Enam Lagu Semangat Nasionalisme yang Membangkitkan Jiwa Patriotisme - Berita Feature Generasi Muda

Enam Lagu Semangat Nasionalisme yang Membangkitkan Jiwa Patriotisme

Klickberita.com – Seorang seniman, khususnya di bidang musik sangat kental dalam karyanya yang dipengaruhi rasa cinta tanah air. Maka tak heran ketika seorang musisi menciptakan lagu yng bernapas nasionalisme mampu membangkitkan jiwa patriotisme bagi pendengarnya. Namun yang perlu kita tahu adalah untuk mencipatkan lagu bernapas keIndonesiaan itu bukan sekadar menciptakan lagu seperti biasa.

Di sinilah pengaruh rasa kejujuran dari sang pencipta lagu itu sendiri. Jika pencipta lagu itu hanya sekadar untuk tenar untuk menggarap lagu tema nasional, pasti kurang greget. Karena memang sebuah karya dari hati, jiwa, dan pikiran bersih untuk rakyat Indonesia, bukan kepentingan pribadi semata saja.

Musisi Indonesia sebenarnya sejak lama sudah mengangkat lagu-lagu bertema nasional, namun seiring perkembang dunia permusikan, lagu nasionalisme lebih semarak lagi. Ini terbukti semakin banyaknya grup band dengan semangat 45 menyanyikan lagunya di atas panggung. Di dada kita yang berkobar semangat nasionalisme tentu akan tersentak mendengarkan lagu-lagu nasionalisme itu, secara tak sadar rasa cinta terhadap Indonesia semakin membuncah.

Berikut enam lagu yang penuh semangat nasionalisme membangkitkan jiwa patriotisme, yang membuat kita merinding, dan tentu saja memantapkan hati untuk membela Indonesia.

1. Kebyar Kebyar, Gombloh
Lagu Kebyar Kebyar, Gombloh | Foto via digilive
Kebyar Kebyar mahakarya lagu Gombloh bersama LemonTree’s Anno 69 rilis di tahun 1979 ini sudah seperti lagu wajib nasional bagi rakyat Indonesia. Bahkan beberapa dari kalangan sempat membandingkan dengan lagu kebangsaan Indonesia Raya, karya WR Supratman. Tak heran hampir di setiap acara kenegaraan, lagu Kebyar Kebyar sering dinyanyikan sebagai penutup acara.

Dari penjuru Indonesia, Sabang-Merauke, anak-anak maupun orangtua, siapa yang tak tahu lagu Kebyar Kebyar? Dipastikan paling tidak tahul lagunya, meskipun terkadang tidak tahu siapa penciptanya. Namun bagi seorang seniman tentu lebih ingin dikenal karyanya, bukan penciptanya. 

Pria kelahiran Jombang, 14 Juli 1948 itu memang layak disebut sebagai musisi paling berpengaruh di Indonesia. Meskipun ia tutup usia begitu muda, di usia 39 tahun, namun berkat karyanya, melalui Kebyar Kebyar mampu menyatukan rakyat Indonesia yang terdiri dari suku, ras, dan agama. Sebuah lagu yang sangat fenomenal sepanjang sejarah Indonesia. 

Entah kapan lahir lagi seorang musisi seperti Gombloh di tahun-tahun ke depan, yang mampu membakar semangat keIndonesiaan. Rasa nasionalisme dari syair indah penuh semangat, dan kesatuan. 

Untuk mengenang Gombloh, berikut sepenggeal lirik lagu Kebyar Kebyar:

Indonesia…
Merah darahku, putih tulangku
Bersatu dalam semangatku
Indonesia…
Debar jantungku, getar nadiku
Berbaur dalam angan-anganmu
Kebyar kebyar, pelangi jingga.

Berikut videonya:

2. Bendera, Cokelat
Lagu Bendera, Cokelat | Foto Istimewa
Lagu Bendera ini kerap dinyanyikan di setiap acara hari kemerdekaan Indonesia, 17 Agustus. Sepertinya lagu Bendera sudah seperti lagu nasional saja. Lirik lagu ini memang mengobarkan semangat nasionalisme sejati, dipadu dengan musik rock, dan dinyanyikan dengan sangat enerjik, membuat lagu ini melambung tinggi mengangkasa.

Eros, personil Sheila On Seven pencipta lagu tersebut, yang dinyanyikan oleh Kikan, dari gurp band Cokelat. Siapa sangka Eros yang terkenal dengan lagu cinta, dan persahabatan, ternyata membuahkan karya keIndonesiaan berupa lagu nasionalis yang membangkitkan jiwa patriotisme.

Melalui lagu Bendera itu Eros menyampaikan, siapapun kita, selemah apapun kita, namun harus membela Indonesia, mengibarkan bendera merah putih di penjuru Indonesia Raya. Dan senantiasa mengingat para pahlawan yang sudah bertumpah darah membela tanah air.

Eratnya lagu Bendera yang dinyayikan oleh Kikan, membuat Kikan dikenal sebagi artis 17-an. Ya, karena menjelang dan hari kemerdekaan, lagu Bendera yang dinyayikan Kikan menggema di acara-acara 17-an. 

Beriku penggalan lirik lagu Bendera:

Merah putih teruslah kau berkibar
Di ujung tiang tertinggi di Indonesiaku ini
Merah putih teruslah kau berkibar
Di ujung tiang tertinggi di Indonesiaku ini
Merah putih teruslah kau berkibar
Kukan selalu menjagamu

Tonton juga videonya:

Baca juga:

3. Garuda di Dadaku, Netral
Band Punk Rock Netral | Foto Antara
Garuda di Dadaku ciptaan band punk rock Netral mampu membius pendengarnya untuk membangkitkan semangat nasionalisme, jiwa patriotisme. Namun sebagian liriknya juga diciptakan oleh Mantan Ketua Umum The Jakmania, Bung Ferry. ]Bagi yang mendengarnya langsung saat Netral konser di atas panggung. Penonton dengan semangat 45 ikut menyanyikan Garuda di Dadaku. 

Lagu ini sebenarnya untuk soundtrack film bola, Garuda di Dadaku. Namun karena lagu tersebut berkaitan dengan bola, supporter Indonesia hingar bingar menyanyikannya di Asean Football Federation (AFF) Cup 2010. Bahkan sampai saati ini setiap pertandingan bola para supporter sering menyanyikannya, menggemakan suara nasionalisme di stadion.

Musik dari genre punk membuktikan bahwa lagu-lagunya tak melulu tentang kritikan terhadap pemerintah, namun dengan lagu Garuda di Dadaku mampu menanamkan garuda di dada rakyat Indonesia. Jiwa semangat nasionalisme ala punk turut membangkitkan jiwa patriotisme kebangsaan.

Berikut penggalan lirik lagu Garuda di Dadaku:
Garuda di dadaku, Garuda kebanggaanku
Kuyakin hari ini pasti menang,
kobarkan semangatmu, tunjukan sportivitasmu,
kuyakin hari ini pasti menang.

4. Merah Putih, Saykoji
Saykoji | Foto Tempo
Lagu ini super semangat nasionalisme, sebuah pidato singkat Soekarno dengan iringan musik yang pas mengawali lagu ini, tentu saja sudah membius pendengarnya ketika mendengar pidato Soekarno. Ya, lagu Merah Putih ciptaan Saykoji memang layak dijadikan salah satu lagu terbaik di lagu modern bernapaskan kepatriotan kebangsaan. 

Merah Putih dinyanyikan Igor Saykoji dengan gaya genre rapp, sebab ia memang seorang rapper Indonesia. Dengan penuh semangat 45 Igor sangat sempurna menggiring pendengarnya mengobarkan semangat nasionalisme melalui sebuah lagu. Lagu tersebut juga mudah diikuti karena liriknya mudah dihapal dan tidak susah.

Melalui lagu tersebut Igor menyampaikan kita sebagai bangsa Indonesia harus tetap semangat membela Indonesia, yang beragam suku bangsa dan agama. Maka tak heran lagu itu pula diawali dengan pidato sang proklamator, Soekarno. 

Berikut penggalan lirik lagu Merah Putih:
Merah putih berkibar begitu gagah
Cerminan akan bangsa yang perkasa
Kuhormati dengan penuh rasa bangga
Indonesiaku bersatu sepanjang masa

5. Jadilah Legenda, Superman Is Dead
Superman Is Dead | Foto via Sony Music
Menyusul lagu nasionaliseme ala punk, Superman Is Dead (SID) di tahun 2013 merilis albumnya, salah satu lagu terbaiknya adalah Jadilah Legenda. Jika lagu Sunset di Tanah Anarki merupakan sebuah lagu kritikan, maka lagu Jadilah Legenda merupakan lagu yang menanamkan jiwa nasionalisme untuk jiwa-jiwa patriotisme Indonesia. 

Sekali lagi membuktikan bahwa musisi punk juga turut membela dan mempertahankan keIndoesiaan dan mengajak rakyat Indonesia, khususnya kaum muda agar selalu ada untuk Indonesia. SID dalam lirik lagunya juga menuliskan Indonesia itu sangat kaya, baik budaya, dan kekayaan alam yang tak terkalahkan. 

Selain itu SID turut pula menyampaikan bahwa Indonesia itu begitu indah. Dan sangat disayangkan jika rakyat berdiam diri, jika perusahaan dan pemerintah sendiri merusak alam dengan berbagai dalih kesejahteraan. SID dan Marjinal juga giat sekali ikut berdemo Tolak Teluk Benoa di Bali melaui lagu-lagu mereka.

Berikut penggalan lirik lagu Jadilah Legenda:
Untuk Indonesia teruslah bertahan
Walau dihancurkan, disakiti kau tetap berdiri di sini
Untuk Indonesia jadilah legenda
Kita bisa, dan percaya


6. Dari Mata Sang Garuda, Pee Wee Gaskin
Pee Wee Gaskin | Foto Antara
Satu lagi band punk, Pee Wee Gaskin (PWG), yang menciptakan lagu nasionalisme untuk membangkitkan jiwa patriotisme. Lagu Dari Mata Sang Garuda juga sering kali terdengar di pertandingan sepak bola. Khususnya Timnas Garuda melawan tim negara lain. Sama halnya dengan lagu Netral Garuda di Dadaku. 

Lagu Dari Mata Sang Garuda tersebut pertama kali dinyanyikan di tahun 2009. Sebuah lagu untuk menyambut hari sumpah pemuda. Namun karena begitu kuatnya rasa nasionalisme pada lagu itu, akhirnya di setiap acara kenegaraan, sering terdengar lagu Dari Mata Sang Garuda, sampai pertandingan timnas Indonesia.

Sama seperti musisi lainnya, PWG ingin menyampaikan kepada rakyat Indonesia, khususnya kaum pemuda-pemudi untuk membela tanah air Indonesia. Jangan sampai terlelap, dan segera bangun sebelum terlambat. 

Berikut penggalan lirik lagu Dari Mata Sang Garuda
Indonesia
Kobarkan semangatmu
Kan ku bela sampai habis nafasku
Jangan pernah menyerah
Sudah terlalu lama kita terlelap
Bangkit dan raih semua mimpi.


Nah, itulah enam lagu semangat nasionalisme yang mampu membangkitkan jiwa patriotisme kita. Semoga band-band yang lain ikut mempersembahkan lagu terbaik mereka untuk Indonesia Raya. [Asmara Dewo]

Baca artikel musisi lainnya:
Greenday dan Blink 182 disebut Penggagas Aliran Pop Punk
Lima Grup Band Pop Indonesia yang Ngetop dari Yogyakarta

Mau cari jilbab cantik dan super murah? Cari di sini dengan harga terjangkau! Padusi Hijab

Lihat juga video populer asmarainjogja:

Video terbaru asmarainjogja:




1 Komentar untuk "Enam Lagu Semangat Nasionalisme yang Membangkitkan Jiwa Patriotisme "
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog. - Hapus

Back To Top