Seharian Meninggalkan Istana, Ini Pidato Jokowi dalam Tuntutan Tangkap Ahok - Berita Feature Generasi Muda

Seharian Meninggalkan Istana, Ini Pidato Jokowi dalam Tuntutan Tangkap Ahok

Klickberita.com – Menjelang aksi demo besar-besaran ormas Islam dalam tuntutan “tangkap Ahok”, Presiden Joko Widodo meninggalkan istana pukul 11:30 wib menuju Bandara Soekarno Hatta. 

Sebelumnya, Jokowi sempat berujar pada aksi demo damai tersebut, ia tetap di istana seperti biasa. Hal ini juga dibenarkan oleh Menteri Koordinator Kemaritimin Luhut Binsar Panjaitan.   

Joko Widodo | Foto Setgab.go.id
Diketahui Jokowi belusukan ke Bandara Soetta dalam rangka melihat perkembangan proyek kereta api di bandara. Dalam acara mendadak tersebut, Jokowi optimis pembangunan kereta api akan siap tepat waktu, pada Juli 2017.

Baca juga:

“Progres dari kota menuju bandara akan tepat waktulah selesainya, sesuai dengan apa yang saya sampaikan pada awal 2015 lalu, selesai bulan 6 (Juni) bulan 7 (Juli) 2017," ujar Jokowi di lokasi, Jumat (4/11/2016). Dilansir dari Liputan6. 

Aksi demo berlangsung damai, namun pada ba’da Isya, sempat terjadi kericuhan. Dan diduga penyulut kericuhan tersebut ditunggangi oleh politik. 

“Dan (rusuh) ini kita lihat telah ditunggagi aktor-aktor politik yang memanfaatkan situasi," kata Jokowi ketika sudah berada di Istana pada Jum’at malam. Tulis berita Republika dalam laporannya.

Mantan Walikota Solo ini pun mengklarifikasi terkait kasus dugaan penistaan agama oleh Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok akan segera diproses secepatnya.

Berikut isi pidato lengkap Jokowi soal kasus Ahok:

Bismillahirahmanirahim,

Assalamu Alaikum Warahmatullahi  Wabarakatuh

Sebagai negara demokrasi, kita menghargai proses penyampaian aspirasi melaui unjuk rasa yang dilakukan pada hari ini. Dengan cara-cara yang tertib dan damai.

Terima kasih, kami sampaikan kepada para ulama, para kiyai, para habaib, para uztad yang telah memimpin umatnya yang menyejukkan sehingga sampai Magrib tadi berjalan dengan tertib dan damai.

Tapi kita menyesalkan kejadian ba’da isya, yang seharusnya sudah bubar, tetapi menjadi rusuh. Dan ini kita lihat telah ditunggangi oleh aktor-aktor politik yang memanfaatkan situasi.

Sebelumnya, saya telah memerintahkan Wakil Presiden untuk menerima perwakilan unjuk rasa yang didampingi Menkopolhukam, Sesneg, Menteri Agama, Kapolri, Panglima TNI, Kepala Staf Kepresidenan, dalam pertemuan itu telah disampaikan bawah proses hukum terhadap saudara Basuki Cahaya Purnama akan dilakukan secara tegas, cepat dan transparan.

Baca juga:

Oleh sebab itu, saya minta, para pengunjuk rasa untuk kembali pulang ke rumah masing-masing, ke daerah masing-masing dengan tertib, biarkan aparat keamanan bekerja menyelesaikan proses penegakan hukum seadil-adilnya.

Terakhir,  saya mengapresiasi kerja keras aparat keamanan yang melakukan pendekatan persuasif, dalam menjaga situasi sehingga tetap kondusif.

Saya harap masyarakat tetap tenang dan menjaga lingkungan masing-masing sehingga situasi tetap aman dan damai.

Terima kasih..

Asssalamu Alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.[]

0 Komentar untuk "Seharian Meninggalkan Istana, Ini Pidato Jokowi dalam Tuntutan Tangkap Ahok"

Back To Top