Mengapa Turki Pilihan Paling Bijaksana untuk Afghanistan? - Berita Feature Generasi Muda

Translate

Mengapa Turki Pilihan Paling Bijaksana untuk Afghanistan?

 


Tentara Turki | Foto AA


Klickberita.com-kankah Turki menjalankan dan menjaga Bandara Internasional Kabul Hamid Karzai Afghanistan?

Jawabannya belum jelas karena Turki dan NATO belum membuat keputusan tentang masalah ini, meskipun NATO bersedia menyerahkan tanggung jawab kepada Ankara, salah satu sekutu NATO terkuat. 

Turki juga telah menyuarakan komitmennya untuk memenuhi tugasnya kepada aliansi jika dukungan yang diberikan diberikan.

Menteri Pertahanan Turki Hulusi Akar mengatakan bahwa negosiasi masih berlangsung dengan AS. Dia juga menambahkan bahwa "bandara harus tetap terbuka dan beroperasi. Jika tidak, kedutaan akan ditarik dan Afghanistan akan diisolasi."

Turki sudah siap

Penting untuk diingat bahwa Turki sudah memiliki lebih dari 500 tentara yang ditempatkan di Afghanistan dan sudah terlibat dalam operasi bandara.

Oleh karena itu mudah bagi Turki untuk bertanggung jawab menjaga bandara. Ankara selalu memiliki hubungan baik dengan negara itu dan layanan mantan Menteri Luar Negeri Turki Hikmet etin sebagai kepala NATO di Kabul juga meningkatkan hubungan bilateral.

Pesawat Kam Air diparkir di Bandara Internasional Hamid Karzai di Kabul, Afghanistan, 4 Juli 2021 | AP Photo

Jika tidak ada perjanjian yang ditandatangani, bandara akan tetap berada di bawah kendali Misi Dukungan Tegas AS yang dapat memperumit rencana Washington untuk sepenuhnya menarik diri dari Afghanistan.

Hasil seperti itu akan mengarah pada kelanjutan ketegangan di negara ini. Tetapi jika Turki mengambil kendali, itu bisa memainkan peran konstruktif dalam membawa perdamaian ke Afghanistan. Solusi ini dikemukakan dan didukung oleh tiga pakar regional pada seminar pekan lalu.

Berbicara di sebuah seminar berjudul "Percakapan tentang Proses Perdamaian Afghanistan: Peran Turki di Afghanistan" mantan Menteri Luar Negeri Pakistan Aziz Ahmad Chaudhry mengatakan bahwa situasinya sangat kritis.

Dia juga menambahkan bahwa Turki dan Afghanistan memiliki hubungan diplomatik yang sudah berlangsung lama sejak tahun 1920-an. 

Murat Aslan, seorang pakar keamanan yang berbicara di seminar yang sama mengatakan bahwa kebijakan Ankara didasarkan pada kebijakan kepentingan bersama, bukan berdasarkan kepentingan pribadi.

Tiga alasan

Dalam masa transisi seperti ini, peran fasilitator sangat vital. Ada tiga alasan utama mengapa Turki adalah negara yang ideal untuk memainkan peran ini. 

Yang pertama adalah faktor agama. Turki menjadi negara Muslim sangat penting di mata penduduk Afghanistan.

Alasan kedua adalah "persaudaraan" antara kedua negara yang memiliki ikatan yang sangat istimewa. Dengan demikian, rakyat Afghanistan tidak akan melihat Turki sebagai kekuatan pendudukan di masa transisi.

Ketiga, Ankara telah mengikuti garis kebijakan luar negeri berdasarkan resolusi konflik dan membawa perdamaian ke wilayah tersebut. Turki adalah satu-satunya negara yang memiliki hubungan baik dengan Barat serta Rusia dan Iran.

Sebuah pesawat berangkat dari Bandara Internasional Hamid Karzai di Kabul, Afghanistan, Minggu, 4 Juli 2021 | AP Photo/Rahmat Gul

Kita tidak boleh lupa bahwa Afghanistan jauh dari stabil. Ini adalah negara dengan banyak masalah yang mampu menghancurkan keseimbangan di kawasan itu. Jadi, peran Turki sangat penting. 

Proses transisi yang mulus pasti akan sulit, tetapi reputasi Turki di negara itu dapat mencegah skenario perang saudara yang berbahaya. Namun demikian, Ankara harus ekstra hati-hati dalam melindungi diri dari hilangnya nyawa dan terjebak dalam situasi kekerasan. [Klickberita.com/Asmara Dewo]

Artikel ini telah tayang di www.dailysabah.com dengan judul Turkey wisest choice for Afghanistan

Baca juga:

Profesor Karl Kaltenhaler: Afghanistan Tidak Mengubah Cara Seperti yang Dibayangkan Sebagian Besar Profesional Keamanan

Profesor Nadia Helmy: China Berencana Bentuk Aliansi dengan Iran, Pakistan, dan Turki untuk Melemahkan Hegemoni AS

Afghanistan Terbakar sementara Biden Memikirkan Empat Juli

0 Komentar untuk "Mengapa Turki Pilihan Paling Bijaksana untuk Afghanistan?"

Back To Top