Muhammadyah: Dai Berperan Membangun Kebhinekaan dan Karakter Bangsa - Berita Feature Generasi Muda

Muhammadyah: Dai Berperan Membangun Kebhinekaan dan Karakter Bangsa

Para Pimpinan LDK dan Ketua MPR Zukjifli Hasan (tengah) | Foto Republika 


Klickberita.com – Salah satu ormas Islam terbesar Indonesia, Muhammadyah, mengungkapkan betapa pentingnya peran seorang dai kepada bangsa. 

Ketua Lembaga Dakwah Khusus (LDK) PP Muhammadyah Muhammad Ziyad menyatakan bahwa para Dai itu berperan tidak hanya di bidang dakwah, melainkan di bidang pendidikan kebhinekaan dan karakter bangsa.

Dalam pertemuan dengan Ketua MPR Zulkifli Hasan kemarin, Ziyad mengatakan bahwa dai sejalan dengan misi MPR untuk memperkuat kebhinekaan. Ia berharap, agar pemangku kepentingan memandang dai sebagai penjaga persatuan bangsa.

“Ini masuk program penting Pak Zul dalam merawat kebhinekaan bersama MPR. Ini yang tidak dilihat elit bangsa, bahwa dai punya peran penting selain syariah Islam, tapi menjaga kebhinekaan,” ujarnya kepada wartawan, Kamis (29/9/2016). Seperti yang dilansir dari Republika.

Selain itu, LDK juga sempat berkunjung ke Menterian Pendidikan Dasar dan Menengah. Dalam pertemuan itu Ziyad juga menyampaikan bahwa dai juga ikut berperan membangun karakter bangsa lewat pendidikan.

Menurut Ziyad, karena karakter bangsa juga berkorelasi dengan nilai-nilai Islam, seperti toleransi, saling menghargai, dan menjunjung tinggi kebersamaan.

“Kita lihat dai punya peran strategis dalam pendidik karakter bangsa, mereka tebarkan rahmatan lil alamin, karena itu dai di daerah tak terpisahkan bagaimana membangun nilai positif karakter bangsa. Apalagi dai itu sifatnya melekat sebagai pendidik," kata dia.

LDK PP Muhammdyah rencananya akan menggelar halaqoh dai nasional pada 14-16 Oktober 2016 mendatang. Tujuan acara tersebut untuk konsolidasi sekaligus acara pelatihan bagi para dari yang akan dikirim ke berbagai daerah.


Dalam acara itu pula, akan ada sesi berbagi penglaman para dai yang sudah berkancah membangun daerah. [Asmara Dewo]

Info: Klickberita.com di-update setiap Sabtu pagi
0 Komentar untuk "Muhammadyah: Dai Berperan Membangun Kebhinekaan dan Karakter Bangsa "

Back To Top