Kamu Berani Terapkan 36 Quotes Bob Sadino Ini Biar Cepat Sukses? - Berita Feature Generasi Muda

Kamu Berani Terapkan 36 Quotes Bob Sadino Ini Biar Cepat Sukses?

Klickberita.com – Sebagian orang menganggap Bob Sadino pebisnis yang ‘gila’, aneh, konyol, dan ekstrem, dalam memotivasi bisnis. Ketika ia diundang sebagai pembicara kata-kata goblok pun sudah biasa terlontar dari mulutnya, kata-kata itu tak hanya di depan para anak muda saja, bahkan di depan para pejabat dan pebisnis ternama di kota.

Pria yang bernama asli Bambang Mustari Sadino, selain seorang pebisnis ulung, ia juga merupakan pelopor bisnis telur ayam Eropa, dan sayuran hidroponik. Ketika ia masih hidup, kampus-kampus ternama di negeri ini seperti IPB juga pernah mengundangnya sebagai pembicara. Bahkan para dosen sangat antusias belajar dari pria yang kerap menggunakan jins pendek tersebut.

Bob Sadino  (1933-2015) | Foto Istimewa
Soal berbagi ilmu menanam, Bob Sadino juga sangat gemar mengajarkan ilmunya terhadap para petani. Petani yang menggali ilmu Bob pun mengalami kemajuan pesat terhadap kebunnya. Dan kemudian hasil kebun itu dibeli oleh Bob. Melalui Kem Chiks, perusahaan yang didirikan Bob Sadino itu lalu mengekspor sayur-sayuran tadi ke Jepang.

Jika pakar bisnis lainnya untuk memotivasi para calon pebisnis muda dengan segala teori yang rumit, dan berkesan ribet, lain halnya dengan Bob sadino. Ia berkali-kali mengatakan di setiap acara bahwa bisnis itu mudah, tidak sulit seperti yang dibayangkan orang, yang penting laksanakan.

Jika Anda belum terlalu mengenal Bob sadino, mungkin quotes yang akan Anda baca ini bisa mengenalnya lebih dekat. Melalui Quotes yang tampak ‘sesat’ ini bisa memacu semangat Anda untuk berani memulai bisnis. Apapun bisnisnya. Dan bisa dibuktikan apakah benar apa yang dibilang Bob Sadino?

Sebagian orang mungkin tidak sependapat dengan kata-kata Bob Sadino, hal itu wajar. Namun bagi saya sendiri, apa yang diwasiatkan oleh Bob Sadino benar adanya. Karena itulah saya setuju 100 persen apa yang diucapkannya. Meski begitu sebagai catatan dari saya, sebaiknya jangan pula mengabaikan sisi pendidikan formal, sebab pendidikan formal sangat membantu kita di bisnis di kemudian hari.
Berikut quotes  Bob Sadino yang dikutip dari Buku Bob Sadino: Goblok Pangkal Kaya:

1. “Jika Anda ingin terbang tinggi seperti rajawali jangan bergaul dengan ayam kampung”

2. “Kamu ini bangun pagi mandi, pamit kerja, pakai seragam, kaki dibungkus sepatu, berangkat pagi pulang sore, bayaran nggak seberapa. Kerja apa dikerjain?”

3. “Orang lain ingin memilih kaya, aku memilih miskin. Banyak orang gagal kaya, tapi aku malah gagal miskin.”

4. “Ilmu memang berserak di mana-mana di seluruh muka bumi ini, jauh lebih banyak dibanding yang ada di dalam gedung sekolah atau kampus. Bahkan ayam pun bisa memberikan ilmu dan inspirasi yang sangat berharga.”

5. “Belajar di sekolah akan membuatmu merasa pandai. Praktik di jalanan akan membuatmu pandai merasa.”

6. “Orang sekolahan diajari ‘tahu’ sedangkan orang jalanan belajar ‘bisa’. Tentu saja orang yang ‘bisa’ akan berada beberapa langkah di depan orang yang hanya ‘tahu’.”

7. “Harus diketahui bahwa satu bisnis yang menggunakan manajemen kekeluargaan tidak harus dijalankan oleh kelompok keluarga terkait darah. Saya menjalankan ‘brotherhood system with no kinship relation.”

8.  “Pengusaha tak harus pintar dalam segala hal. Tapi meski lihai mencari orang lihai.”

9.  “Jadi pengusaha nggak butuh teori. Setelah sukses jadi pengusaha Anda bisa bikin teori sendiri.”

10. “Orang bodoh ignorance, tidak tahu apa-apa dia. Kalau dia tidak berbuat apa-apa, ya, wajarlah wong dia bodoh. Tapi kalau orang itu tahu banyak, tidak bisa melakukan apa-apa, itu namanya goblok alias stupid, hahaha.”

11.  “Hidup itu sederhana. Penuhi syarat-syaratnya, ambil hasilnya, dan terima konsekuensinya.”

12.  “Kalau mau berwirausaha, sudah jalankan saja. Ambil langkah konkret, manfaatkan modal yang sudah ada, dan jangan terlalu banyak berpikir.

13. “Semakin banyak berpikir semakin takut Anda, semakin terjerumus pula dalam pikiran Anda sendiri.”

14. “Orang goblok itu nggak banyak mikir, yang penting terus melangkah. Orang pintar kebanyakan mikir, akibatnya tidak pernah melangkah.”

15. “Saya tidak punya ide, tidak punya teori. Saya tidak pernah punya ide ataupun teori. Tapi saya hanya punya langkah, satu tindakan nyata, yang kemudian bergulir terus bergulir. Sesederhana itu, sesederhana itulah titik mulainya.”

16. “Saat yang lain terlelap, Anda bergerak.  Saat yang lain bergerak, Anda bertindak. Saat yang lain bertindak Anda sudah sukses.”

17. “Kita bisa menjadi market creator berdasarkan gagasan-gagasan yang dikombinasikan dengan pengamatan. Sayalah yang memperkenalkan sayuran yang ditanam dengan sistem hidroponik. Pasar telur yang Anda kenal saat ini, tahun 1970-an tidak ada. Sayalah yang menciptakan pasar itu. Sayalah orang yang pertama mengenalkan melon, jagung manis, dan khazanah sayur-mayur Eropa dan Jepang di Indonesia ini.”

18. “Orang lupa apa makna utama dari manajemen. Manajemen itu sesungguhnya adalah memanfaatkan orang lain untuk mencapai seseuatu. Saya menggunakan itu.”

19. “Bisnis itu hanya modal dengkul, bahkan jika Anda tidak punya dengkul, pinjam dengkul orang lain.”

20. “Kalau sudah tahu peluang itu melekat dalam tubuh kita, lalu masih bingung cari peluang, kan, itu goblok namanya! Hahaha.”

21. “Orang pintar sering menganggap remeh kata fokus. Buat dia, melakukan banyak hal lebih mengasyikkan. Sementara orang goblok tidak punya kegiatan lain selain fokus pada bisnisnya.”

22. “Bisnis, kok, titip-titipan? Kalau untung yang dititipi dapat lebih banyak. Kalau rugi uangmu bablas semua.”

23. “Orang ‘pintar’ menganggap untuk berbisnis perlu tingkat pendidikan tertentu. Orang ‘bodoh’  berpikir, dia pun bisa berbisnis.”

24. “Apa para guru yang mengajar murid-murid itu bisa menjadi teladan? Faktanya, kebanyakan guru sekolah kejuruan saat ini adalah lulusan perguruan tinggi yang hanya tahu teori, tapi belum tentu bisa mempraktikkannya. Itu namanya orang buta menuntun orang buta.”

25. “Orang pintar belajar keras untuk melamar pekerjaan. Orang goblok berjuang keras untuk sukses biar bisa bayar para pelamar kerja.”

26. “Kalau saya, ngapain risiko harus diperkecil, wong di dalam risiko itulah biasanya terletak peluang. Kalau pakai bahasa jalanan, dalam risiko itu ada duit yang jumlahnya besar sekali. Lalu kalau mau untung besar, lha, ngapain memperkecil risiko. Kalau begini siapa yang goblok?”

27. “Mereka yang jatuh dan bangun karena keringat dan darah mereka sendiri, bukan karena orangtuanya, lebih kuat di manapun dia berdiri.”

28. “Saya bisnis cari rugi. Jadi ketika saya rugi saya tetap semangat. Dan jika untung maka bertambahlah rasa syukur saya.”

29. “Prinsip usaha saya sederhana: apa yang banyak ditanyakan orang dan diperlukan orang, maka saya sediakan.”

30. “Mengalir saja dan lenturkan pikiran, maka peluang akan terlihat di mana-mana. Itulah seninya bisnis.”

31. “Keberhasilan itu adalah sebuah titik kecil yang berada di puncak segunung kegagalan. Maka kalau mau sukses, carilah kegagalan sebanyak-banyaknya.”
30. “Sekarang hidup saya hanya memberi, memberi, dan memberi. Supaya kalau saya mati saya akan tinggalkan semua pengalaman hidup di dunia ini.”

32. “Semakin goblok seseorang, akan kian banyak ilmu yang diperolehnya. Saya menggoblokkan diri sendiri terlebih dahulu sebelum menggoblokkan orang lain.”

33. “Manusia punya rencana, Tuhan menentukan. Buat apa saya membuat tujuan dan rencana, wong saya punya Mahaperencana.”

34. “Setinggi apapun pangkat yang Anda miliki, Anda tetap seorang pegawai. Sekecil apapun usaha yang Anda punya, Anda adalah bosnya.”

35. “Jadikanlah keluarga sebagai motivator dan supporter pada saat baru memulai menjalan bisnis maupun ketika bisnis semakin menguras waktu dan tenaga.”

36. “Tugasku hanya melangkah. Kadang benar, lebih sering salah. Di luar semua langkah, ada Allah.”

Bagaimana setelah membaca wasiat dari Bob Sadino? Berani langsung praktik? Kalau tidak berani juga, kapan pintarnya? Hahaha. [AsmaraDewo]

Baca juga:
5 Komentar untuk "Kamu Berani Terapkan 36 Quotes Bob Sadino Ini Biar Cepat Sukses?"

alhamdulillah udah praktek

Alhamdulillah, semoga lancar usahanya, Mas. Amin :)

Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog. - Hapus

makasih artikelnya, nancep banget... intinya langsung bertindak ya?

Benar, Mas, langsung action! :)

Back To Top