Lima Grup Band Pop Indonesia yang Ngetop dari Yogyakarta - Berita Feature Generasi Muda

Lima Grup Band Pop Indonesia yang Ngetop dari Yogyakarta

Klickberita.com – Yogyakarta selain Kota Budaya dan Kota Wisata, Kota Kesultanan ini juga surganya bagi para seniman. Mereka yang berkiprah di dunia musik membentuk band yang akhirnya terkenal di Indonesia, bahkan juga internasional. Delapan band ngetop dari Yogyakarta ini sampai sekarang masih dinanti-nantikan lagu terbaru mereka.

Benar apa yang pernah Sultan Hamengku Buwono X ucapkan saat memperingati Hut Yogyakarta ke-260: Dunia seni adalah dunia tak terbatas. Generasi Yogyakarta tak hanya berkecimpung di dunia seni tradisional saja, namun menyesuaikan juga dengan seni modern.

Nah, berikut lima grup band pop Indonesia yang ngetop dari Yogyakarta, tentunya sahabat klicker akan terkenang kembali lagu mereka:

1. Letto
Grup band Letto | Foto istimewa

Ingatkah engkau kepada
Embun pagi bersahaja
Yang menemanimu sebelum cahaya
Ingatkah engkau kepada
Angin yang berhembus mesra
Yang kan membelaimu cinta…

Ya itulah beberapa bait lagu Sebelum Cahaya dari Letto di album kedua mereka, Don’t Make Me Sad. Bagaimana terkenang lagi bukan lagu keren yang satu ini? Liriknya begitu indah, alunan musiknya begitu tenang, dan suara vokalisnya menggetarkan hati para pendengar. Tak salah jika Band Letto merupakan salah satu band terbaik di Indonesia dari Yogyakarta.

Band Letto dibentuk pada tahun 2004 di Yogyakarta. Mereka beranggotakan Noe sebagai vokalis, ia juga putra dari sastrawan dan budayawan Emha Ainun Najib atau yang lebih dikenal dengan Cak Nun. Mungkin itu pula kenapa lirik-lirik lagu Letto yang diciptakan oleh Noe mengandung unsur sastra yang begitu dalam nan indah.

Baca juga: Greenday Luncurkan Album Terbaru Menjelang Pilpres di Amerika

Gitaris Letto dipegang oleh Patub, sedangkan bassisnya Letto Arian. Dan Terakhir drummer mereka adalah Dhedot. Keempat personil Letto ini sudah bersahabat sejak di SMU 7 Yogyakarta. Kemudian setelah lama berpisah, akhirnya di masa kuliah mereka berjumpa kembali dan mulai berkarya lewat musik.

2. Sheila on Seven
Sheila On Seven | Foto istimewa

Kupetik bintang
Untuk kau simpan
Cahayanya tenang
Berikan kau perlindungan

Sebagai pengingat teman
Juga sebagai jawaban
Semua tantangan…

Band yang satu ini tak hanya jago ciptakan lagu-lagu romantis, namun jago pula ciptain lagu bertemakan sahabat, seperti bait lagu di atas yang berjudul Melompat Lebih Tinggi. Mungkin sahabat klicker tentu senang lagu Sahabat Sejati dari Sheila On Seven? Ya, ini juga lagu yang keren habis untuk persahabatan.

SO7 adalah grup band dari Yogyakarta yang dibentuk pada tahun 6 Mei 1996. Band ini merupakan kumpulan dari sekolah-sekolah di Kota Pendidikan tersebut. Duta sebagai vokalis berasal dari SMA 4 Yogyakarta, Adam sebagai basis dari SMA 6 Yogyakarta. Sedangkan sang gitaris SO7, Eros, dari SMA Muhammadyah 1, dan gitaris 2 ada Sakti, namu Sakti hengkang dari SO7 pada tahun 2006. Terakhir drummer SO7, adalah Anton, namun pada tahun 2014 sudah digantikan oleh Brian.

3. Jikustik
Jikustik saat masih ada Pongki dan Icha di Cover Album Jikustik
Kapan lagi kutulis untukmu
tulisan tulisan indahku yang dulu
pernah warnai dunia
puisi terindahku hanya untukmu

mungkinkah kaukan kembali lagi
menemaniku menulis lagi
kita arungi bersama
puisi terindahku hanya untukmu

Bagi kamu yang suka banget menulis puisi dan nge-fans sama Jikustik, pasti sepakat, ya, lagu Puisi ini merupakan lagu yang paling romantis dan inspiratif? Bukan tanpa sebab kan sahabat klicker, karena memang menulis itu butuh bintang inspirasi, seperti yang dibilang Dee, dalam novel Perahu Kertas.

Baca juga: Empat Musisi Indonesia Terkenal Berlabuh ke Dunia Politik

Bagitu juga menulis puisi, jika puisi itu ditulisakan pada sesorang yang kita cintai, duh… itu puisi bakan keren abis deh. Oh iya, kamu pernah menulis puisi untuk seseorang? Mungkin sahabat, wanita atau pria yang kamu cintai, mungkin juga untuk orangtua?

Grup band Jikustik berdiri pada tahun 1996, awal personilnya adalah Pongki sebagai (vokalis dan gitaris), Icha (bass dan backing vokal), Dadi (gitar dan backing vokal), Adhit (keyboard), dan Carlo (drum). Pada tahun 2010 band Jikustik sepat vakum, sang vokalis Pongki akhirnya keluar pada tahun 2011, kemudian digantikan oleh Bryan. Kemudian di tahun 2012 Icha ikut hengkang dari Jikustik, lalu posisinya digantikan oleh Bayu.  

4. The Rain
The Rain | Foto Kapanlagi
Genggam tanganku jangan bimbang
Tak usahlah lagi dikenang
Naif diri yang pernah datang
Jadikan pelajaran sayang

Dengar bisikanku oh dinda
Coba lapangkan dada kita
T'rima aku apa adanya
Jujur hati yang kita jaga.

Saya tidak berani bilang apakah lagu Dengar Bisikku,  dari The Rain ini yang paling romantis, karena memang rata-rata band dari Yogyakarta tersebut bertemakan romantis. Namun lagu di album perdana mereka ini memang mampu membius para pendengar musik di tanah air. Tak heran, jika kedatangan mereka di belantara musik Indonesia disambut sangat antusias oleh penyuka musik pop.

Nama grup band The Rain pertama kali dipublikasikan saat manggung di acara UGM, pada tanggal 31 Desember 2001. Empat personil ini bernama Indra Brasta (vokalis), Iwan Tanda (gitaris dan backing vokal), Ipul Bahri (bassist), dan Aaang Anggoro (drummer).

Di tahun 2013 The Rain menciptakan lagu bersama Endank Soekamti berjudul Patah Hati. Lagu ini sangat kocak, dan sudah pastinya keren. Apalagi Endank Soekamti yang beraliran pop punk komedi mewarnai lagu yang bertemakan sakit hati ini, jadi pas banget lagu ini untuk kalian yang sedang galau. Bisa dibilang ini lagu penawar patah hati kalian.

5. Seventeen
Seventeen | Foto sourch  Viva
Kau jaga selalu hatimu
saat jauh dariku tunggu aku kembali
kumencintaimu selalu
menyayangimu sampai akhir menutup mata

kau mampu membuatku tersenyum
dan kau bisa membuat nafasku lebih berarti…

Tentu masih ingat, ya, lagu seventeen yang satu ini? Romantis, slow, dan cukup dalam liriknya. Tak salahlah kiranya jika ingat Seventeen pasti ingat ingat lagu yang ini.

Grup band Seventeen dari Yogyakara tersebut dididirikan pada tahun 1999. Personil band ini pun juga ada yang keluar-masuk. Awal mulanya Seventeen beranggotakan, Yudhis Rus Harjanto (gitaris), Herman Sikumbang “Zozo” Angga (gitaris), dan Windu Andi Darmawan (drummer), kemudian disusul oleh M. Awal Purbani alias Bani (bassist). Dan setahun kemudian Doni bergabung mengisi sebagai vokal. Untuk nama seventeen sendiri terinspirasi karena pasa saat itu usia mereka semua 17 tahun.

Baca juga: Marjinal, Punk Rock Indonesia Terbaik yang Mendunia

Pada tahun 2008, Zozo, Andi, dan Doni hengkang dari Seventeen. Lalu seventeen mengadakan audisi untuk mencari vokalis mereka yang baru, kemudian Seventeen pun menemukan seorang vokalis bersuara pop, yaitu Riefian Fajarsyah alias Ifan. Di album ketiga Seventeen, Yudhi kembali bergabung, lalu keluar lagi pada tahun 2013.

Nah, bagaimana setelah membaca artikel ini, pasti kamu kangen, kan, ingin dengar lagu mereka? Silahkan putar lagi lagu-lagu mereka, biar bernoslgia dengan band ngetop dari Yogyakarta ini. Dari kelima band pop di atas, band mana sih yang paling kamu suka? [Asmara Dewo]
0 Komentar untuk "Lima Grup Band Pop Indonesia yang Ngetop dari Yogyakarta"

Back To Top