Tips Mencegah dan Mengurangi Keluhan Mata Minus - Berita Feature Generasi Muda

Tips Mencegah dan Mengurangi Keluhan Mata Minus

Klickberita.com – Mata minus sudah bukan hal baru di jaman sekarang. Hampir dipastikan keluhan ini dialami oleh semua orang, tidak peduli anak-anak maupun orang dewasa. Pengaruh etnis, keturunan, kebiasaan buruk seperti menatap gadged, menonton teve, membaca dan menulis serta penyakit seseorang ditengarai sebagai pemicunya.

Ilustrasi memakai kacamata | Istockfoto


Mata minus disebabkan kondisi kelainan pada mata terjadi karena retina bagian mata tidak dapat menangkap cahaya secara fokus. Akibatnya tidak bisa melihat dengan baik pada obkek jarak jauh. Cara mendeteksi gejala ini sangat mudah yaitu  pandangan yang mulai kabur, sering merasakan pusing, perut mual dan ingin muntah. Ada berbagai metode agar dapat tetap melihat jelas, seperti memakai kacamata, lensa kontak hingga melakukan operasi lasik.


Cara supaya tidak terserang mata minus dapat dilakukan dengan berbagai cara di antaranya:          

 1. Jangan membaca dan menulis dilakukan di tempat terang dengan jarak tidak terlalu dekat.

 2. Memberi jeda atau waktu istirahat, misalnya pergi keluar rumah untuk jalan-jalan sebentar melihat jarak jauh.

 3. Gunakan kacamata pelindung saat berada dalam perjalanan mengendarai motor.

 4. Latihan melihat jarak jauh dan fokus pada semua obyek.



Mata kita sangat membutuhkan banyak mineral dan vitamin, sama seperti anggota tubuh yang lain. Misalnya kalsium, mangan, vitamin D, vitamin C, dan bioflavonoid. Dan itu bisa didapat salah satunya dengan mengonsumsi makanan sehingga dapat mencegah datangnya keluhan ini, seperti pada:

1. Ikan

Ikan seperti : salmon, tuna,makarel,dan sarden, banyak mengandung asam omega 3 di mana mineral yang mencegah terjadinya katarak

2. Sayuran

Sayuran hijau brokoli dan kacang polong banyak terdapat zat luthein, dan xeaxanthin juga antiolksidan. Di mana dua zat tersebut juga bisa mengobati dan mencegah terjadinya katarak dan pembentukan lapisan pada kornea mata.

Baca juga:
Beragam Khasiat Daun Kemangi, Bisa Juga untuk Kesuburan Pria
Tips Sehat Mengatasi Disminore pada Saat Menstruasi
12 Fakta Unik Bunga Kenanga, Kamu Bakal Penasaran
Mengulik Fakta Unik di Balik Pesona Bunga Melati, Nomer 7 Bikin Merinding!
Tips Agar Wajah Terhindar dari Jerawat Saat Menstruasi


4. Telur

Telur juga banyak mengandung jenis nutrisi dan sumber vitamin yang sangat baik untuk kesehatan mata seperti luhein, dan vitamin A juga ada di telur.

5.Gandum

Dalam gandum banyak terkandung vitamin E, seng, dan sianin. Ketiga mineral ini untuk mecegah kelebihan gula dalam darah, sehingga penting untuk kesehatan mata. 
6. Buah

Vitamin C juga bisa mencegah terjadinya mata minus, seperti jeruk, stroberry, lemon, anggur, jeruk bali dan markisa.

7. Kacang- kacangan

Kacang-kacangan banyak mengandung omega 3 dan vitamin E, dan itu ada di  almond, kacang postachio, mete dan walnut.

8. Sayuran dan Buah Berwarna

Sayuran dan buah berwarna juga sangat dibutuhkan untuk menjaga kesehatan mata.  Terdapat pada wortel, jeruk, tomat, paprika, stroberry, labu, blewah, melon, dan jagung.

9. Daging Sapi

Kandungan mineral seng dalam daging sapi dapat membantu penyerapan vitamin A dalam tubuh, oleh karena itu jangan lupa untuk mengonsumsi.

Ada jenis makanan yang memang dianjurkan untuk dikonsumi ada pula larangan untuk tidak mengonsumsi. Sebab disamping membahayakan kesehatan mata, juga organ tubuh yang lain. Kopi yang mengandung kafein, makanan yang banyak mengandung gula seperti permen,eskrim dan softdrink, minum alkohol, mengonsumsi gorengan secara berlebih, serta merokok.

Mengalami mata minus memang tidak dapat disembuhkan, dan jikapun bisa pasti sangat kecil kemungkinannya. Namun kamu dapat melakukan sesuatu yang bisa mencegah mata minus kamu semakin bertambah parah. Dan salah satunya dengan memerhatikan hal-hal tadi, dapat juga dilakukan dengan senam mata.        

1. Duduk dan fokuslah pada jari telunjukmu yang kamu letakkan sejauh 10 cm dari hidung. Setelah itu lihat ke belakang telunjuk lalu balik lagi ke telunjuk. Lakukan dengan menggeser kepala dan melirik.

2. Berkedip sebanyak 100 kali setiap hari.

3. Kurangi ketegangan mata dengan cara menggeser posisi duduk dan mengganti pandangan mata. Beri jeda sesaat ketika di depan komputer atau perangkat gadged lain. Mengatur pandangan mata, setiap 20 menit 20 detik.     

4. Mata juga butuh vitamin D tidak hanya tulang saja, oleh karena itu berjemurlah pada pagi hari untuk mendapatkan vitamin pada mata.

5. Melatih dan mengganti setiap objek mata yang dilihat.

6. Menggunakan tetes mata dan membilas mata dengan air hangat, untuk membersihkan kotoran yang masuk ke mata.      

7. Jangan sering-sering memakai kacamata minus supaya minus tidak semakin bertambah parah. Bila tidak begitu diperlukan, sesekali lepaskan.    

8. Melihat pemandangan hijau, di samping membuat rileks mata pikiran juga akan menjadi tenang, 

9. Melihat kendaraan lewat, memang akan pusing tapi ini bagus untuk melatih otot mata.

10. Terapi lilin dengan menempatkannya dalam suatu wadah khusus. Kemudian pandangilah lama tanpa berkedip hingga mengeluarkan airmata. Lakukan 4 kali dalam seminggu.

11. Istirahatkan mata selama 15 menit jangan memforsir penglihatan. Dengan telapak tangan gosok-gosoklah tangan hingga hangat, lalu tempelkan ke kedua kelopak mata.

12. Pijat mata usai bangun tidur.

13. Terapi daun sirih, yaitu dengan cara meletakkan daun sirih yang telah dicuci pada kedua kelopak mata sebelum tidur, dan pagi hari baru dilepas.


Menderita mata minus memang tidak nyaman, karena terlalu lama memakai kacamata terutama di ujung hidup yang terasa berat. Jika kamu belum terserang hal ini sebaiknya berhati-hati. Ingat mata adalah jendela dunia. Jadi rawatlah dengan baik agar tidak menyesal kelak di kemudian hari. Setelah terganggu baru menyesali, sebab kelalaian diri sendiri dalam merawat dan menjaganya. [Siti Rohayi]

1 Komentar untuk "Tips Mencegah dan Mengurangi Keluhan Mata Minus"

Artiel yang bermanfaat untuk mencegah mata minus ini, jika berkenan baca artikel saya tentang kacamata juga disini : https://www.maschun.com/2018/01/pilihan-kacamata-berkualitas-dan-pelayanan-terbaik-di-optik-tunggal.html

Back To Top