Empat Musisi Indonesia Terkenal Berlabuh ke Dunia Politik - Berita Feature Generasi Muda

Empat Musisi Indonesia Terkenal Berlabuh ke Dunia Politik

Klickberita.com – Kita tidak tahu pasti alasan apa ketika seorang pemusik atau penyanyi yang biasa manggung, akhirnya terjun ke dunia politik. Apa karena gelombang dunia musik turun drastis, sehingga memengaruhi finansial para pemusik? Atau juga sudah bosan dengan dunia entertainment yang membuatnya monoton, dan menatap kehidupan dengan wajah yang baru sebagai politikus. Atau juga karena ingin mengabdi kepada bangsa dan negara melalui politik.

Belakangan ini menjadi seorang pejabat atau anggota dewan dilirik oleh para pemusik, artis, dan seniman lainnya dengan sangat antusias. Kolaborasi politikus tulen dengan para pemusik atau artis terkenal, dengan mendapatkan respon yang memuaskan dari partai pengusung mereka. Sepertinya juga partai-partai di Indonesia memanfaatkan ketenaran para musisi untuk mewujudkan visi dan misi partai di tengah-tengah masyarakat luas.

Ada yang gagal mengikuti permainan politik di Indonesia, namun ada juga yang berhasil seorang pemusik itu di dunia politik. Kalau para politikus yang dinilai negatif oleh masyarakat, karena dari politik bisa meraup uang sebanyak-banyaknya. Namun bagaimana lagi dengan seorang pemusik? Pemusik yang sudah terkenal di Indonesia dengan segudang prestasi dan penghargaan tentu perekonomiannya juga bagus. Bahkan pemusik atau penyanyi kekayaannya melebih para politikus.

Nah, contonya saja seperti Agnes Monica, penyanyi Indonesia terkaya nomor tiga di Asia, dengan kekayaan 30 Juta USD. Jadi pemusik dan artis yang terjun ke politik, sepertinya bukan karena ingin menimbun kekayaannya lagi, karena kepuasan tersendiri. Ya, misalnya saja bangga menjadi seorang pejabat atau anggota dewan, tentu akan beda pandangan seorang pemusik itu dengan pejabat. Nah, itu juga yang mungkin membuat mereka semangat sekali menjadi seorang politikus pada akhirnya.

Ada empat musisi Indonesia yang terkenal di negeri ini. Bahkan di dunia internasional mereka juga bukan dianggap sebagai pemusik kelas teri. Dunia juga mengakui seni mereka.

1. Rhoma Irama

Rhoma Irama berseragam Partai Idaman saat bernyanyi | Foto via Suara

Tak mungkin rasanya jika rakyat Indonesia tak mengenal Rhoma Irama. Raja Dangdut yang legendaris tersebut disukai lintas generasi, baik dari anak-anak, remaja, dewasa, orangtua, bahkan yang sudah sepuh, kakek-nenek.

Pemusik dan sekaligus aktor film itu sempat digadang-gadangkan akan maju di Pilpres 2014 lalu. Namun pada akhirnya partai yang mendukungknya tidak mencalonkan Bang Haji (sapaan akrab Rhoma Irama.

Tak hanya sekali Raja Dangdut itu menelan pil pahit kekecewaan, bahkan Rhoma juga pernah tersakiti di dunia politik. Berkali-kali ia tak disung oleh partai yang sempat mengjagokannya. Buah kekecewaan Bang Haji, pada 14 Oktober 2015, ia mendeklarasikan Partai Idaman (Partai Islam Damai Aman), yang terdiri dari para haibib, dan ulama yang tersebar di 34 provinsi di Indonesia. Meskipun parta Idaman bernapaskan relijius, pemimpin Soneta Grup itu membuka pintu lebar bagi nonMuslim untuk bergabung di bawah bendera Idaman.

Hadirnya Partai Idaman dimaksudkan untuk menampilkan citra Islam yang mencerminkan rahmat bagi semesta alam, menghilangkan phobia Islam, dengan membangun Indonesia berdasarkan pancasila.

2. Anang Hermansyah

Anang Hermansyah penyanyi dan juga anggota DPR RI | Foto Viva


Anang Hermansyah seorang musisi yang kini menjadi anggota DPR RI di Komisi X. Mantan suami Krisdayanti tersebut merupakan kader PAN (Partai Amanat Nasional), ia berhasil lolos ke Senayan dan menjadi anggota DPR RI periode 2014-2019 dengan prolehan 53.559 suara dalam Pemilu Legislatif 2014 di Jawa Timur.  

Suami Ashanty tak itu tak hanya memiliki suara emas dan romantis, namun juga dengan suranya di politik memengaruhi kebijakan-kebijakan untuk Indonesia lebih baik. Namun sempat beberepa bulan lalu kabar tak sedap, anggota DPR ketahuan dari CCTV merokok di ruangan DPR, dan Anang salah satunya.

Namun, pelantun lagu “Separuh Jiwaku Pergi” tersebut mengakui dan memintam maaf kepada rakyat Indonesia atas kesalahan dan kekeliruannya terkait kedapatan merokok di ruangan DPR. Keberanian Anang atas mengakui kesalahan patut diacungi jempol, sebab jarang sekali anggota DPR yang berani mengaku salah, walaupun memiliki segudang kesalahan.

3. Sigit Purnomo alias Pasha “Ungu”

Pasha Ungu pertama kalinya ke panggung di Semarang, saat sudah menjadi pejabat | Foto Viva


Tentunya para remaja dan  kaum muda yang suka lagu romantis mengenal Pasha “Ungu”.  Ya, Sigit Purnomo alias Pasha kini menjadi Wakil Wali Kota Palu, Sulawesi Tengah.

Dalam memimpin apel pertama kalinya yang dihadiri 1.500 pegawai di lingkup di Pemkot Palu, Pasha Ungu ditertawai para hadirin, karena salah dalam memimpin upacara. Tertawaan itu pun berimbas menjadi keberangan Wakil Wali Kota Palu, Pasha dengan nada tinggi mengecam tertawaan itu untuk tidak mengulangi lagi, karena anggota Korps harus punya etika.

Selain itu, suami Adelia Wilhelmina mendapat kritikan keras dari publik karena pernah memakai seragam paduan anak band dengan lambang-lambang yang biasa dipakai oleh militer.  Namun Pasha tidak merasa salah karena menurutnya, ia memakai seragam itu tidak melanggar aturan dan memakai pada tempatnya.

Setidaknya publik juga maklum, Wakil Pemimpin Kota Palu ini kan juga seorang mantan vokalis band. Jadi tidak bisa langsung hilang kebiasaan saat berpakaian. Itu masih band pop, bagaimana lagi kalau dari mantan band rock? Wah… tentunya bakal aneh-aneh lagi seragamnya.

4.  Ahmad Dhani

Ahmad Dhani saat konser di Pensi anaknya, El-Rumi | Foto Liputan6


Dhani Ahmad Prastyo atau lebih akrab dengan sebutan Ahmad Dhani, mulai tampak di politik saat mendukung habis-habisan Pilpres 2014 lalu. Ia dengan semangat dan kepercayaan tinggi membela Prabowo Subianto untuk menjadi orang nomor satu di Indonesia. Bahkan juga sempat menciptakan lagu di pilpres itu untuk dukungannya ke Prabowo.

Namun, Prabowo kalah oleh Joko Widodo di Pilpres itu. Bentuk kekalahan tersebut, sepertinya masih menjadi kekesalan Pimpinan Republik Cinta Management, ia selalu mengeritik keras kebijakan-kebijakan Jokowi.

Beberapa Bulan lalu ia juga sempat digadang-gadangkankan mengikuti pemilihan Gubernur DKI Jakarta 2017. Suami Mulan Jameela tersebut geram sekali atas kepemimpinan  Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok, ingin sekali ia menggeser kedudukan Ahok, dan menjadi penggantinya.

Ahmad Dhani dan Ahok terus bersitegang di berbagai media. Dan belakang ini mulai mereda, Ahmad Dhani tidak merecoki Ahok sebagai orang nomor satu di Jakarta, sebab ia harus sibuk mempersiapkan diri untuk maju di Pilkada Bekasi 2017. Ia mendaftar sebagai calon Wakil Bupati di Bekasi atas dukungan Parta Gerindra, dan terdengar pula dalam waktu dekat ini ia akan menjadi kader Gerindra. [Asmara Dewo]


Info penting: Klickberita.com di-upadate setiap Sabtu pagi.


0 Komentar untuk "Empat Musisi Indonesia Terkenal Berlabuh ke Dunia Politik "

Back To Top