Tak Hanya Perangi Narkoba, Duterte Juga Perangi Rokok dan Alkohol - Berita Feature Generasi Muda

Tak Hanya Perangi Narkoba, Duterte Juga Perangi Rokok dan Alkohol

Klickberita.com – Kiprah Presiden Filipina memerangi narkoba cukup mengagumkan. Kini pejahat narkoba sudah tak berkutik untuk merusak generasi muda Filipina lagi dengan narkoba. 

Atas perang narkoba ini pula, setidaknya sekitar 3.000 orang meninggal atas kejahatan narkoba yang terjadi di negara tersebut.

Presiden Filipina Rodrigo Duterte | Foto Reuter
Kini Duterte siap memerangi rokok di negaranya, dan segera menandatangi Undang-undang larangan merokok secara nasional. Menteri Kesehatan Filipina Paulyn Ubial mengatakan larangan merokok ini akan berlaku di semua tempat umum, baik di luar ruangan maupun di dalam ruangan.


“Area taman, stasiun bus, dan dalam kendaraan juga dikategorikan sebagai tempat umum. Selain itu, Kementerian Kesehatan ingin melarang sepenuhnya iklan terkait rokok dan area merokok di dalam gedung,” kata Ubial, tulis Tempo dalam beritanya yang dilansir dari IB Times pada 11 Oktober 2016.

Saat ditanya tentang reaksi industri tembakau terhadap peraturan itu, Ubia mengatakan hal tersebut tidak akan berpengaruh. Jika menentangnya, berarti melawan Presiden Duterte. Ia juga menyatakan Duterte akan menandatangai Undang-undang pelarangan merokok dalam bulan ini.

Duterte mengklaim, kebiasaan merokok berdampak buruk pada pengisap dan penghirup asap rokok. Rappler juga melaporkan dalam beritanya, bahwa suatu ketika Duterte memaksa seorang turis asing menelan punting rokok ketika mereka menolak mengikuti larangan merokok di Davao, Filipina.


Selain merokok dalam kampanye Duterte tahun ini, mantan Walikota Davao ini juga memperingatkan akan menerapkan larangan alkohol di tempat umum.


Memang sebelum menjabat menjadi Presiden Filipina, di masa kampanye Duterte bersumpah akan memberantas narkoba, demi menyelamatkan generasi muda bangsanya. Janji-janji Duterte bukan isapan jempol belaka, kini ia sudah memenuhi ucapannya. [Asmara Dewo]

Info Penting: Klickberita.com di-update setiap Sabtu pagi
0 Komentar untuk "Tak Hanya Perangi Narkoba, Duterte Juga Perangi Rokok dan Alkohol"

Back To Top