Traveling ke Turkmen Sahra: Temukan 8 Fenomena yang Menakjubkan Ini! - Berita Feature Generasi Muda

Translate

Traveling ke Turkmen Sahra: Temukan 8 Fenomena yang Menakjubkan Ini!



Klickberita.com-Turkmen Sahra adalah surga musik tradisional dan kuda fantastis, yang terletak di bagian timur laut Iran. Ini menawarkan fenomena alam yang menakjubkan dan sejarah yang dalam dan menakutkan yang memikat setiap wisatawan.

Pemakaman Khalid Nabi | Foto sourch Tehran Times

Terletak di provinsi Golestan dan Khorasan Utara, Turkmenistan Sahra mencakup wilayah yang luas. Sejumlah kota terletak di daerah tersebut, termasuk Gonbad-e Kavus, Bandar-e Turkmenistan, Kalaleh, dan Aqqala.

Berbatasan di barat dan utara dengan Laut Kaspia, serta Republik Turkmenistan. Di sebelah timur adalah Bojnord dan Dargaz, sedangkan di selatan adalah daerah perbukitan Gunung Alborz.

Karena posisi geografisnya yang menguntungkan, Turkmenistan Sahra menawarkan berbagai atraksi alam dan sejarah. Dari menara berusia milenium di Gonbad-e Qabus yang terdaftar di UNESCO hingga fenomena alam yang disebut Hezar Darreh, kuburan batu misterius, dan kuda unik.

Turkmen Sahra juga dapat bangga dengan kekayaan budaya dan musik tradisional orang Turkmenistan. Suara musik khusus mereka dilengkapi dengan warna dan desain kostum penduduk setempat, menciptakan kombinasi magis.

1. Gonbad-e Qabus

Gonbad-e Qabus telah terdaftar di UNESCO

Gonbad-e Qabus yang terdaftar di UNESCO berusia satu milenium memiliki kepentingan arsitektur yang tinggi sebagai contoh dan desain inovatif dari arsitektur era Islam awal.

Juga disebut Gonbad-e Kavus, menara bata ini terletak di kota dengan nama yang sama.

UNESCO berkomentar bahwa menara itu menjadi saksi pertukaran budaya antara pengembara Asia Tengah dan peradaban kuno Iran.

Struktur tahan lama yang dibatasi oleh atap kerucut yang menarik menawarkan prinsip dan pola geometris yang rumit yang menghiasi bagian-bagian dari bata penahan bebannya.

Narasi mengatakan menara tersebut telah mempengaruhi berbagai perancang menara makam berikutnya dan struktur peringatan silindris lainnya baik di wilayah tersebut maupun di luarnya.

Dua prasasti melingkar dalam kaligrafi Kufi menyebutkan menara itu berasal dari tahun 1006-7 M saat memperingati Qabus Ibn Voshmgir, penguasa Ziyarid, dan sastrawan (memerintah 978-1012).

UNESCO juga memuji Gonbad-e Qabus sebagai “contoh arsitektur Islam yang luar biasa dan inovatif secara teknologi yang memengaruhi bangunan sakral di Iran, Anatolia, dan Asia Tengah.”

2. Kuil Suci Khalid Nabi

Kuil Suci Khalid Nabi

Catatan sejarah mengklaim Khalid Bin Sinan, lebih dikenal sebagai Khalid Nabi, adalah salah satu dari empat nabi setelah Yesus dan sebelum Muhammad (S). Dia berasal dari apa yang sekarang disebut Yaman dan bermigrasi ke Iran selama era Sassanid. Ada berbagai versi alasan migrasinya. Dia sangat dihormati di antara orang-orang Turkmenistan Sahra. Pengunjung Kuil Khalid Nabi akan menemukan akomodasi serta masjid di sebelah kuilnya.

3. Hezar Darreh

Hezar Darreh | Foto gachisooebala.ir/Pinteres

Wilayah Sahara Turkmenistan adalah rumah bagi fenomena geologi yang sangat unik yang dikenal sebagai Hezar Darreh (harfiah, Seribu Lembah), yang terdiri dari batuan sedimen lepas. Daerah ini tidak memiliki vegetasi seperti itu, dan erosi air dan tingkat air yang tinggi telah menyebabkan berbagai retakan di kisaran Hezar Darreh.

4. Pemakaman Khalid Nabi yang Misterius

Pemakaman Khalid Nabi

Di sekitar Kuil Khalid Nabi, ada berbagai patung aneh yang mungkin tampak seperti berada di kuburan bagi yang melihatnya. Batu nisan berbentuk aneh memiliki cerita berbeda di belakangnya.

Dalam beberapa mitos, mereka adalah orang-orang yang menjadi musuh Khalid Nabi dan berubah menjadi batu karena ketidaktaatan mereka. 

Yang lain percaya bahwa mereka adalah Khalid Nabi dan pengikutnya yang melarikan diri dari musuh mereka dan meminta Tuhan untuk mengubah mereka menjadi patung batu.

Signifikansi tempat itu terutama terletak pada signifikansi historisnya, tidak peduli apa kisah di baliknya. Tempat ini memiliki sejarah seribu tahun dan merupakan warisan nasional Iran.

5. Kuda Turkmenistan

Fuda Akhal-Teke | Foto sourch azernews.az

Tiga kata akan secara akurat menggambarkan kuda Turkmenistan Iran: keindahan, kemurnian, dan kemuliaan. Namun, ada lebih banyak lagi. Mereka juga dikenal karena kecepatan, daya tahan, dan keberanian mereka.

Sepanjang sejarah, Turkmens membiakkan kuda Turkmenistan yang terkenal, di mana dua di antaranya, Yomud dan Goklan, hanya dibiakkan di Iran. Trah lainnya, Akhal Teke adalah kuda yang dikenal dunia di Asia Tengah.

Kuda Turkmenistan adalah salah satu ras paling murni di dunia, terutama mengingat mereka dibiakkan hanya untuk balap.

Baca juga:

Serunya Berwisata Alam Kebun Teh Sikatok Berlatar Gunung Sindoro

Kerennya Wisata Nampan Sukomakmur yang Disebut "Majalengkanya Magelang"

6. Tanah musik

Musik Turkmenistan | Foto sourch seastravelers.com

Bahasa orang Turkmenistan adalah musik mereka yang indah dan orisinal. Musik daerah ini mencerminkan sejarahnya yang kaya. Di antara jenis musik paling orisinal di dunia adalah musik tradisional Baghshies Turkmenistan. Kebebasan, persaudaraan, kepahlawanan, dan solidaritas menjadi beberapa tema dalam musik ini.

7. Makanan tradisional Chegdermeheh

Makanan tradisional Chegdermeheh | Foto sourch ghandpahlu.com

Chegdermeh atau Chekdermeh adalah makanan tradisional Turkmenistan dan salah satu makanan terlezat dan populer di wilayah ini. Bahan utamanya adalah nasi, daging (biasanya daging kambing atau domba). Mereka dimasak dengan kombinasi tomat, bawang, pasta tomat, rempah-rempah, dan minyak.

Ada berbagai jenis makanan ini tergantung pada jenis daging yang digunakan. Suku Turkmenistan memasak Chegdermeh di rumah setiap hari makanan atau pada ritual dan upacara seperti pernikahan, pemakaman, dan Muharram.

Hidangan ini biasanya disajikan dengan yogurt lokal, acar, dan doogh lokal (minuman berbahan dasar yogurt).

8. “Api Tanpa Asap”

Novel Api Tanpa Asap | Namaname.com

"Api tanpa Asap", sebuah novel tujuh jilid oleh penulis terkemuka Iran Nader Ebrahimi, telah memberi orang Iran pemahaman tentang Sahara Turkmenistan sementara novel itu memperkenalkan tradisi dan budaya Turkmenistan.

Dalam tiga jilid pertama, buku ini menceritakan kisah Galan, seorang pahlawan Turkmenistan, sambil menggambarkan keindahan Sahara Turkmenistan.

Empat jilid berikutnya mengikuti kisah putra dan cucu Galan, yang berperang melawan Shah selama Revolusi Islam Iran, menggambarkan ritual dan tradisi Turkmenistan. [Asmara Dewo]

Artikel ini telah tayang di www.tehrantimes.com dengan judul Visit Turkmen Sahra, the land of music and horses

Baca juga:

Forbes: Lao Cai Vietnam di Antara 5 Keajaiban Alam Teratas Asia Tenggara

Perjalanan Darat yang Megah dan Indah Melalui Nev┼čehir, Konya, dan Ankara

0 Komentar untuk "Traveling ke Turkmen Sahra: Temukan 8 Fenomena yang Menakjubkan Ini!"

Back To Top