Pemerintah dan Muhammadyah Menetapkan Hari Raya Idul Adha 12 Sepetember - Berita Feature Generasi Muda

Pemerintah dan Muhammadyah Menetapkan Hari Raya Idul Adha 12 Sepetember

Klickberita.com – Hari Raya Idul Adha 1437 hijriah ditetapkan pemerintah pada tanggal 12 September 2016. Penetapan hari tersebut saat sidang isbat yang digelar oleh Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin menentukan awal bulan Zulhijjah di Auditorium HM Rasjidi Kantor Kemenag.

“Dengan tidak terlihatnya hilal, maka bulan Zulqaidah diistikmalkan atau disempurnakan menjadi 30 hari, dan 1 Zulhijjah 1437H jatuh pada tanggal 3 September 2016. Dengan demikian tanggal 10 Zulhijjah bertepatan dengan hari Senin, 12 September 2016,” kata Menteri Agama Lukman Hakim Sarifuddin, seperti dikutip dari situs kemenag.go.id.

Hari Raya Idul kali ini juga juga ditetapkan di hari yang sama oleh salah satu organisasi terbesar Muhammadyah. Melalui Maklumat PP Muhammadiyah Nomor: 01/MLM/I.0/E/2016 dari Pusat, Pimpinan Wilayah Muhammadyah di Jawa Timur membenarkan hari Raya Idul Adha pada tanggal 12 Sepetember 2016.

Melihat hilal di awal bulan Zulhijjah (Ilustrasi) | Foto via Aljazeera

“Pimpinan Pusat Muhammadiyah sudah mengeluarkan pengumumannya atau maklumat yang penetapannya sesuai hasil hisab Ramadan,” kata Wakil Ketua Pimpinan Muhammadyah Jawa Timur, seperti yang dikutip dari Solopos.

Muhammadyah dalam menetapkan Hari Raya Idul Adha dari metode perhitungan wujudul hilal. Dikutip dari wikipedia Wujudul Hilal adalah menentukan tahun hijriah menggunakan dua prinsip, yaitu ijtima’ (konjungsi) telah terjadi sebelum Matahari terbenam (ijtima' qablal ghurub), dan Bulan terbenam setelah Matahari terbenam (moonset after sunset); maka pada petang hari tersebut dinyatakan sebagai awal bulan. Sedangkan pemerintah menggunkan metode perhitungan imkanur ru’yah.

Arab Saudi sebagi barometer umat Islam seluruh dunia menetapkan Hari Raya Idul Adha jatuh pada tanggal 12 September 2016. Setelah otoritas keagamaan kerajaan gagal melihat bulan pada tanggal 1 September. Namun laporan berita tersebut belum dikonfirmasi oleh Mahkamah Agung Arab Saudi, tulis Aljazeera dari situsnya. 
0 Komentar untuk "Pemerintah dan Muhammadyah Menetapkan Hari Raya Idul Adha 12 Sepetember"

Back To Top