7 Sifat Pria yang Harus Diwaspadai Sebelum Menikah - Berita Feature Generasi Muda

7 Sifat Pria yang Harus Diwaspadai Sebelum Menikah


Klickberita.com – Menikah adalah hal yang sangat penting. Bahkan tak jarang orang-orang berharap hanya menikah satu kali seumur hidup. 


Terlebih lagi bagi wanita yang kebanyakan tercuci otaknya oleh dongeng-dongeng manis pengantar tidur. Tentang wanita dan pangeran yang saling cinta, lalu menikah dan hidup bahagia selamanya.

Ilustrasi pengantin pria | Istockfoto

Namun hidup berumah tangga bukanlah jalan mulus yang selalu lurus, melainkan penuh tantangan, lika-liku, rintangan yang membentang panjang, sepanjang usia perkawinan itu sendiri.


Dengan berbekal iman, keyakinan dan cinta kasih satu sama lain, pasangan yang menikah bisa bertahan hingga puluhan tahun bahkan hingga maut memisahkan.


Namun perihal hidup dan masa depan memang tak bisa ditentukan. Yang bisa kita lakukan sebagai manusia hanya berusaha dan berdoa supaya hidup kita tetap lurus di jalan yang diridhoi Allah.

Ada beberapa orang yang kemudian menjadi takut untuk menikah, padahal menikah adalah ibadah. Bila dijalani dengan iklas, menikah bisa menjadi berkah dan terasa indah.


Pasangan yang tepat bisa membawa kehidupan kita menjadi lebih baik. Sebelum memutuskan seorang laki-laki adalah pasangan yang baik, berikut ini adalah sifat-sifat lelaki yang harus diwaspadai wanita apabila ingin menikah dengannya.


1. Suka Menunda

Seorang lelaki akan menjadi pemimpin dalam rumah tangga. Maka, dibutuhkan sikap yang sigap dan tanggap dalam menjalankan segala sesuatu.


Kebiasaan menunda, akan membuat masalah semakin membesar. Misalnya menunda membayar tagihan saja bisa kena denda administrasi, apalagi bila menunda memeriksakan anggota keluarga yang sakit. Karena itu bisa berakibat fatal.


2. Kebiasaan Menunggu Piutang Dikembalikan

Saat masih lajang tak jarang laki-laki kurang perhitungan terhadap uang. Sehingga dengan mudah meminjamkan pada teman.


Seperti yang kita ketahui, bahwa uang yang sudah dipinjamkan biasanga agak sulit untuk kembali dan butuh usaha ekstra dalam menagihnya. Apalagi bila si peminjam memiliki banyak tanggungan.


Memang tak ada salahnya bila mengharap sesuatu yang memang milik kita, tapi ada baiknya diimbangu juga dengan terus bekerja agar tidak bergantung pada uang yang dipinjamkan dan belum jelas kapan kembalinya.


Seorang laki-laki yang baik dan tegas akan berusaha mendapatkan uangnya kembali, disamping terus bekerja agat tetap punya penghasilan.


3. Membiarkan Wanita Membayar Makanan

Sekilas memang tak ada salahnya seorang wanita membayar makanan atau tiket nonton. 

Karena dalam berpasangan harus bisa saling melengkapi. Laki-laki juga sesekali harus membayar makanan dan lain-lain. Bila yang terjadi justru sebaliknya, maka bicarakan baik-baik.


Adakah laki-laki itu punya niat serius? Atau jangan-jangan dia sedang memanfaatkan kebaikan hati wanita.


Seorang yang mencinta sudah pasti tidak ragu untuk saling memberi. Itu berlaku baik bagi laki-laki maupun wanita.


Jadi pastikan kamu tidak terlalu sering belanja untuk pasangan, karena bisa jadi suatu saat menikah sifat itu masih dipelihara dan akan sangat merepotkan.


4. Terlalu Mengandalkan Uang Pesangon Setelah Di-PHK

Uang pesangon biasanya jumlahnya lumayan besar. Namun hal itu bukan alasan seorang laki-laki terus mengandalkannya karena uang akan cepat habis.


Alih-alih menghabiskan uang yang ada, seorang laki-laki baik akan tetap mencari pekerjaan baru atau bahkan memulai usaha.


Dia akan terus berusaha produktif dan bangkit dari keterpurukan.


5. Terlalu Betah di Rumah Tanpa Melakukan Apapun

Terlalu betah di rumah juga merupakan hal yang perlu diwaspadai wanita. Karena, seorang laki-laki biasanya tidak betah berlama-lama di rumah.


Apabila sudah berbulan-bulan tidak bekerja namun ia masih betah di rumah dalam asuhan orangtuanya, mungkin saja dia belum cukup dewasa untuk lepas dari orangtua dan mandiri.


Rumah memang tempat teraman dan ternyaman. Akan tetapi bila tidak melakukan pekerjaan atau usaha di rumah, seharusnya seorang pemuda tak akan betah. Ia pasti akan memilih pergi menuntut ilmu atau mencari penghidupannya sendiri.


6. Jarang Meminta Maaf atau Bahkan Tidak Pernah

Meminta maaf berarti mengakui kesalahan. Seorang yang baik entah laki-laki maupun perempuan, tidak akan segan untuk meminta maaf apabila melakukan sebuah kesalahan.


Namun ada orang yang tidak terbiasa mengucapkan maaf. Orang semacam ini biasanya berpikir bahwa dia ada di pihak yang benar sehingga tidak perlu meminta maaf dan mengaku bersalah.


Sifat angkuh yang demikian akan menyulitkan ketika sudah menikah. Karena dalam pernikahan, saling memaafkan bisa menjadi obat mujarab untuk berbagai masalah mulai dari yang ringan maupun berat.


7. Suka Menyalahkan

Setali tiga uang dengam tidak mau meminta maaf, suka menyalahkan juga merupakan bentuk keangkuhan seseorang. Dalam hal ini, seorang laki-laki tidak mau disalahkan sehingga justru menyalahkan orang lain yaitu istri.


Dalam banyak kasus rumah tangga, kedua belah pihak bisa menjadi penyebab suatu masalah atau memperparahnya. Sehingga, tak jarang ada pasangan yang bertingkah dan saling menyalahkan.


Bila calon suami memiliki sifat demikian, ada baiknya bicarakan baik-baik agar bisa bekerja sama dalam membangun rumah tangga yang damai dan sejahtera bersama.


Ketimbang suka menyalahkan ada baiknya bila saling memaafkan dan menyadari kekurangan masing-masing.


Demikian 7 sifat laki-laki yang perlu diwaspadai sebelum memutuskan untuk menikah dengannya.
Bukan berarti sebuah rencana baik harus gagal karena tulisan ini. Semua hal bisa dibicarakan baik-baik sehingga tercapai sebuah kesepakatan yang saling menguntungkan agar tercapai keluarga yang harmonis.


Perlu diingat juga bahwa sifat orang bisa berubah. Banyak faktor yang bisa jadi penyebabnya. Sehingga tidak mengherankan bila sifat-sifat buruk akan berubah 180 derajat.


Apapun usaha kita menjemput jodoh, semoga selalu dalam lindungan Allah dan tetap di jalan-Nya. [Arwen Candra Tatiano]



0 Komentar untuk "7 Sifat Pria yang Harus Diwaspadai Sebelum Menikah"

Back To Top