Traveling Seorang Gadis Solo Pakistan: Dua Hagia Sophia's - Berita Feature Generasi Muda

Translate

Traveling Seorang Gadis Solo Pakistan: Dua Hagia Sophia's

Sebuah bidikan kamera aeriel dari Masjid Agung Hagia Sophia di Istanbul Turki | Foto Shutterstock

Klickberita.com-Satu hari tidak pernah cukup untuk Istanbul. Setelah menyelesaikan tur Istana Topkapı, saya pergi mencari restoran yang direkomendasikan di Trip Advisor yang berjarak 10 menit berjalan kaki dari hippodrome.

Ini membawa saya melewati lingkungan Kumkap di distrik Fatih Istanbul, jalan-jalan curam yang dipenuhi dengan rumah-rumah berwarna-warni, dan laut Marmara muncul dan menghilang dari pandangan.

Kebetulan, tempat saya ingin makan siang sudah tutup. Untungnya, restoran lain beberapa pintu di bawah terbuka, dan saya memberanikan diri masuk. Di Masakan Anatolia Istanbul yang bernama aptly, saya menikmati hidangan dolma dan hummus daun anggur yang ringan namun lezat.

Sambil makan, saya mengobrol dengan pemiliknya, yang berasal dari Diyarbakır. Kami membahas bagaimana bisnis restoran terkena dampak ekonomi pandemi.

Saya mendapat saran bagus tentang pemandangan bersejarah apa yang harus dilihat di Diyarbakr, tempat yang akan saya kunjungi minggu depan. Kucingnya, Jessica, datang dari waktu ke waktu sementara mereka menyajikan baklava dan teh gratis untuk saya.

Selesai makan siang, saya pergi. Di ujung jalan, saya menemukan kejutan yang menyenangkan dalam bentuk sebuah bangunan yang telah saya rencanakan untuk dikunjungi, Hagia Sophia kecil. Kira-kira setua senama yang lebih besar, itu diubah menjadi masjid sekitar tahun 1500.

Halaman di sebelahnya, dulunya madrasah (lembaga pendidikan), sekarang menjadi kebun teh yang rindang. Lingkungan sekitarnya dipagari dengan tempat tinggal pribadi, hotel butik dan beberapa kafe yang bagus; cocok untuk jalan santai.

Saya berkelok-kelok perlahan melalui jalan-jalan, mengambil jalan memutar sesekali sebelum kembali ke hotel tepat pada waktunya untuk jam malam.

Permen di Marmara Pastaneleri | Foto dari Facebook Marmara Pastaneleri

Keesokan paginya, tepat sebelum matahari terbit, saya meninggalkan hotel untuk berjalan-jalan dengan tenang di sekitar kota. Saya memutuskan untuk pergi melihat Menara Galata. Jamaah pagi sedang dalam perjalanan pulang dari sholat.

Mengikuti jalur trem sampai ke Eminönü tempat feri berlabuh, saya menyeberangi jembatan. Garis kabur kota muncul di atas air, dan Anda bisa melihat bentuk satu atau dua landmark. Tak jauh dari jembatan di sebelah kiri, saya berhenti di Has Simit Evi untuk minum kopi dan makan sebentar.

Perlahan mengunyah roti keju, saya melihat tukang roti mengeluarkan simit yang baru dipanggang, panas dari oven saat seluruh tempat dipenuhi dengan aroma makanan yang dipanggang dan suara lembut trem yang bersiul di latar belakang.

Interior Masakan Anatolia Istanbul | Aiza ​​Azam untuk Harian Sabah

Dengan minuman kafein selamat datang, saya melanjutkan perjalanan menuju menara. Saya memiliki pengalaman pertama hari itu dengan jalanan curam Istanbul. Ruang di antara jendela di atasku dipenuhi dengan jemur pakaian.

Beberapa dengan bangga menyatakan kesetiaan lingkungan kepada tim sepak bola favorit dalam bentuk bendera besar. Akhirnya, saya tiba di Menara Galata. Terletak tinggi dan megah di tengah-tengah lusinan bangunan, bangunan itu dibingkai melawan sinar matahari.

Saya mengambil beberapa gambar, senang telah menangkapnya tanpa banyak orang berkeliaran di sekitar pangkalannya. Kemudian, sudah waktunya untuk menelusuri kembali langkah saya. Roti terakhir saya diumpankan ke burung camar di jembatan, dan saya tiba di hotel tepat waktu untuk sarapan.

14 Tahayul yang Perlu Diketahui Sebelum Berlayar di Pantai Selatan Turki

Traveling ke Turkmen Sahra: Temukan 8 Fenomena yang Menakjubkan Ini!

Al Fin, Gereja Kebijaksanaan Suci

Keesokan paginya, saya bertemu dengan pemandu saya di Masjid Agung Hagia Sophia. Meski masih pagi, aula besar sudah dipenuhi turis yang duduk atau berjalan di atas karpet hijau tebal di dalamnya.

Hiruk-pikuk suara dalam seratus bahasa yang berbeda tidak meredupkan pengalaman pertama saya di dalam salah satu monumen terbesar di dunia.

Setelah pemandu saya pergi, saya menghabiskan waktu paling lama melewati dinding dan langit-langit, mencoba menyerap setiap detail secara mendalam: mosaik yang emasnya belum pudar, pilar batu yang menjulang tinggi, lampu gantung yang mengalir, dan cakram hitam besar terpasang tinggi dengan nama-nama emas Allah, Nabi Muhammad dan empat khalifah. Itu adalah pengalaman yang memabukkan.

Saya hanya menyesal bahwa aula atas ditutup untuk renovasi dan tidak dapat diakses oleh wisatawan.

Kaisar Bizantium Konstantius telah menugaskan Hagia Sophia sebagai gereja. Itu telah mengalami beberapa rekonstruksi selama berabad-abad dan banyak perubahan fungsi. Selama 900 tahun pertama, itu adalah gereja pusat iman Ortodoks Yunani di bawah pemerintahan Bizantium.

Itu berlalu sebentar di bawah kendali Romawi dan, dua abad kemudian, direnovasi sebagai masjid setelah Mehmed sang Penakluk merebut Konstantinopel. Saat itulah menara ditambahkan ke bangunan.

Pada tahun 1934, itu dinyatakan sebagai museum oleh bapak republik Turki modern, Mustafa Kemal Atatürk. Dan pada Juli 2020, Presiden Recep Tayyip Erdoğan mengubahnya menjadi masjid sekali lagi. Berkaca pada sejarah kotak-kotak ini, saya mencoba membayangkan seperti apa museum itu.

Saya bertanya-tanya bagaimana perasaan orang Istanbul setempat tentang perubahan itu. ketika adzan dikumandangkan untuk salat zuhur, petugas dengan sopan meminta wisatawan untuk bergerak ke bagian belakang aula utama saat jamaah berkumpul ke arah depan.

Saya mengikuti wanita lain ke bagian yang disaring untuk jamaah wanita. Sangat menyenangkan bahwa shalat berjamaah pertama saya di Turki adalah di Hagia Sophia.

Interior Masjid Agung Hagia Sophia | Foto Shutterstock

Ketika doa selesai, saya menuju ke luar untuk menemui pemandu saya untuk tur ketiga yang saya pesan sebagai bagian dari paket Basilika Cistern. Saya diberitahu, bagaimanapun, bahwa Cistern ditutup tanpa batas waktu untuk perbaikan, dan ditawari tur Hippodrome sebagai gantinya.

Sayangnya, informasi ini belum dibagikan pada saat saya melakukan reservasi. Meskipun kecewa karena saya akan kehilangan pemandangan yang signifikan, saya tidak punya pilihan.

Setelah itu, saya kembali ke hotel untuk tidur siang dan, malam itu saya makan malam di salah satu kafe indah yang menghiasi jalan-jalan di sekitarnya.

Kemudian berangkat lagi ke Hagia Sophia untuk isya (sholat malam). Tujuan utama saya adalah mengunjungi masjid pada waktu yang lebih tenang ketika tidak ada turis, dan upaya itu membuahkan hasil.

Meskipun saya lupa membawa jilbab saya, mesin penjual otomatis di luar menyediakan gaun sekali pakai dengan penutup yang terpasang hanya dengan TL 20 ($2,30).

Kali ini, saya menemukan aula berkubah sunyi, sebagian besar kosong, yang membuatnya tampak lebih besar dari sebelumnya dan diliputi cahaya keemasan dari begitu banyak lampu gantung.

Setelah doa berakhir, saya tinggal selama beberapa waktu, hanya duduk di satu sisi dan mengumpulkan pikiran saya. Itu adalah latihan yang bagus, dan saya merasa segar saat melakukan perjalanan singkat kembali ke kamar saya untuk bermalam.

Baca juga:

Machu Picchu di Peru: Mengapa Juli Begitu Penting bagi Benteng Inca?

Forbes: Lao Cai Vietnam di Antara 5 Keajaiban Alam Teratas Asia Tenggara

Menjelajahi Fatih

Keesokan paginya aku bangun jauh sebelum fajar. Perlahan-lahan muncul dari kabut tidur, saya menyadari bahwa saya akan meninggalkan Istanbul dalam beberapa jam dan membuat keputusan spontan.

Berpakaian cepat, saya menuju ke Hagia Sophia sekali lagi, kali ini untuk salat subuh. Saya mencapainya tepat ketika sebuah jemaat kecil sedang bersiap-siap, dan kami berdoa bersama. Ketika saya keluar, langit sudah mulai terang, jadi saya memutuskan untuk menjelajahi distrik Fatih.

Karena ini hari Senin, jalan-jalan ramai bahkan pada jam itu; Saya harus menavigasi jalan melalui komuter pagi dan tempat sarapan yang membuka pintu mereka untuk hari itu.

Tanpa memilih rute, saya mengikuti jalan menurun dari alun-alun Hagia Sophia dan berkelana ke jalan mana pun yang tampak menarik. Saya membuat catatan mental tentang restoran dan toko yang terlihat menarik, sehingga saya bisa mampir pada kunjungan berikutnya.

Sesekali, berbaring di sebelah toko pakaian mewah atau di belakang toko permen, sebuah bangunan tua akan mengintip, dan saya akan diingatkan tentang bagaimana Istanbul adalah tempat kosmopolitan bertabrakan dengan yang kuno.

Itu membuat saya teringat Roma, di mana setiap sudut dan jalan acak mengungkapkan sebuah bangunan tua atau monumen bersejarah; museum hidup itu sendiri.

Menyusuri satu jalan tak jauh dari Jalan Ankara, saya menemukan Marmara Pastaneleri, toko roti dengan interior menarik yang baru saja dibuka untuk bisnis. Saya memberanikan diri masuk, melihat barang-barang yang dipajang dan mengambil keputusan.

Saya memesan keju kecil dan bayam börek dan kue cokelat hitam dengan kopi, semuanya dibawa ke meja saya dengan senyum ramah. Saya masih ingat rasa kue itu dengan semua kebaikan kakaonya.

Jika Anda berada di Fatih, tempat ini patut dikunjungi. Sebelum saya pergi, saya melihat apa yang tampak seperti pai tangan besar yang terletak di antara kue-kue gurih. Saya diberitahu itu adalah ayam borek; bagaimana aku bisa menolaknya! Itu akan menjadi camilan yang enak untuk nanti hari itu.

Senang dengan pembelian saya, saya praktis melompat kembali ke hotel saya, di mana saya check out beberapa jam kemudian. Jadwal perjalanan saya selanjutnya adalah Bursa, dan saya memutuskan untuk pergi ke sana dengan feri. [Asmara Dewo]

Artikel ini telah tayang di www.dailysabah.com dengan judul Travels of a solo Pakistani girl: The two Hagia Sophias

Rize Turki Bertujuan Menjadi Pusat Wisata Gastronomi

Perjalanan Darat yang Megah dan Indah Melalui Nevşehir, Konya, dan Ankara

0 Komentar untuk "Traveling Seorang Gadis Solo Pakistan: Dua Hagia Sophia's"