Mengenal si Cantik Lambang Cinta, Bunga Mawar yang Menawan - Berita Feature Generasi Muda

Mengenal si Cantik Lambang Cinta, Bunga Mawar yang Menawan


Klickberita.com -- Bunga mawar, apa yang kamu pikirkan tentang bunga ini? Pasti tentang harum dan aneka warnanya yang beragam. Memang demikian gambaran keadaan fisik bunga yang menjadi favorit bagi sebagian kaum hawa tersebut.


Akan tetapi bukan itu saja. Di balik memesonanya bunga cantik itu, ternyata menyimpan keunikan yang selalu indah untuk dibicarakan. Kamu mungkin tak pernah menyangka, jika fakta berikut ini akan membuatmu semakin jatuh cinta akan pesonanya.

Ilustrasi mawar | Istockfoto

1. Sebagai Lambang Cinta

Ikon ini mulai disematkan sejak jaman Yunani kuno sebagai lambang cinta dan kecantikan. Dianggap suci untuk beberapa dewa dalam mitologi seperti Isis dan Aprodite. Hingga sekarangpun masih sama, identik pernyataan cinta seseorang. Selain itu juga banyak digunakan dalam upacara pernikahan.


2. Lambang Bunga Nasional di Beberapa Negara

Negara Inggris digunakan untuk logo lambang tim nasional rugby Inggris dan Rugby Football Union di Inggris. Negara Kanada bunga mawar liar merupakan bunga di provinsi Alberta. Di Amerika Serikat bunga ini merupakan bunga Nasional untuk beberapa negara bagian, seperti Iowa, North Dakota, Georgia dan Newyork. 

Di kota Portland di negara bagian Oregon setiap tahunnya selalu diadakan festival bunga mawar. Bahkan kota itu mendapat sebutan sebagai ‘’Kota Bunga Mawar.’’  Sebagai bunga lambang anti kekerasan pada tahun 2003 di Georgia yang dkenal sebagai Revolusi Mawar.


3. Mawar  Abadi

Forever Rose adalah hiasan berupa bunga mawar segar yang dapat disimpan untuk selamanya. Seperti dilansir Bored Panda, berkat tehnik pengawetan khusus mawar yang bisa segar dan awet selama 3 tahun. Jika disimpan dalam kubah kaca. Harganya pun cukup fantastis.


4. Gaun Mewah Mawar

Menurut berita setempat  pada tahun 2012 di China ada seorang wanita bernama Yin Mi, dilamar menggunakan gaun mewah spektakuler dengan jumlah mawar 9999  dari sang kekasih Xiao Fan. Masih dilansir Oddity Central, pria tersebut merupakan bukti cintanya. Di mana angka 9 dan 4 digambarkan mewakili jumlah bunga, agar cinta keduanya abadi. Sesuai dengan kepercayaan China terhadap angka 9.


5. Mitos Mawar Hitam dan Mawar Biru

Selain mawar merah, putih, merah jambu, kuning, hijau, orange ada juga jenis warna lain. Sering baca fiksi bahwa di dunia ini ada mawar hitam? Di mana mawar tersebut digambarkan dengan hal-hal yang menyangkut sihir dan kematian. Namun realita dikehidupan nyata, hal ini tidak tidak ada dan sekadar dongeng. 


Memang ada mawar hitam tapi tidak benar-benar berwarna hitam, tetapi merah pekat. Adalah negara Turki yang membudidayakan jenis tanaman itu, dikenal dengan nama Turkish Halfeti Rose. Sedang mawar biru dihasilkan dari pewenteran alami. Bunga mawar dicelupkan pada sebuah warna yang berwarna biru. 


Seorang ilmuwan bernama Bernard Mehrij mengklaim bahwa dirinya pada sembilan puluh tahun yang lalu berhasil membuatnya. Tapi bunga yang dihasilkan tersebut bukan berwarna biru, melainkan merah yang lebih keabu-abuan atau veilchenblau. Tehnik osmosis yang memunculkan warna ini disebut dholphinidin.


6. Mawar Terbesar di Dunia

Percayakah kamu bahwa di dunia ini ada mawar terbesar yang mencapai diameter 83 cm? Dan faktanya memang ada di California oleh Nikita Rulhokssoffski dari San Onofre. Ia mengembangkan mawar tersebut berwarna merah muda. Selain itu ada semak mawar terbesar berwarna putih bernama Lady Banksia yang ditanam di Tombstone, Arizona. Menyebar di atas punjung seluas 2700 meter persegi.


7. Sebagai Obat

Bunga mawar  beraneka macam warna ternyata juga menyimpan kenyataan menarik, di antaranya dari sekian jenis bunga itu ada yang dapat menghasilkan buah yang disebut rose hip. Buah ini mirip berry dan mengandung vitamin C yang sangat tinggi. Bisa digunakan untuk obat. Umumnya untuk memudarkan bekas luka atau jerawat kulit.


8. Untuk Dikonsumsi

Meskipun mawar hanyalah tanaman bunga, namun ternyata enak dan lezat juga untuk dijadikan kudapan. Kelopaknya yang indah dapat diolah menjadi berbagai jenis kuliner misalnya selai, sirup dan salad. 

Unik dan membuat banyak orang penasaran mencicipi. Sebab bunga mawar masih bersaudara dengan buah : apricot, apel, cery, almond, plum dan persik, karena itu dapat dikonsumsi.


9. Mawar Tertua Berusia 1000 Tahun

Mawar tertua di dunia diyakini tumbuh di dinding Katedral Hildesheim di Jerman dan keberadaanya didokumnetasikan sejak tahun 815. Menurut legenda mawar tersebut merupakan lambang legenda kemakmuran dari kota itu. Pada tahun 1945 pembom dari negara sekutu menghancurkan katedral, tapi semak mawar di sana selamat.


10. Sebagai Bahan Kosmetik
Kosmetik yang dipergunakan wanita sebagian berasal dari mawar, seperti parfum, shampo, pembersih wajah, masker wajah, luluran hingga aroma terapi. Untuk ekstrak minyak yang merupakan biang wewangian dibuat dari 2000 bunga mawar segar setiap satu gramnya.


11. Berhubungan Hal Mistis

Mawar juga selalu dikaitkan dengan hal gaib oleh masyarakat tertentu. Dirangkai bersama bunga lain untuk keperluan acara adat dan acara pemakaman. 

Di antara beragam keunikan dan manfaat bunga mawar, jika kamu jeli dapat untuk jadikan ladang bisnis. Bukankah pada umumnya orang terutama wanita sangat menggemari. Di samping itu indusri kosmetik juga memerlukannya.


Bunga mawar memang sangat menawan, memiliki keunikan tersendiri yang tidak dipunyai jenis bunga lain. Sebagai penghias halaman rumah, tanaman tersebut wajib ada. Sebab pesonanya sangat mampu menenangkan jiwa. Kamu setuju dengan pernyataan ini? [Siti Royani]

0 Komentar untuk "Mengenal si Cantik Lambang Cinta, Bunga Mawar yang Menawan"

Back To Top