Tips Diet Ibu Hamil, Suami Juga Harus Tahu - Berita Feature Generasi Muda

Tips Diet Ibu Hamil, Suami Juga Harus Tahu

Klickberita.com-Ibu hamil harus cerdas memilih makanan untuk tubuh dan bayinya di dalam kandungan. Tidak sembarangan makan atau minum sesuai selera saja. Hal ini disebabkan karena bisa mengganggu kesehatan si bayi, baik di dalam perut, maupun saat proses bersalin.


Diet saat hamil ini mencoba memberikan pencerahan kepada ibu hami agar kiranya bisa menjaga makanannya dalam sehari-hari. Kita tahu bahwasanya ibu hamil itu banyak maunya alias ngidam. Mau ini, mau itu. Tak jarang pula sang suami pontang-panting memenuhi permintaan ‘aneh’ istrinya tersebut.


Mulai dari minta es krim di malam hari, sampai mau makan durian yang jatuh dari pohonnya langsung. Bayangkan betapa sulitnya seorang suami pada masa-masa seperti itu. Beredar mitos di masyarakat luas bahwasanya jika tidak memenuhi permintaan istri nanti anaknya suka ngences atau ileran.


Ilustrasi diet ibu hamil | Istockfoto


Makanan memang sangat dibutuhkan manusia, terlebih lagi bagi ibu hamil. Karena asupan makanan itu tak hanya untuk dirinya sendiri, tapi juga untuk si buah hati di perut. Meski begitu ibu hamil harus pintar-pintar menahan selera makannya alias diet, memilih mana makanan yang baik dan buruk bagi kandungannya.

Hijab


Nah, untuk itulah ada tips diet saat hamil yang dikutip dari buku Program Diet Ibu Hamil karangan Bunda Ira Haryani, yang bisa mencerahkan ibu hamil dalam menjaga 
kesehatan dan jabang bayinya:


1. Kontrol Mengidam saat Kehamilan


Apapun penyebabnya, setiap wanita hamil tahu bahwa mengidam suatu makanan hampir mustahil untuk mengabaikannya, apakah mereka termasuk makanan bergizi atau tidak sehat.


Sementara untuk lemak-sarat makanan yang mungkin juga kaya gula dan natrium dapat diatasi dengan menggunakan strategi ini:


-  Makan secara teratur untuk menjaga kadar glukosa darah stabil. Keinginan untuk makanan yang manis mungkin hasil dari kelaparan intens.


- Tetaplah pada rencana makan seimbang dengan kalori yang memadai untuk kehamilan Anda, dan pertimbangkan untuk membagi kalori Anda menjadi enam porsi kecil dari makanan sehat.


-  Pasokan makanan pada protein, karbohidrat, dan beberapa lemak untuk membuat Anda puas.


- Tanyakan pada diri Anda ini: Apakah saya lapar atau hanya keinginan dengan kenyamanan? Ketika kehamilan membuat Anda kelelahan, cobalah untuk istirahat, bukannya meraih camilan.


Cobalah tidur siang singkat, berjalan 10 menit, membaca, menonton film, atau apapun yang membantu Anda bersantai, asalkan itu aman.


2. Camilan yang Baik saat Kehamilan

Sebenarnya sangat mudah memilih camilan baik saat hamil, yaitu makanan yang sehat dan bergizi. Tapi sebenarnya pemiliihan camilan sehat tentu akan lebih tepat dilakukan dalam keseharian Anda meskipun tidak hamil.


Ketika ada camilan di hadapan Anda, jangan asal makan. Kenali komposisi makanan tersebut dan pikirkan akan memberikan dampak negatif atau positif.


Jika lebih cenderung berefek negatif Anda bisa menggantinya dengan jenis makanan yang lain. Seperti contohn di bawah ini:

a. Keripik

- Kue yang terbuat dari tepung beras.

- 1 ons kacang atau biji bunga matahari.

- Popcorn rendah lemak.

b. Es Krim

- 100 kalori es krim rendah lemak.

- Kopi rendah lemak atau yoghurt.

- Smoothie dibuat dengan buah dan yoghurt.


3. Cokelat

- Pudding cokelat siap dengan susu rendah lemak.

- Cokelat panas atau susu cokelat yang dibuat dengan susu rendah lemak.

- Cokelat dicelup stroberi atau buah kering

- Choco-banana frappe dibuat dengan  1 gelas susu cokelat rendah lemak, 1 pisang ukuran sedang, dan 2 es batu




4. kue-kue

- 2 cracker dengan krim keju rendah lemak dan selai stroberi

- ½ gandum bagel dioles dengan selai kacang dan drizzled dengan madu

- Kue beras diolesi dengan part-skim ricotta chesse dan ditaburi dengan gula ¼ sendok teh dan sejumput bubuk kayu manis.


5. Permen

- Pops beku dibuat dengan jus jeruk 100% .

- Sorbet

- Buah beku

- Buah kering


3. Tips Memilih Camilan untuk Wanita Hamil


Ketika Anda mengharapkan seorang bayi dari rahim Anda, Anda harus menghindari beberapa hal seperti alkohol, rokok, dan zat lain yang dianggap berbahaya bagi perkembangan kesehatan anak Anda.


Tapi bagaimana dengan camilan seperti keripik, kue, dan permen? Meskipun diyakini mereka tidak begitu memberikan efek  yang begitu merugikan, tapi jika Anda mengetahui beberapa hal tentang makanan tersebut Anda akan membatasi mengonsumsinya.


Bila Anda sedang hamil, makan terlalu banyak dari setiap makanan ringan, sehat atau sebaliknya, dapat menyebabkan berat badan berlebih atau lebih buruk lagi obesitas yang meningkatkan risio komplikasi, termasuk diabetes gestasional dan tekanan darah tinggi.


Keadaan ini sering kali bertambah menjadi lebih buruk karena wanita sering lupa memerhatikan jumlah kalori dalam makanan tersebut.


Anda disarankan tidak mengonsumsi makanan ringan yang berlebihan jika Anda tidak menghitung jumlah kalori yang mereka berikan terhadap tubuh Anda.


4. Es Krim untuk Ibu Hamil

Es krim tidak hanya disukai anak-anak , tetapi es krim juga disukai ibu hamil. Tapi sayangnya, masih ada ibu hamil yang beranggapan bahwa es krim merupakan makanan yang berdampak buruk pada kesehatan khusus ibu hamil.


Mitos tentang ibu hamil jika mengonsumsi minuman dingin seperti es krim bisa membuat bayi besar di dalam perut menjadi momok. Sehingga, es krim dijauhi oleh ibu hamil sebagai makanan yang dianjurkan untuk dikonsumsi selama kehamilan.


Padahal, mengonsumsi es krim selama kehamilan baik untuk kesehatan ibu hamil kok. Karena bahan es krim yang banyak mengandung susu, lemak dan kalsium merupakan nutrisi yang dibutuhkan selama kehamilan.  [Asmara Dewo]
0 Komentar untuk "Tips Diet Ibu Hamil, Suami Juga Harus Tahu"

Back To Top