Dari Atas Bukit Pantai Indrayanti yang Begitu Memesona - Berita Feature Generasi Muda

Dari Atas Bukit Pantai Indrayanti yang Begitu Memesona

Klickberita.com – Pantai Pulang Sawal atau lebih populer dengan nama Pantai Indrayanti merupakan salah satu pantai yang paling diminati para wisatawan. Pantai yang terletak di Dusun Ngasem, Desa Sidoharjo, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta tersebut juga bisa dibilang primadonanya pantai di Gunungkidul. Padahal lokasi wisata pantai yang terletak di Selatan Yogyakarta ini masih banyak sekali pantai yang tak kalah menariknya.

Pantai Pulang Sawal atau Pantai Indranti yang berpasir landai | Foto Klickberita, Asmara Dewo
Namun namanya yang sudah meng-Indonesia, membuat pantai yang satu ini selalu ramai dikunjungi, terlebih lagi di saat liburan. Bahkan bus-bus besar pariwisata setiap akhir pekan hilir-mudik mengangkut tamunya di Pantai Indrayanti. Memang Pantai Indrayanti sudah dikelola secara profesional oleh pihak pengelolanya, hal ini pula yang membuat wisatawan semakin ramai mengunjunginya.

Area parkir yang sangat luas, tempat makan seperti kafe yang langsung menghadap pantai, pepohonan yang rindang, dan luasnya pasir putih yang membentang, dan birunya pantai membuat kesan menarik bagi setiap pengunjung yang ada di sana. Terlebih lagi tiket yang murah, hanya Rp 10.000 per orang, dan itu sudah tiket masuk ke 8 pantai lainnya yang ada di sana. Sangat murah sekali, bukan? Ya, pantai yang ada di Yogyakarta memang sangat murah meriah.

Ketika itu matahari begitu garangnya, kulit terasa panas terbakar, namun angin samudera hindia seolah mampu menyejukkan suasana. Kami berjalan di atas pasir yang putih bersih menuju ke barat. Sepanjang kaki melangkah, terlihat di sebalah kanan, payung-payung ala pantai berjejer rapi berwarna-warni. Dua bukit menjulang tinggi mengapit Pantai Indrayanti, di sana banyak saya lihat para wisatawan yang menaiki bukit.

Tampak ramai wisatawan di Pantai Indrayanti | Foto Klickberita, Asmara Dewo
Tepat di pengujung pantai, kami menyewa alas tikar dengan biaya Rp 20.000. Di sanalah saya dan teman-teman dari Bogor beristirahat sejenak, sambil meletakkan barang-barang. Teman yang kelelahan beberapa menit kemudian sudah mengantuk lelah diterpa angin sepoi-sepoi. Sedangkan yang lainnya sudah siap-siap menceburkan diri di pantai yang biru kehijauan itu, termasuk saya sendiri. Hal yang sangat seru di tengah panas yang menyengat bermain air di Pantai Indrayanti.

Bisa dibilang di pantai inilah yang cukup seru untuk “berenang” diantara pantai yang ada di Gunungkidul. Selain ombaknya yang tidak begitu ganas, bebatuan karangnya tidak begitu banyak, memang ada titik-titik lokasi untuk berenang. Hanya saja para wisatawan tetap dilarang bermain-main sampai di tengah. Saat itu juga terdengar beberapa petugas meniupkan pluitnya dan memberi kode kepada kami agar tidak ke tengah.

Tampak sigap sekali para petugas yang berjaga-jaga dari gardu pandang mengamati setiap wisatawan. Mantappp!

Pengunjung lain biasanya kalau tidak berbasah-basahan, mereka berfoto cantik di atas pasir, atau juga mencari spot-spot indah dari atas bukit. Sedangkan untuk memburu sunset, jika di musim yang tepat, sang surya sebenarnya bisa terlihat cantik tenggelam ditelan laut. Hal ini saya tahu, sebab tahun lalu saya juga pernah ke sini, saat itu sunset benar-benar indah di sini. Dan kali ini tampaknya sunset lebih condong ke kanan, tenggelam di balik bukit.

Landscape Pantai Indrayanti dari atas bukit | Foto Klickberita, Asmara Dewo
Setelah lelah bermain air bersama teman-teman, saya menaiki bukit yang ada di sebelahnya. Pengunjung yang menaiki anak tangga menuju bukit dimintai biaya seikhlas hati oleh petugas. Sedangkan saya berhubung tidak membawa dompet, hanya kamera, dipersilahkan naik oleh pertugas. Dari atas bukit itulah saya mengabadikan foto Indrayanti yang sanga memesona.

Teman-teman dari Bogor saling usil satu sama lain di tepian pantai | Foto Klickberita, Asmara Dewo
Angin di atas agak kencang, pengunjung ternyata ramai juga di atas, pada umumnya pengunjung yang masih muda. Mereka ber-selfie ria di atas ketinggian berlatar Pantai Indrayanti. Sangat menakjubkan memang berada di bukit ini. Dari atas saya melihat teman-teman dari Bogor saling menjahili satu sama lain, tampak di wajah mereka kegembiraan yang luar biasa di Pantai Indrayanti. [Asmara Dewo] 
0 Komentar untuk "Dari Atas Bukit Pantai Indrayanti yang Begitu Memesona"

Back To Top