Mengulik Manfaat Daun Pandan, Nomor 5 Menyeramkan - Berita Feature Generasi Muda

Mengulik Manfaat Daun Pandan, Nomor 5 Menyeramkan


Klickberita.comPandan beraroma wangi dan sedap. Tanaman ini termasuk tumbuhan monokotil famili pandanaceace dengan nama latin pandanus amarylifolius roxb. Sebagian orang menyebutnya pandan wangi.

Ilustrasi daun pandan | Foto Istimewa

Banyak dijumpai di pekarangan rumah atau selokan-selokan berair yang teduh. Berakar serabut dan mempunyai daun mirip dengan daun palem yang tersusun rapat. Pandan banyak sekali mengandung senyawa kimia antara lain alkaloid, saponin, flavonoid, tanin dan polifenol.


Berikut manfaat pandan bagi kehidupan manusia saat ini:


1. Sebagai Bahan Campuran Membuata Kue dan Minuman

Semua orang sudah familiar bahwa manfaat daun pandan dalam bidang kuliner untuk bahan pewangi adonan kue atau minuman segar lainnya. Selain berfungsi menambah selera saat menyantap hidangan tersebut, juga memberi warna hijau alami.


2. Sebagai Penambah Nafsu Makan

Dapat diberikan kepada anak-anak yang mengalami gangguan nafsu makan. Caranya dengan merebus beberapa lembar daun pandan. Sebelum diminum dapat ditambahkan madu atau gula.


3. Untuk Mengusir Nyamuk

Nyamuk yang menganggu dapat diusir secara alami tanpa obat nyamuk atau lotion pewangi, cukup dengan daun pandan saja. Sebab aromanya itu yang dipercaya bisa menghalau serangga tersebut. Caranya dengan mengiiris tipis daun, lalu disebarkan ke seluruh ruangan kamar sebelum tidur malam.


4. Pengusir Kutu Pada Ayam yang Sedang Bertelur

Ini dapat dilakukan bila kebetulan memelihara ayam kampung. Biasanya ayam yang sedang bertelur atau masa-masa ia akan menetaskan telur, tubuhnya sering terjangkiti binatang mungil mirip kutu. Sangat kecil hingga kamu yang berkacamata minus dan sedang tidak memakainya, tidak akan bisa melihat.


Terasa amat gatal dan panas sekali bila menggigit kulit manusia. Kamu dapat mengusirnya dengan cara memberi rajangan daun pandan. Letakkan ini di tempat di mana ayam tadi akan bertelur dan mengerami. Jika mereka telur sudah menetas, segera bersihkan. Agar tidak dijadikan sarang binatang itu lagi.


5. Sebagai Pelengkap Rangkaian Bunga pada Acara Pemakaman

Daun pandan yang sudah dipotong dan dibersihkan | Foto Istimewa


Yang ini fakta seram, sebab daun pandan ini juga ternyata digunakan sebagai pelengkap dalam rangkaian bunga pada acara pemakaman. Kamu sering melihatnya bukan? Daun pandan dirangkai bersama dengan aneka bunga lain seperti kenanga, mawar, melati, dan aneka bunga-bunga lain.


6. Mencegah Penyakit Rematik

Penyakit ini sering diderita oleh mereka yang sudah berumur dan lanjut usia. Untuk mencegahnya dapat mengambil manfaat dari daun pandan. Mengaduk tiga lembar daun bersama minyak kelapa. Ditunggu beberapa saat kemudian digunakan memijat bagian yang sakit.


7. Mengatasi Tekanan Darah Tinggi

Keluhan darah tinggi juga bisa diatasi dengan rutin meminum ramuan daun pandan. Direbus bersama dua gelas air, diminum pagi dan sore hingga kolesterol turun.


8. Penyegar Nafas dan Bau Mulut

Punya masalah bau mulut dan nafas, gunakan daun pandan untuk mengatasi. Kunyah secara langsung daun pandan yang sebelumnya telah dicuci bersih, lalu keluarkan dari mulut dan segeralah berkumur.

9. Mengatasi Wasir dan Diare

Zat tanin yang ada dalam pandan dipercaya dapat menyembuhkan wasir dan diare. Caranya dengan merebus daun pandan lalu meminumnya.


10. Untuk Mengatasi Sembelit

Sembelit terjadi sebab tubuh kekurangan bahan makanan yang mengandung serat, seperti buah-buahan, serta dehidrasi. Kamu dapat mengatasi ini dengan cara minum jus pandan setiap pagi dan sore hari. Atau dapat pula dijadikan teh pandan. Cara lain dengan merebus beberapa lembar daun pandan dengan air, setelah dingin baru diminum.


11. Sebagai Penurun Panas

Suhu tubuh yang tinggi dapat disembuhkan dengan daun pandan. Dengan menyeduhnya dengan air panas lalu diminum. Resep ini banyak direkomendasikan dokter kepada pasien yang mengalami demam.


12. Mengobati Luka Bakar

Luka bakar ternyata juga bisa disembuhkan dengan menumbuk daun pandan lalu ditempelkan ke bagian yang sakit, boleh ditambah pasta gigi. Mengapa daun pandan juga bisa digunakan untuk mengatasi ini, sebab mengandung senyawa tanin. Diyakini bisa menyembuhkan luka. Caranya daun pandan diiris tipis kemudian ditempelkan ke bagian yang sakit. Atau dapat pula dengan merebus lalu meminum airnya.


13. Mencegah Kanker

Di dalam daun pandan juga terdapat zat flavlonoid yang berfungsi sebagai antioksidan atau penangkal radikal bebas. Di mana bisa untuk perisai tubuh dan mencegah kanker. Zat karsinogen merupakan penyebab utama kanker. Minum teh yang dicampur daun pandan akan membantu mencegah terjadinya penyakit ini.


14. Sebagai Obat Penenang

Daun pandan juga mengandung zat alkaloid yang merupakan senyawa yang terdapat  pada daun pandan. Senyawa ini akan memberi efek tenang bagi seseorang. Caranya dengan mencampur daun pandan pada teh yang akan diminum.


15. Mengatasi Rambut Rontok, Ketombe dan Menghitamkan Rambut

Zat saponin banyak terdapat pada daun pandan, karena itu dipercaya dapat mencegah rambut rontok dan ketombe. Maka tak heran daun pandan juga menjadi salah satu komoditi berharga dalam industri kecantikan. Sebab fakta membuktikan banyak shampo yang menggunakan daun pandan sebagai salah satu bahan bakunya. Selain itu juga dapat mengatasi masalah kerontokan dapat untuk menghitamkan rambut.


Begitu banyak ternyata manfaat dari daun pandan ini, selain digunakan dalam campuran pembuatan kue dan minuman, digunakan pula dalam bidang kesehatan. Mengingat banyaknya manfaat yang dimiliki si daun hijau harum tersebut, maka tak ada salahnya bila pekarangan rumah kamu tanami. Relatif mudah dirawat serta tidak membutuhkan perlakuan khusus. Asal berada di tempat teduh dan mengandung banyak air, sudah dapat tumbuh subur. [Siti Rohayi]

0 Komentar untuk "Mengulik Manfaat Daun Pandan, Nomor 5 Menyeramkan"

Back To Top