki belakang berfungsi untuk memberikan dorongan tubuh ke depan.


Dengan begitu, gerak kucing ini hanya membutuhkan sedikit energi untuk menggerakkan kaki satu per satu dalam satu waktu.


2. Keseimbangan

Kucing mampu mengendalikan gerak tubuhnya ketika berada dalam ketinggian. Keseimbangan tubuhnya luar biasa.. Jangan heran, bila kucing mampu berlarian dengan baik dan cepat tanpa ada rasa takut di atas atap atau pagar tembok tinggi.


Hal itu karena kucing menggunakan ekor untuk menjaga keseimbangan tubuhnya seperti halnya seorang  pemain akrobat yang berjalan di atas tali.


3. Berlari

Bak seorang atlet, kucing merupakan pelari spesialis sprint. Saat berlari, posisi kaki depan dan belakangnya seolah-olah “melayang” berada di atas udara. Ketika kedua kaki depannya menyentuh tanah, tubuh bagian belakang melengkung ke depan.


Sementara itu, saat kaki belakang menyentuh tanah, ia telah melakukan gerakan lompatan selanjutnya. Dalam kondisi kecepatan penuh, seekor kucing mampu berlari sekitar  50 km/jam.


4. Memanjat

Kucing termasuk pemanjat hebat. Hal ini didukung oleh otot-otot tulang belakang dan kaki belakang yang kuat. Jika akan memanjat sebuah pohon, kucing mengawali dengan lompatan. Dengan begitu, jarak panjatan yang harus dilakukan dengan menggunakan kuku-kuku kakinya menjadi berkurang.


Namun, cara kucing turun dari sebuah pohon tidak sebaik saat ia naik karena lekuk kukunya searah dengan arah gerak, sehingga ia akan membiarkan tubuhnya melorot ke bawah dengan mengurangi cengkraman kukunya.


5. Melompat

Kucing melompat untuk melakukan perburuan. Kemampuan melompat banyak digunakan ketika kucing berada pada posisi yang kurang menguntungkan.


Sebelum melompat, ia merundukkan tubuhnya, menumpukkan bagian pelvis ke belakang, merapatkan hip, lutut, dan ankle. Saat otot-otot di ketiga bagian  tersebut mulai berkontrasi, tubuhnya terdorong ke depan.


6. Jatuh dari Ketinggian

Kucing selalu jatuh dalam kondisi kaki menapak di lantai. Bagaimana kucing mengatur aksinya tersebut? Ketika jatuh, mata dan struktur tertentu pada bagian dalam telinga akan mengirimkan informasi ke otak.


Dalam hitungan mil detik, otak menerima sinyal dan mengirimkan perintah ultra cepat untuk memposisikan kepala dan tubuh dalam garis yang sejajar. Dengan begitu, tubuh kucing telah benar-benar siap untuk mendarat.


Enam keistimewaan kucing di atas mampu membuat seseorang semakin mencintai kucing, dan juga membuat seseorang semakin penasaran, ingin sekali memeliharanya di rumah. Apakah betul keistimewaan itu? Hanya dengan memelihara dan memahami perilaku kucinglah cara menjawabnya. [Asmara Dewo]

Baca juga: 
Kucing Kejang-Kejang dan Hilang Ingatan Seperti Manusia
Mau Pelihara Kucing Anggora? Ini yang Harus Disiapkan!


0 Komentar untuk "Enam Keistimewaan Kucing Ini Membuat Anda Ingin Memeliharanya"

Back To Top