Wisata Batu Busuk, Apakah Memang Sebusuk itu? - Berita Feature Generasi Muda

Translate

Wisata Batu Busuk, Apakah Memang Sebusuk itu?

Klickberita.com-Kota Padang memang cukup panas, pada siang hari bisa tembus 32°-33°. Tak heran warga cukup gerah dengan suhu seperti itu, terlebih lagi warga pendatang yang belum terbiasa dengan cuaca di Kota Padang. Namun ada saja ide bagaimana menikmati hari-hari yang begitu panas, salah satunya adalah berenang di sungai.

Wisata alam Batu Busuak merupakan salah satu tempat pemandian yang direkomendasikan di Kota Padang. Sungai yang mengalir ini memang menjadi dambaan rekeasi para keluarga dan kaum muda, karena sungai itu ukurannya mulai sebetis orang dewasa sampai ke leher orang dewasa. Jadi anak-anak juga bisa mandi bebas di area yang dangkal.

Sebenarnya di sana tidak hanya pemandian alam saja yang bisa dinikmati, tetapi juga wisata heritage atau wisata sejarah. Karena di sekitar wisata terdapat beberapa peninggalan sejarah Belanda, seperti Jembatan Gantung, Lubang Belanda, Jenjang Teka-Teki, PLTA Kuranji, bendungan, dan saluran irigasi tujuh tingkat.

Pengunjung begitu ramai di Wisara batu Busuak | Asmarainjogja.id/Asmara Dewo

Aia batang, begitu orang Minang biasa menyebut aliran sungai. Sungai ini selalu jernih, karena permukaannya pasir dan bebatuan. Hijau Toska jika berpantulan dengan sinar matahari menjadi foto yang ciamik saat diabadikan. Kita bisa melihat foto yang beredar di media social, betapa indahnya Batu Busuak. Dan kenyataannya memang seperti itu, bestie.

Kami ke sana sebelum masuk hari Puasa, 27 Maret 2022, saat itu kami membeli nasi bungkus dan es teh dari luar. Ternyata menyantap bekal di sana seru sekali. Kami juga melihat satu keluarga yang datang ke sana meenghidupkan api untuk merebus air. Tidak berapa lama kemudian keluarga itu menyeduh minuman panas dalam gelas plastik. Wisshhh, seru banget, ya?

Setelah makan dan istirahat sebentar, saya melompat ke pemandian alam tersebut, menikmati segarnya air Batu Busuak. Rizka tidak mau mandi, dia lebih suka menyantai menikmati syahdunya alam sekitar sembari dokumentasi travelling kami.

Terlihat betapa jernihnya Batu Busuak | Asmarainjogja.id/Asmara Dewo

Ikan di sana banyak sekali dan jinak, sepertinya mereka ingin menyapa siapa saja yang berenang. Nah, jika diberi makanan, mereka berkerumun dan memutari makanan sambil menyantap cepat. Namun ikan itu bukan sembarang ikan. “Tidak boleh dipancing atau dimakan. Kalau memang mau sebentar lagi panen, nih. Datang saja saat panen,” kata salah satu petugas pengelola kepada kami.

“Oh, ikan itu nanti dibagi-bagikan ke warga, ya?” Tanya Rizka.

“Iya, nanti panennya juga bersama warga.”

“Itu ikan baung?” Rizka penasaran.

“Bukan! Itu ikan gariang.”

Meskipun air sungai itu mengalir, tapi tidak begitu deras, jadi tidak perlu khawatir jika hanyut. Kecuali memang saat musim hujan, tentu itu berbeda. Selain itu di sana banyak sekali bebatuan yang cukup besar, meski hati-hati jika melintasi sungai atau bermain-main.

Ada dua area parkir di sana, pertama di warung sebelum tanjakan Batu Busuak, dan kedua parkir utama. Menuju parkir utama setelah melewati tanjakan yang cukup tinggi, harus pula melewati jembatan gantung. Jembatan itu hanya boleh dilewati satu kendaraan saja. Jadi saling bergantian kendaraan yang akan melintas.

Tersedia warung juga di Wisata Batu Busuak | Asmarainjogja.id/Asmara Dewo

Tidak perlu khawatir juga jika tidak membawa makanan, di sana tersedia kantin dengan harga yang cukup murah. Ada gorengan, jajanan, kopi, teh, dan lain sebagainya.

Jarak dari Kota Padang ke Batu Busuak tidak begitu jauh sekitar 15 Kilometer dengan jarak tempuh 30 menit. Jika pernah ke Universitas Andalas, nah, sebenarnya satu rute ke sana. Akses jalan ke wisata itu cukup bagus, karena infrastukturnya mendukung. Nah, untuk tiket masuknya juga murah banget, Rp3.000 per orang. 

Artikel ini telah tayang di www.asmarainjogja.id dengan judul Pemandian Wisata Alam Batu Busuak “Obat” Panasnya Kota Padang


@asmarainjogja Wisata alam Batu Busuak memang rekomended untuk dikunjungi, Bestie. Airnya jernih dan sejuk, cocok untuk healing 😃 #RamadanKembaliKuat #BatuBusuak #infowisata #FYP #foryoupage #tiktoktravel #tiktoktraveling #wisatapadang #wisatasumbar #river ♬ Aku Mau - Putri Ariani
0 Komentar untuk "Wisata Batu Busuk, Apakah Memang Sebusuk itu?"

Back To Top