Pule Payung, Wisata Baru Tandingan Kali Biru - Berita Feature Generasi Muda

Pule Payung, Wisata Baru Tandingan Kali Biru

Klickberita.com – Pule Payung merupakan wisata baru yang terletak di Dusun Saropati, Desa Hargotirto, Kecamatan Kokap, Kabupaten Kulonprogo, Yogyakarta. Tema wisata ini menyuguhkan panorama Waduk Sermo, alam hijau dan gugusan perbukitan Menoreh.


Dari ketinggian sekitar 700 MDPL, tentu saja pemandangan dari bukit ini sangat indah. Sama halnya dengan Kali Biru, yang berada di atas ketinggian dengan pemandangan yang memesona, dan kemungkinan juga Pule Payung sebagai wisata baru bisa menjadi tandingan Kali Biru yang sudah sangat popular di Indonesia.

Rizka Wahyuni foto cantik di Pule Payung berlatar Waduk Sermo | Foto Klickberita, Asmara Dewo

Area di sekitar wisata itu sangat luas, pengunjung bisa sangat leluasa saat menikmati segala keindahan di sekitar. Pengelola juga banyak membuat bangunan-bangunan seperti gajebo, tempat-tempat santai, kursi, dan lain sebagainya. Nah, yang lebih keren lagi wisatawan bisa santai di sana tepat menghadap pemandangan dengan latar Waduk Sermo yang sangat eksotik tersebut.
loading...


Selain pemandangan, wisawatan juga bisa enjoye dengan permainan alam seperti outbond, di sana ada juga sepeda gantung. Pengunjung bisa bermain ria dengan mengayuh sepeda gunung di atas kabel yang sangat memacu adrenalis. Silahkan bagi Anda yang bermental baja!


Ada dua gardu pandang yang biasa dijadikan spot foto andalan di Pule Payung, yang pertama ada di bawah, sedangkan yang kedua ada di atas. Kedua tempat itu menjadi ikonnya wisata baru di Kulonprogo tersebut. Sangat cocok bagi Anda yang gemar berselfie, fotografi, atau sekadar gemar foto untuk mengabadikan traveling Anda.

Anda bisa foto dengan latar pemandangan indah di sini | Foto Klickberita, Asmara Dewo

Meskipun wisata ini masih baru, ternyata pengunjungnya mulai ramai. Terbukti saat kami di sana beberapa hari yang lalu, pengunjung berdatangan menjajal wisata kebanggan warga Dusun Saropati tersebut. Karena masih dalam proses bangunan, ketika itu kami masuknya gratis, tidak tahu kalau sekarang. Apalagi saat ini sudah lebaran, tentunya pihak pengelola akan mengutip retribusi bagi pengunjung.


Kreatifnya lagi wisata di sana adalah ada beberapa jembatan yang dibuat dari kayu dengan penopang besi. Jembatan yang pertama saat menuju ke lokasi wisata, dan kedua ada di titik lokasi wisata yang berlatar Waduk Sermo. Di sini juga pengunjung sangat senang berfoto cantik dengan segala keindahan yang disuguhkan.

Rizka melintas di jembatan yang eksotis Pule Payung | Foto Klickberita, Asmara Dewo
Nah, jika Anda saat ini sedang liburan di Yogyakarta, sangat disayangkan jika belum ‘mencicipi’ wisata baru  yang  berada di atas bukit ini. Panorama alam yang begitu memesona, udara segar khas perbukitan, dan ramahnya warga sekitar menyambut tamu. Tentu semua ini akan memanjakan liburan Anda di salah satu wisata yang bakal menjadi andalan Kulonprogo.


Jarak dari Kota Yogyakarta ke Pule Payung juga dekat, perjalanan membutuhkan waktu sekitar 1 jam lebih. Jalur terdekatnya melalui Jln. Godean, lalu Anda bisa memilih Jln. Kaligesing. Selanjutnya, tiba di Jln. Kaligesing, Anda ikuti jalan menuju Goa Kiskendo. Dari Goa Kiskendo, ambillah jalan menuju Kokap.


Melalui jalan itu Anda juga akan menjumpai objek wisata, seperti Taman Sungai Mudal, Air Terjun Kembang Soka, Air Terjun Kedung Pedut, dan Grojogan Sewu. Jalan di cukup menantang, dan tentu saja pemandangan keren. Selanjutnya Anda akan menjumpai persimpangan. Jika ke kanan menuju wisata Tebing Gunung Gajah, sedangkan ke kiri menuju Pule Payung. Nah, Anda tinggal mengikuti saja jalan tersebut sampai di Pedukuhan Saropati.


Jalanan tidak begitu baik, bahkan ada beberapa tanjakan yang sangat tinggi, dan turunan ektrem. Anda harus ekstra hati-hati, dan pastikan kendaraan yang dibawa benar-benar prima. Ada baiknya sampai di perdukuhan Saropati bertanya  ke warga setempat, sebab tidak ada petunjuk arah ke lokasi wisata, dan plang objek wisata itu sendiri. [Asmara Dewo]

Traveling ini disponsori oleh www.padusihijab.com

Baca juga wisata di Yogyakarta lainnya di bawah ini!
Wisata Yogyakarta


loading...
2 Komentar untuk "Pule Payung, Wisata Baru Tandingan Kali Biru "
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang. - Hapus

Back To Top