Trik Menerapkan Fashion pada Busana Kerja Pria - Berita Feature Generasi Muda

Trik Menerapkan Fashion pada Busana Kerja Pria

Klickberita.com Menjadi stylish dan nyaman saat berinteraksi dengan oran lain tidak hanya menjadi milik kaum hawa saja. Pria juga sama mereka ingin tampil semaksimal mungkin. Terutama pada mereka yang bergelut pada jenis pekerjaan tertentu, di mana dituntut untuk selalu prima.


Meski tidak begitu banyak model tapi setidaknya untuk bisa mengikuti kegiatan sehari-hari.  Misalnya saat berkerja ke kantor, tetap saja nilai sebuah kerapian dan kesesuaian pemakaian busana harus diperhatikan. Jangan sampai pergi dengan keadaan pakaian kurang rapi, tanpa disetrika terlebih dahulu, atau pengaturan warna tidak tepat dan lain sebagainya.

Ilustrasi Busana kerja pria yang menarik perhatian | Foto Istockfoto


Penerapan baju kerja tentu tidak sama, ketika berada di rumah dalam keadaan santai atau kala berjalan-jalan di luar bersama teman. Lebih menekankan kepada faktor yang telah disinggung di atas tadi. Sebab pemilihan yang tepat akan berpengaruh besar pada penilaian klien atau atasan kamu.


1. Kenali Fisik Tubuh

Mengenali fisik atau keadaan tubuh kamu itu fator utama yang perlu diperhatikan sebelum memutuskan memilih jenis busana apa yang hendak dikenakan. Ini meliputi usia, warna kulit, bentuk wajah serta tubuh. Karakter tersebut pasti berbeda pada setiap orang. Jangan tergiur saat melihat seseorang memakai mode busana tertentu lantas akan cocok juga pada dirimu. 


2. Jenis Pekerjaan yang Digeluti

Yang dimaksud di sini adalah bahwa kamu menyadari posisi di perusahaan atau di kantor tempatmu berkerja. Apakah status jabatanmu dan seringkah berada di dalam ruangan atau di luar. Karena hal itu nanti akan berhubungan dengan fashion yang hendak dipakai. Tapi hal tersebut tidak berlaku bagi mereka yang sudah ditentukan seperti pemberian seragam.


3. Perhatikan Kebersihan Diri

Berusahalah untuk merawat diri. Rambut sebaiknya tidak dipanjangkan sehingga menimbulkan kesan tidak rapi. Demikian juga pada kuku tangan, jika sudah terlihat panjang harus segera dipotong. Mandi teratur dan perhatikan pula jenis makanan yang dikonsumsi. Hindari yang banyak mengandung bawang, sebab disinyalir dapat mempengaruhi bau badan bila dikonsumsi secara berlebihan.

Baca juga:

4. Menyediakan Beberapa Item Fashion

Setelah memerhatikan dua hal tadi, ada beberapa hal terkait item fashion yang seharusnya kamu miliki. Ini untuk memudahkan saat hendak memadu-padan busana, agar tidak terkesan monoton. Berlaku buat mereka yang tidak dibatasi alias bebas dalam pengaturan busananya.

a.       Blazer
Pada pemakaiannya sebaiknya memilih jenis-jenis warna yang memberikan kesan alami. Pilihlah warna natural seperti velvet atau beludru. Blazer mudah dipadukan dengan celana model apapun asal pemilihan warnanya tepat.

b.      Celana
Celana di sini bukan yang berbentuk jeans akan tetapi celana konservatif yang umum dikenakan pria ketika berkerja secara resmi. Pilihlah warna gelap seperti hitam, charcoal, khaki, dark navy, dan coklat. Sesekali bila ingin tampil beda boleh mix dan match.

c.       Kemeja
Untuk kemeja dapat memilih model resmi dengan warna seperti putih, coklat muda, biru muda, beige, cream, plum, dark grey, mauve, kuning mustard, copper, teal, amber, cobalt, aqua, aquamarine, azure, denim, dan bronze.



d.      Outwear
Dapat diterapkan untuk mereka yang berkerja di dalam ruangan berpendingin dan ingin tampil beda. Boleh mengenakan outwear yang dipadukan dengan kemeja panjang. Mix  dan match dengan warna yang coocok.

e.       Jas
Bila hendak mengenakan jas resmi maka sebaiknya pilih yang the notch lapel yang bagian kerah atasnya tidak menyambung sehingga tampil lebih simpel dan tidak ribet. Pilih warna hitam atau navy sebab ini warna netral yang mudah disatukan dengan warna lain.

f.       Assesories
Meski berfungsi hanya sebagai pelengkap saja namun untuk sebagian orang amat membutuhkan. Seperti kacamata, belt serta jam tangan.

f.1. Pada kacamata harus menyesuaikan dengan bentuk wajah.

Bila wajah berbentuk bulat kacamata dengan sudut frame siku-siku, wajah kotak sudut frame besar agak bulat, sedang wajah bentuk hati dan dagu lancip kacamata dengan frame ala retro membuatmu tampil muda namun tidak meninggalkan kesan resmimu.

f.2. Untuk dasi yang dipakai tentu juga harus dilihat dari postur tubuh. Bila tubuhmu kecil pendek dan bulat dasi maka dasi panjang yang tepat jatuh di pinggang lebih cocok untukmu daripada dasi kupu-kupu. Bahan ringan dan lembut serta sesuai dengan kemeja yang dikenakan.

f.3. Pemakaian jam tangan diusahakan menggunakan warna netral seperti perak atau hitam yang terbuat dari logam.


g.     Sepatu
Pemakaian sepatu ada pada letak pemilihan warnanya, seperti coklat atau hitam. Itu warna paling tepat untuk jenis warna busana apapun. Belilah yang berbahan dasar kulit dan ringan saat dikenakan. Sediakan minimal tiga sampai lima jenis agar bisa di mix dan match dengan model busana berbeda. Supaya penampilan terlihat baru setiap hari.


Memang penerapan fashion pria terutama untuk busana kerja boleh dikatakan tidak terlalu rumit. Tidak seperti yang terjadi pada kaum hawa, terkenal detail model. Namun meski begitu bukan berarti kamu sebagai pria mengabaikan ini. Sebab performa yang rapi dan enak dipandang tetap menjadi kriteria utama penilaian orang. Apalagi jika profesi pekerjaan yang digeluti sekarang juga menuntut hal demikian.
Hijab


Tidak ada salahnya kamu berekspresi dengan banyak warna untuk mencari karakter yang sesuai. Misalnya ketika memilih mengenakan suatu warna, beranikan menggunakan warna lain. Tentu saja dalam hal ini tetap memerhatikan karakter tubuh. Rasakan dan temukan sensasinya kala bermain dengan banyak warna dalam fashion yang kamu kenakan. [Siti Rohayi]
0 Komentar untuk "Trik Menerapkan Fashion pada Busana Kerja Pria "

Back To Top