Pantai Kukup, Pesona Pantai ala Tanah Lot Bali - Berita Feature Generasi Muda

Pantai Kukup, Pesona Pantai ala Tanah Lot Bali

Klickberita.com – Gunungkidul, yang terletak di selatan Yogyakarta ini merupakan surganya wisatawan menikmati pantai. Pantai yang berjejer di sepanjang Gunungkidul itu pula memiliki khas tersendiri dibandingkan pantai lainnya di Indonesia. Keunikan itu antara lain adalah batu karangnya yang cadas, tebing-tebing yang menjulang tinggi, bahkan ada beberapa pantai dengan bebatuan gunung api purba. Ini hanya secuil uniknya pantai di Gunungkidul.

Saking banyaknya pantai di daerah tersebut, wisatawan sendiri terkadang bingung pantai mana yang ingin dikunjungi. Jika semua ingin dikunjungi tentulah beberapa hari pun tak akan bisa mengunjungi keseluruhan pantai. Oleh sebab itu, bisa jadi ulasan menarik liputan wisata ini bisa jadi refrensi liburan Anda di Yogyakarta.

Pantai Kukup, disebut juga Tanah Lotnya Yogyakarta | Foto Klickberita, Asmara Dewo
Satu pantai yang sangat memesona yang bisa dijadika refrensi Anda adalah Pantai Kukup, yang terletak di Desa Kemadang, Kecamatan Tanjung Sari. Ya, pantai yang biasa juga disebut Tanah Lotnya Yogyakarta ini memang tak pernah sepi pengunjung. Mungkin rasa penasaranlah yang mengundang para wisatawan ingin menghabiskan waktu di pantai tersebut. Biasanya pengunjung yang datang kesini pada umumnya keluarga, jadi Anda bisa memanfaatkan moment liburan Anda bersama keluarga tercinta di sini.

Meski begitu, pengunjung kawula muda cukup tertarik datang kesini. Mereka senang sebab bisa berfoto cantik di salah satu spot yang berbentuk love dengan latar belakang bukit Jumino, yang biasa disebut tanah lot itu. Saya sendiri mengunjungi Pantai Kukup bersama teman-teman dari Bogor. Nah, untuk tiket masuknya pengunjung dikenakan Rp 10.000 per orang, dan tiket tersebut sudah termasuk 8 pantai di sekitarnya. Tiket masuk yang sangat murah, bukan?

Karena Pantai Kukup dikelola sudah profesional, fasilitas umum yang lengkap dan area pantai di sini juga sangat luas. Area parkir, warung makan, dan pastinya pasir putih yang membentang luas di Pantai Kukup. Untuk menikmati kuliner juga sangat cocok bagi Anda yang ingin mencicipinya, di sana banyak sekali terdapat kuliner seafood. Soal harga juga jangan khawatirnya, tentunya sangat murah meriah.

Bersama teman-teman dari Bogor | Foto Klickberita
Untuk mencari tempat duduk yang nyaman, kami menyewa alas tikar yang biayanya Rp 20.000, sampai sepuasnya. di bawah tebing itu kami duduk santai menikmati panorama pantai yang sangat ekosotis pada siang hari. Di hadapan kami pula Tebing Jumino alias Tanah Lot Pantai Kukup begitu menarik dipandang. Di atas sana beberapa pengunjung tampak berteduh di bawah pendopo. Menuju ke atas pengunjung dihubungkan dengan sebuah jembatan batu yang sangat kokoh. Tebing itu seperti sebuah pulau sebenarnya, hanya saja ukurannya kecil.

Pengunjung di Pantai Kukup | Foto Klickberita, Asmara Dewo
Ombak Pantai Kukup tidak begitu dahsyat, hanya saja karena banyak karangnya pengunjung tidak bisa bermandi ria di sini. Kalau sekadar basah-basahan, ya, tentu bisa. Nah, pengunjung Pantai Kukup tampak lebih sering bermain-main air pantai saja, atau mencari ikan-ikan, kepiting, dan hewan laut lainnya, yang ditangkap dengan gala kecil.

Jasa fotografer juga ada di sana, bagi kamu yang ingin berfoto cantik bisa memanfaatkan jasa fotografer di Pantai Kukup. Mereka juga kerap menawarkan jasanya terhadap wisatawan yang baru datang.

Pantai yang cukup luas ini tidak akan membuat Anda cepat bosan, Anda bisa berjalan santai di sepanjang pasir putih, atau di tepian pantai bersama orang yang Anda kasihi. Melihat samudera luas, bercanda gurau, saling siraman-siraman air pantai tak ada salahnya Anda lakukan di pantai ini. Atau juga yang cukup seru memburu ikan-ikan kecil dengan gala, tentu hal yang sangat menyenangkan, bukan?

Pengunjung menagnkap ikan dengan gala kecil di Pantai Kukup | Foto Klickberita, Asmara Dewo
Nah, jika Anda ingin melihat keseluruhan pemandangan Pantai Kukup, Anda bisa menuju Tebing Jumino di atas sana. Semilir angin sejuk khas pantai pastilah membuat Anda betah berlama-lama di atas sana. Memandang luasnya samudera hindia dari atas tentu hal yang sangat menarik, membuat Anda terkagum-kagum betapa esksotisnya Pantai Selatan Yogyakarta ini. [Asmara Dewo]

Lihat juga video bertaruh nyawa di Kawah Bromo:



0 Komentar untuk "Pantai Kukup, Pesona Pantai ala Tanah Lot Bali"

Back To Top