Ulang Tahun Yogyakarta, Sultan: Wayang Adalah Budaya yang Sangat Kreatif - Berita Feature Generasi Muda

Ulang Tahun Yogyakarta, Sultan: Wayang Adalah Budaya yang Sangat Kreatif

Klickberita.com – Di hari ulang tahun Yogyakarta ke-260, suasana sangat meriah di Tugu Yogyakarta. Ulang tahun Kota Budaya ini mengambil tema Wayang Night Carnival. Alasan mengambil tema ini agar budaya wayang tetap terjaga, dan agar lebih mempopulerkan lagi ke kancah internasional.

Selain itu budaya wayang adalah interaksi budaya internasional. “Dunia seni adalah dunia tak terbatas,” kata Sutan Hamengku Buwono X dalam kata sambutannya di HUT Yogyakarta ke-260, Jumat, (10/7/2016).

Dalam pidato kata sambutan itu, Sultan juga mengingatkan agar warga Yogyakarta akan terus membudayakan wayang.

“Wayang adalah budaya yang kreatif. Dan ini merupakan karya budayawan dan seniman sebagai penjaga nurani masyarakat,” tutur Gubernur DI. Yogyakarta tersebut.

Sultan Hamengku Buwono X dalam sambutannya di HUT Yogyakarta ke-260 | Foto Klickberita


HUT Yogyakarta  ke -260 diikuti dari 14 kecamatan dengan menyuguhkan tariannya masing-masing. Karena mengambil tema wayang pada tahun ini, tarian-tarian yang tampil seperti: tarian Gatotkaca, tarian Sri Kandi, tarian Hanuman, dan lain-lain.

Bercampurnya festival carnival dengan tarian modern dan tarian tradisional, menampilkan performa yang cukup unik. Warga dan para pengunjung berdecak kagum atas aksi penari-penari dari berbagai kecamatan itu.

Tarian Gatotkaca di HUT Yogyakarta ke-260 | Foto Klickberita.com
Pawai budaya tahunan tersebut dimulai dari Jalan Sudirman, Jembatan Gondolayu, lalu ke Tugu Yogyakarta, dan berakahir di Jalan Margo Utomo, di sebelah gedung PLN. Dan acara HUT Yogyakarta ke-260 ini dibuka langsung oleh Sultan Hamengku Buwono X bersama Walikota Haryadi Suyuti.


Saat acara akan dibuka secara resmi, anak panah yang dilepaskan dari busurnya oleh Sultan tak kunjung melesat. Berulang-ulang Sultan coba, hingga akhirnya Sultan melempar anak panah itu ke arah Tugu Yogyakarta. Dengan berasapnya anak panah itu, acara ini pun resmi dibuka. [Asmara Dewo]

Info penting: Klickberita.com di-update setiap Sabtu pagi
0 Komentar untuk "Ulang Tahun Yogyakarta, Sultan: Wayang Adalah Budaya yang Sangat Kreatif "

Back To Top