Sudah Pensiun Baru Sadar Betapa Pentingnya Sebuah Bisnis - Berita Feature Generasi Muda

Sudah Pensiun Baru Sadar Betapa Pentingnya Sebuah Bisnis

Secara tidak langsung, para pensiunan mengakui profesi bisnis lebih baik dibandingkan profesi lainnya. Hal ini bisa disimpulkan, cukup banyak para pensiunan baru mendirikan bisnis setelah tidak aktif lagi mereka bekerja. Mungkin pensiunan PNS, BUMN, atau juga di perusahaan swasta. 

Kenapa tidak saat muda saja mendirikan bisnis? Jadi sudah tua pun tetap menikmati hasil bisnis yang selama ini dibangun. Pada umumnya bangsa Indonesia berbudaya bekerja di perusahaan orang lain, dan mencari nafkah dengan cara super praktis. Kalau bisa pilih yang gampang, kenapa pilih yang ribet. Kan begitu, ya, budaya kita? 

Mirisnya lagi, dan ini bukan rahasia umum, mereka yang berbudaya seperti itu rela menyogok sampai ratusan juta, agar bisa jadi PNS, atau profesi lainnya di bawah naungan pemerintahan Indonesia. Maka jangan heran budaya korupsi di negara kita tidak akan pernah berakhir, kalau masih menganut budaya menyogok. 

Ilustrasi pensiunan | Foto Shuttestock
Mereka mau bekerja dan menjabat di posisi yang enak, tapi tidak mau berusaha keras. Terkadang kehidupan ini tidak adil. Tapi begitu, lihat saja hasilnya di kemudian hari, orang-orang yang curang dalam mengais rezeki ini pasti kena batunya. Kalau kehidupan tidak adil, keputusan Tuhan, Allah SWT begitu adil. 

Nah, ketika sudah tua, baru sadar masa mudanya dalam memilih profesi sudah salah dan penuh dengan kecurangan. Demi eksistensinya dalam hidup, dan mengisi hari tuanya, juga sebagai pemasukan keuangan keluarga, maka dibangunlah sebuah bisnis. Bisnis ini bisa berjalan lancar, bisa juga malah sebaliknya, alias tidak berkembang. Malah jadi tumpur. 

Pebisnis itu dicetak bukan dari karbit, yang mendadak menjadi pebisnis handal, namun sudah dipersiapkan sejak lama. Bertahun-tahun menggeluti dunia bisnis, bertahun-tahun pula seluk-beluk bisnis ia pahami, mulai dari persoalan sampai penyelesaiannya. Jangan kira bisnis itu gampang! Keliru jika menilai seperti itu.

Baca juga:
Sebelum Di-PHK, Bangun Bisnis Secepatnya!
Jangan Membuat Mereka Kaya! Tapi Buatlah Diri Kita Menjadi Kaya 
Ketika Para Blogger Dilirik oleh Perusahaan dan Pemerintahan 

Jangan heran, kenapa para pebinis pemula banyak yang tumbang, ketika bisnis yang dijalani masih berusia jagung. Karena itu tadi, pebisnis itu bukan profesi mendadak. Seberapa pun besar modal untuk mendirikan bisnis, namun minim pengalaman, atau sama sekali tidak ada pengalaman, itu bisnis bisa hancur dalam sekejap. Namun kabar baiknya adalah, bagi yang mau belajar di setiap jejak bisnisnya, bisa bertahan, dan terus berkembang. 

Sebenarnya dalam menjalankan bisnis, gampang-gampang sulit. Sulit di awal memulainya saja, ketika bisnis itu berjalan, tinggal menikmatinya saja hasil perjuangan selama itu. Sulitnya adalah tidak memulai bisnis. Ya, sulit itu karena tidak dicoba. Bagaimana bisnis itu sulit, dicoba saja belum? Jadi jangan sok tahulah!

Di setiap bidang yang ditekuni, pastilah ada problema yang dihadapi. Mulai dari tingkat masalah kecil, sedang, dan super gede. Bisnis juga begitu, tak jauh berbedalah dengan profesi lainnya. Kalau bisa menyelesaikan masa-masa sulit di profesi yang sedang Anda geluti sekarang, maka di profesi bisnis pun sama. Bukankah kita juga tahu, di mana ada kesulitan di situ pula ada kemudahan? 

Jika di saat ini usia Anda sudah di 30-an, sudah saatnya berpikir keras untuk menjalankan bisnis. Tidak ada kata terlambat untuk memulai. Dan alangkah lebih baik lagi, memulai bisnis itu ketika masih remaja. Sebab masa remaja adalah masanya untuk menimba ilmu apa saja. Salah satunya adalah menimba ilmu mencari rezeki. Nah, bisnis adalah salah satu cara untuk menyodok rezeki dari langit. 

Untuk belajar berbisnis, mulailah dari modal yang terkecil dahulu. Anda jangan pernah takut untuk mengeluarkan modal untuk bisnis, karena bisnis inilah yang bisa mengubah masa depan di kemudian hari. Masa iya, tidak mau mengeluarkan modal, sedangkan handphone-nya saja harganya jutaan.

Baca juga di Asmarainjogja.id:
Padusi Hijab Open Reseller di Setiap Kota Indonesia (Sabang-Merauke) 
Kesenjangan Sosial di Indonesia Dipengaruhi Budaya Pekerja 
Lima Dasar Utama Pedagang Cina Sukses di Indonesia

Bagi Anda yang ingin mencobanya, silahkan cari bisnis yang produknya laku keras di pasaran dengan modal yang sangat minim. Biasanya bisnis seperti ini adalah langkah awal yang baik. Jangan mudah percaya dengan orang lain, gunakan kecerdasan Anda untuk menimbang suatu bisnis yang akan dijalankan. Nah, bisnis yang menguntungkan itu ditandai dengan produk yang laris manis dijual. 

Jangan tunggu sudah tua baru memulai bisnis, sudah banyak pikunnya kalau tua. Kan, begitu, ya? Nah, jika mulai sadar, segeralah bertindak, survei sendiri bisnis yang menjanjikan, yang penting jangan salah pilih. Ingat bisnis sendiri itu tidak ada kata dipensiunkan, selamanya milik Anda. Jadi tidak ada ruginya untuk mendirikan sebuah bisnis. [Klickberita.com/Asmara Dewo]

Info: Klick Berita di-update setiap Sabtu pagi

Tag : bisnis, Kolom, pensiun
0 Komentar untuk "Sudah Pensiun Baru Sadar Betapa Pentingnya Sebuah Bisnis "

Back To Top