Myanmar Berencana Memulangkan Warganya dari Bangladesh - Berita Feature Generasi Muda

Myanmar Berencana Memulangkan Warganya dari Bangladesh

Klickberita.com – Mengungsinya warga Myanmar ke Bangladesh akan ditarik kembali oleh Myanmar. Sekitar 2.415 warganya melarikan diri akibat pembantaian militer di negara bagian Rakhien. 

Rencana pemulangan warga ini disampaikan oleh direktur jenderal di Kementerian Luar Negeri Myanmar, Kyaw Zaya.

Menlu Retno kunjungi kamp pengungsi Rohingya (Foto Dokumentasi Kemlu)
“Hanya ada 2.415 warga Myanmar, jika merujuk pada data kami,” kata Kyaw Zaya, Sabtu (31/12/2016), seperti dikutip Liputan6 dari Reuters.

Baca juga:

“Kami selalu mengacu pada data kami,” imbuhnya, seraya menambahkan ia tidak tahu menahu tentang 300.000 warga yang disebut dalam laporan lainnya. 

Meski demikian, tak secara eksplisit dijelaskan siapa warga yang akan dipulangkan pada tahun 2017 tersebut, apakah warga Muslim Rohingnya atau bukan. 

Sebelumya, Bangladesh memanggil Duta Besar Myanmar di Dhaka untuk menuntut repatriasi awal seluruh warga negara Myanmar dari negara tersebut. 

Selain itu Bangladesh juga mendesak pemerintah Myanmar untuk segera menangani akar penyebab masalah. Pihak Dhaka juga menegaskan, pihaknya siap mendiskusikan proses dan modalitas repatriasi dengan Myanmar. 

Sudah selama beberapa dekade, Myanmar berpendapat Muslim Rohingya di negaranya merupakan imigran gelap dari Bangladesh sehingga mereka tidak memiliki kewarganegaraan. Sementara Bangladesh mengklaim bahwa Muslim Rohingya adalah warga Myanmar dan mereka menolak memberikan status pengungsi. [Asmara Dewo]

0 Komentar untuk "Myanmar Berencana Memulangkan Warganya dari Bangladesh "

Back To Top